::Siaran Pers AKKBB:: Pemukulan dan Pelecehan Seksual terhadap Nong Darol Mahmada(f)

Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB)
Pemukulan dan Pelecehan Seksual terhadap Nong Darol (Mahmada aktivis AKKBB)

Senin 15 September 2008, Nong Darol Mahmada aktivis AKKBB yang mengkoordinir saksi-saki dari AKKBB hadir dalam sidang Tragedi Monas Berdarah dengan para terdakwa Rizieq Shihab, Munarman, Mahsuni Kaloko, dan 7 orang laskar Front Pembela Islam (FPI). Sidang mereka dilaksanakan secara terpisah. Saksi-saksi dari AKKBB yang hadir waktu itu di antaranya: Ninok Graciano, Oming, Bernard, Didi, dan Edi Juwono.

Pada pukul 17.00 digelar persidangan dengan terdakwa Munarman di ruang sidang Mr. R. Wirjono Projodikoro lantai 2 Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Nong berada di ruang sidang menyimak keterangan saksi dari AKKBB: Bernard. Saat itu, Nong dipanggil oleh Guntur Romli, saksi korban dari AKKBB yang berada di teras ruang sidang.

Guntur melihat tujuh terdakwa dari laskar FPI—yang berseragam putih-putih, bersepatu bot, dan mengenakan baret—yang pada saat itu mereka telah menyelesaikan persidangannya, namun tujuh terdakwa
dari laskar FPI itu bebas berkeliaran di teras dan halaman ruang sidang. Guntur juga melihat mereka dengan bebasnya turun naik gedung persidangan.

Di antara tujuh terdakwa itu tidak terlihat ada pengawalan dari aparat kepolisian ataupun kejaksaan. Mereka
bebas ngobrol dan bercanda dengan massa dari FPI di teras ruang sidang. Guntur heran, mengapa tujuh terdakwa itu bisa bebas berkeliharan, semestinya setelah sidang mereka selesai, mereka dikembalikan ke ruang tahanan, bukan bebas berkeliaran apalagi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, karena di pengadilan
tersebut yang hadir tidak hanya massa dari FPI, tapi juga dari AKKBB. Berkeliarannya tujuh laskar terdakwa FPI itu jelas-jelas mengancam saksi-saksi AKKBB yang pada sidang sebelumnya memberikan kesaksian untuk mereka.

Melihat kejanggalan itu, Guntur mengajukan protes pada seorang polisi di tempat itu namanya Jamal Alkatiri,
anggota Polres Jakarta Pusat. Guntur bilang, “Pak, itu tujuh terdakwa dari FPI kok bisa bebas berkeliaran?” Jamal, oknum polisi itu malah balik bertanya, “siapa bilang mereka terdakwa, mereka itu pendamping, kamu siapa?” tanya Jamal dengan nada yang membentak. Guntur menjawab, “saya saksi korban dari AKKBB, saya sangat tahu mereka terdakwa, bukan pendamping”. Jawaban Guntur tidak memuaskan Jamal Alkatiri, malah Jamal semakin meninggikan suaranya, “kamu mau apa!” Ucapan dengan nana tinggi itu diteriakkan berulang-ulang, sehingga memancing perhatian massa FPI dan tujuh terdakwa dari FPI.

Guntur lantas minta tolong temannya untuk memanggil Nong agar menelpon pihak kejaksaan untuk menanyakan berkeliarannya tujuh terdakwa FPI itu. Nong datang, dan berusaha menjelaskan ke Jamal, namun Jamal tidak peduli, dengan wajah yang marah, dia terus mendekati Guntur sambil teriak-teriak. Untungnya ada staf Kejaksaan yang pada waktu itu lewat, dan Nong bertanya, “benarkah tujuh orang yang berseragam itu terdakwa?”, staf kejaksaan itu menjawab “iya”.

Teriakan Jamal Alkatiri terus memancing perhatian, Jamal juga semakin mendekat ke Guntur, seseorang yang memakai pakaian kemeja baris-baris yang berusaha menghalang-halanginya malah didorong dengan paksa oleh Jamal. Massa FPI dan tujuh terdakwa dari laskar FPI itu terus mendekat: mengepung Guntur dan Nong yang terpojok di depan ruang saksi. Guntur dan Nong tidak bisa menghindari, massa FPI mengepung dari arah depan, kanan dan kiri, sementara di belakang Guntur dan Nong pagar batas lantai dua, mereka
berdua bisa jatuh ke halaman Pengadilan Negeri.

Pada saat itu, seorang laki-laki memukul kepala Nong, dan dengan cepat laki-laki itu mundur sambil merunduk, dan menghilang di kerumunan. Seorang laki-laki lain yang dikenal, menggerayangi pinggang dan perut Nong, mencakar dan mencubit. Seorang laki-laki lain memukul perutnya.

Guntur dan Nong diselamatkan oleh aparat yang berpakaian safari cokelat dan dibawa ke ruang saksi, namun di ruang saksi tujuh terdakwa dari laskar FPI sudah berada di sana sambil teriak-teriak dan memaki-maki Nong, salah seorang dari mereka juga berusaha mengejar dan memukul Nong. Karena di ruang saksi lantai 2 tidak kondusif, Nong dan Guntur dibawa ke ruang saksi di lantai 1.

Dari peristiwa itu ada tiga hal:

  • Pertama, telah terjadi pemukulan dan pelecehan seksual terhadap Nong Darol Mahmada yang dilakukan oleh massa FPI.
  • Kedua, aparat (kejaksaan dan kepolisian) telah membiarkan tujuh terdakwa dari laskar FPI bebas berkeliaran tanpa pengawalan di ruang sidang, seharusnya setelah sidang selesai, mereka dikembalikan ke ruang tahanan.
  • Ketiga, aparat kepolisian yang seharusnya melindungi saksi korban, malah terlibat provokasi seperti yang dilakukan oleh oknum polisi bernama Jamal Alkatiri, dengan sikapnya yang arogan dia memancing massa FPI untuk melalukan kekerasan dan intimidasi terhadap massa dan saksi AKKBB

maka, kami dari AKKBB mengecam dan mengutuk anggota FPI yang telah melakukan pemukulan dan pelecehan seksual. Kami juga menuntut kepada beberapa pihak:

  • Pertama, kepada Rizieq Shihab sebagai ketua FPI untuk meminta maaf secara terbuka atas nama anak-anak buahnya yang kemaren berlaku kurang ajar: memukuli dan melecehkan Nong, permintaan maaf tersebut harus dimuat di semua media pers nasional,
  • Kedua, jika dalam tempo 3×24 jam tuntutan pertama tersebut tidak dipenuhi, maka kami akan laporkan/adukan pidana kepada Polisi agar anak-anak buahnya itu ditangkap dan diproses hukum,
  • Ketiga, kepada pihak kepolisian agar melakukan evaluasi terhadap sistem keamanan mereka; melindungi saksi (khususnya korban yang jadi saksi), menindak oknum polisi yang malah melakukan provokasi dalam peristiwa tersebut, dan menindak massa FPI yang telah melakukan pemukulan dan pelecehan terhadap Nong Darol Mahmada,
  • Keempat, kepada pihak kejaksaan agar melindungi saksi (khususnya korban yang menjadi saksi), dan tidak membiarkan para terdakwa bebas berkeliaran di arena persidangan.

Jakarta, 16
September 2008


  1. mana buktinya FPI pegang2 tuh saksi?? di video gak gitu tuh..
    anda berbohong atau gimana? buktinya mana? katanya pelecehan seksual.. bukti video atau foto nya mana..

  2. Muhibbin

    Halah halah !

    blog ini kok amatir banget yak, isinya cuma SAMPAH doang kagak pake bukti valid ????
    Putus asa yak bingung nyari cara menyudutkan Islam, sampe mesti pake bohong ala anak kecil ???

    Sungguh menyedihkan, hahahaha…..

  3. agus

    FPI merasa Islam?
    di blog ini dipaparkan mengenai kebobrokan FPI yang dengan arogan menjadi suatu badan hukum diatas segalanya yang mampu bertindak tanpa bisa ditindak.
    ngomong2 mas Muhibin dan mas dimas liat video 3 buah yang ada disini nda???
    kasi komentar donk??
    trus di cek juga apa video itu hasil rekayasa apa bukan.
    jadikan enak..

  4. md islami

    pembuktian akan sebuah bukti ibaratnya kita mencari jarum di atas tumpukan jerami…..jarum itu kecil dan apabila kita harus mencari di tumpukan jerami akan terlihat sulit tapi kebenaran akan dilihat dari cahaya kebenaran yaitu keiklasan kita untuk mengakui setiap tindakan yang dilakukan baik itu perlakuan kita terhadap sesama….gak usah kita mencari bukti karena itu harus diwujudkan dalam keadaan yang terlihat…tapi kalau kita melihat dari kacamata hati yang paling dalam mengenai pemberian bukti ialah dilihat dari prilaku oknum itu sendiri yang memang selama ini memiliki watak yang memang selalu melakukan tindakan anarkis,intimidasi, bahkan kemunafikan oknum tersebut…..bagi mas dimas dan mas muhibbin anda apakah termasuk orang yang benar, buktikan kalau anda memang orang bener apakah anda bisa buktikan kalau anda memang benar ? hanya allah yang bisa buktikan itu…………kalian hanya harus iklas mengakui itu apabila memang kamu melakukan hal yang bener itulah bukti. Bukti itu tidak harus dengan dapat terlihat tapi juga dapat di yakini bahkan yang kasat mata saja bisa menjadi bukti karena keyakina.

  5. Fpi adalah benar2 muslim yg sejati…
    Memang agama islam itu agama preman…
    Al-anfal : pembagian harta jarahan.

  6. tanith

    Biadab sekali – mengapa para aparat memberikan keistimewaan pada kriminal2 dan preman2 tersebut?

    Sungguh menjijikan perilaku mereka. Apakah ini gambaran Islam yang ingin dibangun oleh FPI? Apakah ini memang ajaran menurut Quran dan Hadis? Mohon para simpatisan FPI yang ada di sini menjawab beserta dalil-dalilnya.

  7. peterjakopkakanero

    dasar otak yahudi…kemana2 dan dimanpun pasti berbohong..dan berdusta,,dalam otak anda memang penuh kebohongan, sampai darah daging anda mungkin tercipta dari kebohongan kali ya………anda itu…..BIADAP SEKALI. kalo anda beragama carilah pencerahaan dari orang yg mengerti agama, dari pendeta, pastor, ato ulama…., jangan terlalu mikir duniawi.

  8. hehehe… bakalan rame yak?
    kalo saya sih cuman komen satu aja: “Kalo aku bisa, sudah aku bakar Surga!”

  9. Anti Fpi :–> Fpi adalah benar2 muslim yg sejati…
    Memang agama islam itu agama preman…
    Al-anfal : pembagian harta jarahan.

    agama islam agama preman?? NGACO LU !!! mikir dulu Lu kalo mau ngomong, seEnaknya aja Lu hina agama,. PARAH LU

  10. Anti Fpi ; Lu bisa hina Fpi,, Lu hina agama isLam LAKNATLAH KAU!!! ketemu gw kubur idup2 Lu,..

  11. Younes

    Saya pikir kita tidak bisa menyalahkan FPI sepenuhnya.
    Saya yakin ada yang “menunggangi” ini semua. Info dari “level atas” mengatakan FPI itu binaan israil dan CIA. Wajarlah mereka berusaha mengobok2 negeri ini.

  12. No Kaffir Here !!!

    Pelecehan Seksual mana ada yang percaya ???
    Ternyata kaum kuffar ini amatiran sekali dalam menulis apa yang mereka lebih-lebihkan sebagai “Siaran Pers”…?🙂
    Ga ada bukti dibilang Siaran Pers ^-^
    Beginilah ketidak profesionalan kaum kaffir dalam merekayasa sesuatu, meneydihkan sekali,,,,
    Coba belajar dari FPI yang membuat suatu siaran pers disertai dengan BUKTI KUAT,,,
    Sampai-Sampai media Massa kaum Kuffar (TEMPO) buat permohonan maaf atas ketidakprofesionalitasan mereka dalam memuat suatu berita,,,
    Ga cerdas nih,lain kali yang cerdas ya…
    Ini akan memalukan anda sendiri

  13. kaosputih

    No Kaffir Here !!! lo ngerti ga yg di maksud siaran pers….????bodoh bgt sih

  14. No Kaffir Here..!!!

    KaosPutih : “lo ngerti ga yg di maksud siaran pers….????”

    Jawab :

    Sebenarnya agak malas juga berdebat dengan orang2 bodoh seperti Kaos Putih yang ternyata ga faham tentang siaran pers karena hanya akan menurunkan wibawa saya karena debat secara tak ilmiah dan dengan orang non-intelek,
    Namun karena terlalu banyak orang bodoh,kaum kaffir,JIL(Jaringan Iblis La’natulloh),dan para muanfik di Blog ini terpaksa saya akan mencerahkan mereka dengan ilmu,
    Jika anda tanya anak SD sekalipun mereka akan faham bahwa siaran pers atau konfrensi pers itu harus disertai dengan BUKTI KUAT,bukan “asbun” saja,
    itu bukan konfrensi pers tapi “Pertemuan penipuan terhadap pers” namanya,

    Beginilah ketidak profesionalan kaum kaffir dalam merekayasa sesuatu, meneyedihkan sekali,,,,
    Trik2 murahan seperti saksi palsu,menyewa preman untuk menyerang ersindangan adalah trik2 kaum jahiliyah/bodoh.
    pesan saya pada kaum kuffar :
    Coba para kaffir belajar dari FPI ,yang membuat suatu siaran pers disertai dengan BUKTI KUAT,,,
    Sampai-Sampai media Massa kaum Kuffar (TEMPO) buat permohonan maaf atas ketidakprofesionalitasan mereka dalam memuat suatu berita,,,
    Ga cerdas nih,lain kali yang cerdas ya…
    Ini akan memalukan anda sendiri

  15. habibhasan

    ya No Kaffir Here..!!! yang cerdas…

    setahu ana, siaran pers atau pernyataan pers hanyalah “sebuah pemberian informasi dari pihak yang berkepentingan terhadap suatu hal kepada media informasi/pers”

    maka dari itu dari kasus monas misalnya, banyak orang atau lembaga yang membuat siaran pers….akkbb, FPI, Polri, santri NU dan lain2.

    pernyataan pers bisa jadi sebuah pernyataan sikap seseorang atau organisasi..

    masalah bukti tidak terlalu perlu diributkan dalam siaran pers…bawa saja ke polisi dan pengadilan, karena disana tempatnya pembuktian

  16. No Kaffir Here...

    %%
    Si Ulil yang lagi main lenong bocah menjadi peran sebagai ‘habib palsu’ berkata :
    %%

    =======================================
    setahu ana, siaran pers atau pernyataan pers hanyalah “sebuah pemberian informasi dari pihak yang berkepentingan terhadap suatu hal kepada media informasi/pers”
    ========================================

    @PENCERAHAN TERHADAP UMAT (JAWABAN ) :

    Beginilah jika kita sebagai kaum cerdas berdebat dengan lulusan SD,ga akan nyambung….

    Begini ya ulil/pengaku habib hasan
    Siaran pers dimanapun walau negeri kaffir seperti amerika sekalipun ,maka haruslah disertai bukti,bukan “hanya” pernyataan non-fiksi dari pihak itu,
    Walau kita sudah faham kaum kaffir yang najis selalu tak punya bukti kuat tapi kalau sudah berhadapan dengan pers haruslah menjunjung etika/kode etik pers yaitu berita yang berimbang dan hanya memihak pada fakta kebenaran,
    jangan membuat kami kaum intelektual tertawa terpingkal2 dengan kebodohan pernyataan anda yang mengatakan tanpa bukti boleh disebut berita,
    Mangkanya TEMPO media kuffar no.1 di Indonesia harus menanggung malu di hadapan khayalak ramai dengan memuat berita palsu mengenai foto munarman yang ‘dituduh’ mencekik aktivis AKKBB,
    padahal setalh dibuktikan besok TEMPO ‘Meralat’ berita itu,
    Kemana kalian meletakan rasa ,malu itu ????
    Ga cerdas nih ulil/pengaku habib ,tumben nih jadi bego…

    Satu lagi berhentilah membuat kami tertawa terpingkal-pingkal akibat trik-trik murahan khas kaum kuffar yaitu fitnah murahan tanpa bukti, ini akan memalukan anda sendiri wahai KAFFIR….

  17. ya, namanya juga cari sensasi…
    buat deh jadi gunjingan di net..hehehe

  18. naDiiia akhRazz

    Ngapa susah?? Kita liat aja… siapa yg bakal gigit jari di akhir??
    Kalo perlu di akhirat sekalian!!!

    Let’s see!

    Siaran TV mana sih yang gag SAMPAH??

  19. habibhasan

    ya No Kaffir Here..!!! yang cerdas…

    tidakkah ente lihat siapa yang membuat siaran pers ini? tidakkah kau tau kalo dia yang menjadi korban? tidakkah ente baca al Qur’an bagaimana membuktikan sebuah perkosaan juga pelecehan? apa perlu bukti? jika ada pelecehan dan perkosaan bukti apa yg dibawa? fotokah? videokah? siaran pers ini dibuat oleh sang korban dan para saksi, tidak kah ente membacanya dengan baik?

    pantas saja banyak Muslimah yg dilecehkan di negri-negri yang melandasi aturannya dengan yg katanya ‘syariat Islam’, Naudzubillahi min dzalik…kerena orang seperti ente Islam tercemar saat ini…Subhanallah….

  20. Pro Fpi

    Lo pada mikir dunk.

    Lo bilang lo Islam, tapi gak ngerti Al-Qur’an.

    Lo ngaku Islam Agamamu, tapi lo khianati Al-qur’an.

    Sudah Jelas, Al-qur’an bilang Nabi Muhammad SAW nabi terakhir segala Jaman, tapi lo pade masih ngakui Mirza Ghulam Ahmad jadi Nabi Lo dan sejajarkan dengan Muhammad. Nauzubillah. DOSA LO PADE, LO KHIANATI AL-QUR’AN. JEMAAH AHMADIYAH, KALAU MAU MIRZA GHULAM AHMAD JADI NABI LO GAK PADE DILARANG, CUMA LO JANGAN BAWA2 ISLAM LAGI. BIKINLAH AGAMA BARU DENGAN NABI LO ITU.

    MISALNYA AGAMA MIRZA GHULAM AHMAD DISINGKAT ( AMGA ) ATAU APA KEK. JANGAN BAWA2 ISLAM DAN AL-QUR’AN DONG.

    MANA PERNAH FPI BUNUH UMMAT LAIN, KARENA UMMAT LAIN HARUS DIHORMATI KARENA JELAS DISEBUT DALAM AL-QUR’AN BAHWA MEREKA JUGA AGAMA ALLAH.

    GUOBLOK..TENNAN LO PADE.

    FPI BERLAKU TEGAS UNTUK MENJAGA ISLAM DARI PENGHIANATAN DAN PENGHANCURAN DARI DALAM DARI ORANG-ORANG AHMADIYAH ATAU SEJENISNYA PEMBELA AHMADIYAH.

    FPI ITU ISLAM SEJATI BUNG…GAK DIBAYAR KOK DIDUNIA BUAT BELA ISLAM, HARAPAN MEREKA FPI ADALAH SURGA.

    JADI JANGAN PERNAH SALAHKAN FPI BUNG…!

  21. logic

    buat mas Pro Fpi,
    anda pasti beragama Sunni atau paling enggak agama anda Wahabi ya ?
    Kita gak percaya Gulam Akhmad tapi kita gak ada urusannya buat mukulin yang percaya Gulam Akhmad. Sama seperti ada penganut agama Sunni atau Wahabi yang percaya Imam Mahdi, padahal gak satupun Imam Mahdi ada di AlQuran…..

    Salam
    LOGIC
    Islam Monotheist
    Tidak percaya keistimewaan Habib2 hehehe
    Tidak percaya hadits juga
    Hanya percaya Allah dan AlQuran

  22. tguh

    masih sukur ada orang2 yg ga rela islam di nodai kya FPI….HIDUP FPI…Bantai trus AHMADIYAH..dari pada ada kata nya kyai tpi ga tau mana KEBEBASAN BERAGAMA N MENISTAKAN AGAMA…

  23. imbro

    wayyah. sama deh zoel. ayo kita bakar surga, dan neraka juga.

  24. imbro

    Kebencian dibalas kebencian hanya meninggalkan api di dada. tak akan ada yang kalah dan menang. lebih baik berlomba pada kebaikan, membuktikan kebenaran agama dengan mengasihi sesama. Peace.

    Allah maha besar. Islam agamaku, nabi Muhammad rasulku. dihina hina diplesetkan silahkan saja. aku percaya diri saja. tak butuh orang lain memuji-muji agamaku. tak butuh orang lain memuja-muja rasulku. aku cuma butuh kedamaian ini bertahan dadaku, kesejukan dari nilai-nilai suci agamku.

    Allah maha besar. Dia tak butuh aku untuk membesarkan namanya. sapa lo?

  25. jabrah

    anda seenak perut aja menulis artikel di blog anda….
    mana ada maling mau ngaku maling.. mana ada orng salah mau ngaku salah…
    termasuk anda ini… udah tau kebenaran malah disamarkan…

  26. tole

    FPI pengecut,Premanisme untuk mencari keuntungan dari para koruptor” tapi berkedok menegakkan ISLAM.




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: