FATWA MUI TENTANG YOGA

oleh: Muslihah Razak
Al Qur’an dalam surat al-baqarah ayat 170-171 jelas-jelas mengakatkan bahwa KITA TIDAK PERLU MEMPERCAYAI PARA IMAM SECARA MEMBABI-BUTA

Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah,” mereka menjawab: “(Tidak), tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami”. “(Apakah mereka akan mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apapun, dan tidak mendapat petunjuk?”.(170)

Dan perumpamaan (orang-orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti (171)

Para Imam pun mengatakan dengan jelas:

Imam Hanafi:
“Tidak halal bagi seseorang mengikuti perkataan kami bila ia tidak
tahu dari mana kami mengambil sumbernya”

Imam Malik:
Saya hanyalah manusia terkadang salah dan terkadang benar, oleh
karena itu telitilah pendapatku. Bila sesuai dengan al-Qur’an dan as-
Sunnah ambillah dan bila tidak sesuai tinggalkanlah

Imam Syafii:
“Bila kalian menemukan sesuatu dalam kitabku yang berlawanan dengan
hadits Rasulullah SAW, peganglah hadits Rasulullah itu dan
tinggalkan pendapatku”

Sekedar informasi:

1. 1000 tahun yang lalu sejarawan Arab termuka Al-Beruni menerjemahkan treatise Yoga dan kitab-kitab lain dari wilayah peradaban sindhu (dalam bahasa arab disebut hindu) ke bahasa arab. Magnum opusnya tentang hindustan masih diterbitkan.

2. 500-an tahun yang lalu Dara Shikoh, putra shahjahan yang membangun taj mahal – menerjemahkan upanishad ke bahasa parsi dan arab dan menyebutnya sebagai “kitab rahasia” yang disebut dalam al-Qur’an

3. Kurang dari 100 tahun yang lalu, Amir Hamzah untuk pertama kalinya menerjemahkan bahagavad gita dalam bahasa indonesia

4. Perintah Allah yang pertama kepada Baginda Rasullah SAW dalam surat Al’alaq ayat 1: “Iqro!” bacalah!

5. Nasihat rasul dalam satu hadits kepada kita: “tholabul ‘ilmi walau bis hin”, kejarlah ilmu hingga ke negeri shin

Mengapa kita tidak mau mengakui besarnya islam pada saat islam mau membuka diri, mau mengarifi, mengapresiasi,saling mengenal.

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal(al-Hujuraat:13)

Sayang majelis ulama kita sekarang berkiblat pada kaum wahabi di saudi. Sekedar informasi tambahan:

1. Kaum wahabi awalnya ingin memusnahkan masjid nabawi dan makam baginda rasul
di Medina akarena dianggap bidah. Untung Muslim se-India dan Turki bergejolak, termasuk beberapa ulama besar dari Jawa dan sumatera, sehinnga niat jahat itu tidak terlaksana.

2. Buku pelajaran di arab saudi hingga hari ini masih memurtadkan semua penganut agama di luar Islam.

3. Toleransi dan apresiasi bukanlah saudi, karena itu tidak ada tempat ibadah bagi umat lain di saudi.

Semoga MUI tersadarkan segera dan tidak kehilangan wibawanya seperti majelis ulama di malaysia, dimana perdana menteri dan sultan selangoor sendirk menyatakan bahwa majelis ulama disana sudah bertindak secara berlebihan dengan mengeluarkan fatwa.

MUI harus percaya diri, bahwa kita memiliki sejarah panjang dan tradisi yang sangat kaya…kita harus bangga jadi MUSLIM INDONESIA..

SAYA PAHAM BETUL ARTI DAN KONSEKUENSI FATWA, maka ya begitulah….. Assalam…kedamaian untuk kita semua…


  1. fadhlierlanda

    fatwa sebenernya gak mesti ditakuti banget. biarpun yoga diharamkan, tetep aja yoga berjalan seperti biasa. begitu juga dengan rokok, tapi petani tembakau udah mulai panik

  2. ini dari Malaysia, saya rasa di Indonesia pun kurang lebih sama-lah…. :

    >>>>Mejelis Fatwa Kebangsaan Malaysia (MFKM) membuat kejutan akhir pekan lalu. Mereka menyebut bahwa yoga haram dilakukan warga Muslim jika dilaksanakan “sepaket penuh”. Paket penuh yang dimaksud terdiri dari gerakan fisik, baca mantera (doa-doa) Hindu, dan meditasi yang dikatakan “menyatukan diri manusia dengan Tuhan”.

    “Jika dilakukan secara sistematis yang mengandung ketiga unsur tadi, maka hal itu bertentangan dengan syariat Islam. Haram hukumnya,” kata Ketua MFKM, Prof Dr Abdul Shukor Husin dalam jumpa pers di Putrajaya.

    http://www.sistersinislam.org.my

  3. Abu Syahzanan

    Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad

    MUI kurang kerjaan !!!!!!!!!!

  4. buzz

    Janganlah kita seperti ummat terdahulu
    yang sudah jelas diberi petunjuk malah mengingkarinya.
    Dan pernyataan “Buku pelajaran di arab saudi hingga hari ini masih memurtadkan semua penganut agama di luar Islam.” itu sudah benar.Klo kita memang seorang muslim maka tidak perlu
    meragukan hal tsb.

    “TANYAKANLAH SUATU PERKARA KEPADA AHLINYA”

  5. vasily sidarov

    jika fatwa yang dikeluarkan memiliki sumber hukum yang dangkal, tidak jelas, dam apalagi tidak berdasarkan al quran dan hadist, yah jangan di ikuti, disinilah pentingnya pendidikan umat, umat harus pintar, kritis, dan menguasai ilmu-ilmu agama, jangan di doktrin…

    tentang segala sesuatu yang berasal dari luar islam, ga selamanya salah, ilmuwan besar islam juga belajar dan menterjemahkan ilmu-ilmu filsafat dari kitab-kitab yunani kuno, mungkin umat sekarang musti belajar dari dasar lagi biar pintar dan dapat menguasai dunia ilmu pengetahuan seperti jaman dulu…

    semoga kita menjadi umat yang cerdas

  6. Kaffir itu Najis

    Ha..ha..
    Masih aja Ketakutan pada MUI ?????
    Dasar kaum liberal, Anda semua justru heran fatwa dari Ulama MUI masih dijadikan pegangan kan?
    karena semua orang sudah “melek” agama yang benar.dan tidak gampang lagi terpengaruh oleh ajaran sesat dari Jaringan Iblis Liberal (JIL) yang hampir ditinggalkan oleh pengikutnya.
    Lihat aja tiap wawancara ke JIL kalau enggak si Ulil pasti si guntur,
    tokohnya cuma itu2 aja, ga ada ngaruhnya ke umat..
    dasar bodoh.

  7. analogikal

    nama blognya provokasi sekali…

    MUI berangggotakan banyak ulama2 berkompeten jadi tenang saja tidak usah takut. dalam menetapkan fatwa terjadi diskusi panjang di dalamnya oleh ratusan/mungkin ribuan ulama seluruh Indonesia, jadi tidak asal membuat fatwa.

    lagipula fatwa MUM/malaysia jelas deh, haram kalau dilakukan sepaket. jadi kalau tidak ada unsur salah satu itu ya berarti halal.

    tenang saja..

  8. Ahmad Buchori Ismail

    Paket penuh yang dimaksud terdiri dari gerakan fisik, baca mantera (doa-doa) Hindu, dan meditasi yang dikatakan “menyatukan diri manusia dengan Tuhan”. Kalau ini alasan fatwa haram MUI, dapat diterima. Artinya menyelamatkan umat yg masih awam. Kalau soal kerusakan atau kejahatan ajaran Islam selalu bersifat preventif. Lihat kata “laa taqrab” Kan tidak semua umat sudah cerdas berilmu. MUI mau menyelamatkan umat. MUI sekedar mengingatkan, yg tau mau diingatkan, ya terserah. Hidup ini adalah pilihan.

  9. Bumi

    Kayaknya yang punya blog ini harus banyak belajar tentang Islam lagi deh.

    Membaca tulisan Anda di atas, sudah cukup membuktikan bahwa pemahaman anda tentang Islam sangat jauh dibanding para ulama MUI.

  10. Delta7

    Assalamu ‘alaikum.

    Nasihat rasul dalam satu hadits kepada kita: “tholabul ‘ilmi walau bis hin”, kejarlah ilmu hingga ke negeri shin ===> stau saya yg benar hadist Nabi itu adl : Belajarlah dr dalam buaian ibu smpe ke liang lahat, jd bukan spt di atas.

    Buku pelajaran di arab saudi hingga hari ini masih memurtadkan semua penganut agama di luar Islam ===> seingat saya kata “kafir” ato “murtad” adl bhs arab yg arti dr kata “kafir” adl orang yg beda agama dgn yg kita anut, “murtad” adl jk seseorang kluar dr agama (dlm hal ini agama Islam). Jd apanya yg salah dgn buku2 di Arab Saudi yg memurtadkan semua penganut agama di luar Islam? Wassalam, peace……

  11. Delta7

    Jk ingin sehat, hidup tenang, kita sbg umat Islam tdk memerlukan yg namanya Yoga, krn Islam telah mengajarkan bagaimana agar hidup sehat, salah satunya adl melalui Sholat, krn setiap gerakan dlm Sholat mempunyai manfaat yg tak terkira thdp kesehatan kita. Selain itu, sholat jg akan memberikan ketenangan+kedamaian dlm hidup kita, selain sholat kita juga bisa melakukan Zikir agar hidup kita dpt tenang setiap saat

  12. Ong Xiao

    Haiyaaa. Anti MUI kita orang semua setuju. Tapi haiyaaaa… itu lebih dari bom buku untuk JI, Ulil dan Paltai Demoklat, haiyaaaa…Memang di negeli ini pejabat2 manapun tidak punya otak, haiyaaaa…merela tolol-tolol dan selalu ambil kesepmatan di saat kesempitan, haiyaaa…. Pemprov-pemprov tolol. Mereka sengaja mempeltahankan pohon-pohon pinggil jalan dan kalau ada yang menebang malah didenda. Alasan pemplov pelaturannya untuk penghijauan. Haiyaaaa… ini salah kaplah. Yang tepat untuk penghijauan adalah mempelbanyak taman-taman luas kota. Hali ini di Jakalta setidaknya tiga mobil kita orang telah menjadi korban tumbangnya pohon akibat hujan dan angin kencang. Ini bukan peltama kali tau?! Haiyaaaaaa….!

  13. mrenges

    Fatwa tu yg bkin manusia,,,,pa yg bkin fatwa uda suci hati,,,suci ucap,,,, suci akhlak,,,,pikrkan dlu sblh keluarkan fatwa jgn gunakan pikiran ja

  14. dedi

    kacau nih orang

  15. perseuss

    hahayy,, orng” pintar dsni berbicara y…
    kerenn..sepertix q hrus lebih bnyak bljr lagi..
    gali-gali ilmu pengetahuan khusnya agma islam…

  16. jiddan

    hahah,..
    Smakin anda anyak bikin tulisan,smakin klihatan anda memang bodoh & suka berleihan.

    Sprti kledai yg ngga mao dianggap keledai .. Ufs !

  17. Nyong

    Point saya adalah bukan mengenai fatwa MUInya, tapi kutipan dan tafsir anda mengenai ayat alquran Albaqarah diatas.

    Semoga anda hai penulis ini segera diberi petunjuk oleh Allah dan diampuni segala dosa dan kekhilafannya. Amiiinn

  18. Saifuddin Aman

    MUI HANYA DISTIR OLEH ORANG-ORANG YANG BODOH DAN MEARASA BENAR SENDIRI, TAHU….

  19. Ulil yg menyedihkan

    hahahaha.. blog yg parah dan nara sumber yg payah!!!
    mas dan mbak!! islam gak pernah mengajarkan kebencian seperti yg anda tujukan kepada MUI dalam blog ini…

  20. Blog Dodol

    Keliatan nih yang nulis blog bukan muslim… dangkal beud pembahasannya, cuma ngeluarin dalil tapi gak paham isinya…jadi lucu.. :))

  21. assalamu ‘alaikum.
    apa anda benar tahu MUI berkiblat wahabi?
    lalu mengapa anda katakan anda anti MUI? apa rasul mengarkan, seperti itu.
    anda tahu kisah rasul dg wnita tua buta dr yahudi yg selalu menghina Rasul, tp apkh rasul berkt anti yahudi? rasul sbr dn merawat wanita itu tnp spengetahuaanya smp rasul wafat.dn wnita.tua bru th bhwa yg mrawatnya itu rasul, sampai.akhirnya.wanita tua.itu mengucp syadat..
    apa anda tdk.bisa mencotoh.beliau? ktnya umat rasul..
    saran saya hapus blok anda, ini hanya.akn menambh.perpechn! itulah.yg.diinginkn iblis dan org.kafir

    semoga Alloh merahmatimu saudaraku,

    wassalamu ‘alaikum

    mail :fahmizaka.fz@gmail.com jk anda ingin bediskusi

  22. ADMIN FUCK

    FUCK FOR ADMIN

  23. hasan hamid

    memang ini otak jaringan iblis liberal..
    mui aja dimusuhin…! hebatnya!! kalian hafal berapa juzz quran sih ato brp ribu hadist?? org buta malah nyalahin orng yg melek!! aneh lhoo.. yoga itu kan jeratnya hindu untk kt gak sadar udah ngamalin ajarannya.. klw kalian dah hafiz quran n hafal ribuan hadist baru bs sebanding klw mau debat mui..
    baca quran aja entah gak betul
    nyalahin para ulama…
    haa haa memalukan..

  24. Nasihat rasul dalam satu hadits kepada kita: “tholabul ‘ilmi walau bis hin”, kejarlah ilmu hingga ke negeri shin

    Mengapa kita tidak mau mengakui besarnya islam pada saat islam mau membuka diri, mau mengarifi, mengapresiasi,saling mengenal.

    Adalah termasuk hadits palsu yg mendiang Al-Albani memasukkan hadits itu termasuk hadits maudhu’. Baik kau jauhi hadits itu!

  25. Tolong Admin hrs belajar agama lbh dalam yan klo ngutip Qur’an jangan dipenggal2. Kelihatan sekali anda memang punya niat tidak baik kpd agama kami dg mengutip ayat yg tidak sesuai dengan tema

  26. Alfaqir

    Kayanya siADMIN bego nih,jelas2 ulama mmbuat fatwa eih malah dia benci
    DASAR BEGO ADMIN BLOG INI…cuih

  1. 1 FATWA MUI TENTANG YOGA | MUI Kota Serang

    […] Sumber : antimui.wordpress.com […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: