[kompas.com]NU Cueki Fatwa MUI

hasyim muzadi

hasyim muzadi

Senin, 26 Januari 2009 | 20:23 WIB

JAKARTA, SENIN – Organisasi besar kaum Nahdlatul Ulama (NU) cueki putusan Forum Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III terkait fatwa haram rokok untuk anak-anak, ibu-ibu hamil, di tempat umum, dan pengurus MUI. Kegiatan merokok bagi NU dalam hukum Islam termasuk makruh atau tindakan yang seyogyanya dihindari.

“Kalau NU sudah dari dari dulu menganggap makruh, dan tidak sampai ke tingkat haram,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Hasyim Muzadi di Jakarta, Senin (26/1).

Dalam penilaian PBNU, ketentuan makruh untuk merokok lantaran tingkat bahaya yang timbul itu relatif, dan tidak signifikan. “Ada yang kuat merokok dan ada yang tidak kuat. Ada yang kalau merokok itu menulis tambah terang. Tapi kalau sakit TBC merokok, dia bisa game (wafat),” ucapnya.

Menurut Hasyim, fatwa MUI yang mengharamkan merokok untuk anak-anaka, remaja, ibu hamil itu mesti dijelaskan lagi. “Untuk anak-anak itu selesainya tahun berapa, berapa tahun dan tanggal berapa. Itukan repot juga,” paparnya.

Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III di Padang Panjang, Sumatera Barat berlangsung 23-26 Januari 2009. Dalam pertemuan ini, sedikitnya 700 ulama se-Indonesia hadir. Selain rokok, MUI juga mengharamkan senam Yoga dan tindakan golput.

Pengamat politik Azyumardi Azra mengemukakan, fatwa haram MUI perihal merokok pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan peraturan daerah yang telah diterbitkan di DKI Jakarta. “Fatwa MUI itu kompromistis. Dan kalau kita lihat sebenarnya tidak ada yang baru. Itu sama dengan Perda DKI Jakarta,” ungkapnya.

Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) menambahkan, ulama sekedar mendukung upaya pemerintah daerah dalam mendukung dari sisi teologis dan keagamaan yang tak berjalan apik. “Untuk mengefektifkannya, butuh penegakan hukum dan konsistensi,” jelasnya.

Ade Mayasanto
Sumber : Persda Network
http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/26/20232521/nu.cueki.fatwa.mui


  1. hambaALLAH

    NU cueki fatwa mui??
    NU yg mana ni??
    sdh mewakili semua suara NU blm??
    kq sya nda’ merasa begitu ya??

  2. Kaffir itu Najis

    NU versi JIL kali,
    Versi Jaringan Iblis Liberal,
    Tokoh yang cuma bisa ngumpet di balik ketiak dan nama besar NU.
    Masih aja pakai taktik murahan, dasar Liberal.

  3. Kaffir itu Najis !!!

    NU versi JIL kali,
    Versi Jaringan Iblis Liberal,
    Tokoh yang cuma bisa ngumpet di balik ketiak dan nama besar NU.
    Masih aja pakai taktik murahan, dasar Liberal.

  4. abuafzal

    Sekedar prihatin. Para ulama/cendekiawan Islam hati-hati bicara yg mengakibatkan perseteruan antar kelompok umat, korbannya ya kita semua. Polemik perbedaan jgn diperluas, tapi bicarakanlah berdasarkan ilmu, dan buatlah kesepakatan yg tidak membingungkan umat.
    Hilangkan kesombongan intelektual.

  5. iman

    Gitu aja kok repot…merokok atau tidak merokok kan tak ada dalam larangan….. MUI ini kok doyan nya repot dan bikin orang lain repot… Lain kali mbok ya mikir dulu sebelum bikin fatwa…

  1. 1 Ternyata Banyak Ormas Islam Menentang Fatwa MUI perihal Hukum Golput/Rokok « M Shodiq Mustika

    […] [kompas.com]NU Cueki Fatwa MUI 29 January 2009 by habibhasan on ::Anti MUI:: …  Ulama (NU) cueki putusan Forum Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III terkait fatwa haram rokok untuk anak-anak, ibu-ibu hamil, di tempat umum, dan pengurus MUI. …  rokok , MUI juga mengharamkan senam Yoga dan tindakan golput . Pengamat politik Azyumardi Azra mengemukakan, fatwa haram MUI … Tags: Artikel, fatwa, MUI, Nu […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: