BUBARKAN MUI!!!

kalo menurutku suh bubarkan saja MUI kalo memang tidak berubah. sebab sering kali bukan memberi bimbingan pada umat, eh, malah tidak mendidik. meresahkan. lagian MUI sering kali hanya jadi pelegitimasi kebijakan negara dalam isu agama, bukan mewakili ulama itu sendiri.

tanpa MUI, biarkan tiap umat mengikuti ormas masing2. toh, secara de facto, ormas lebih diikuti daripada MUI.

Serem sekali!

Sama sekali saya nggak nyangka postingan saya tentang Fit and Proper Anggota MUI mendapat tanggapan yang serem kayak gitu!

Saya jadi merenung, ada apa dengan MUI, kok sampe para blogger begitu marah sehingga meminta MUI dibubarkan. Pasti ada yang salah!

Bagi saya secara pribadi, saya masih memerlukan MUI, dengan syarat bahwa MUI – dan anggota di dalamnya, sekali lagi anggota MUI / pengurus MUI – adalah orang-orang yang mempunyai pemahaman yang luas dan baik mengenai syariah islam dan tentang permasalahan yang dihadapi ummat pada khususnya – sehingga institusi dan produk (fatwa) MUI benar-benar bisa dijadikan anutan dan bisa menentramkan ummat (islam khususnya) dalam menjalankan keyakinannya. Jadi bukan tukang adu-domba antara ummat yang berbeda pendapat.

Saya mengenal beberapa pengurus MUI kota/kabupaten di tempat saya tinggal, dan saya sangat hormat pada mereka. Tetapi saya agak heran dengan MUI di pusat yang bisa dikuasai dan didominasi kelompok tertentu dalam membuat suatu produk. Tidak hanya yang terkait dengan kelompok fatalis dan oportunis tertentu yang siap membela MUI jika agenda kelompoknya diakomodir MUI dan menjadi penentang MUI jika agendanya terabaikan, tetapi juga tentang produk-produk yang *nampaknya pesanan tertentu.*

Untuk contoh kasus yang terakhir ini adalah masalah pelanggaran HaKI. Betapa tidak? MUI mengatakan orang yang melanggar HaKI adalah haram. Saya menduga fatwa ini dikeluarkan akibat desakan para artis yang sudah kualahan menghadapi ulah pembajakan yang marak di negeri ini. Tapi komisi fatwa nampaknya lupa, jika fatwa itu benar-benar diterapkan – jangan-jangan MUI sendiri termasuk institusi yang melakukan pelanggaran. Contoh kecil misalnya – apakah semua anggota dan kantor MUI telah terbebas dari Ms Windows dan Ms Office bajakan? Yakin deh tidak!

Belum lagi jika isyu pelanggaran HaKI dikaitkan dengan dunia medis, ada artikel menarik di JawaPos (saya lupa tanggalnya) tentang hal ini – yang secara singkat kira-kira mengatakan bahwa jika HaKI benar-benar diterapkan dalam semua bidang kehidupan termasuk medis, maka jangan-jangan masyarakat kecil yang akan jadi korban. Misalkan saja ada sebuah obat atau vaksin yang itu ada Hak Ciptanya – sehingga tidak bebas digunakan begitu saja – harus membayar lisensi. Maka betapa ironinya hal itu. Jelas ini kepentingan kaum kapilatis yang mempengaruhi MUI mengeluarkan produk tentang pelanggaran HaKI.

Nah akhirnya.. kembali ke MUI.. jika sudah ada sebagian ummat islam yang sudah tidak percaya lagi dengan institusi MUI.. apakah MUI tidak akan berbenah?
Ya silahkan monggo!

PS: Tapi saya juga nggak benget dengan mereka yang membuat *semacam MUI bayangan* – katakan FUI misalnya ( yang katanya isinya dari semua elemen ummat islam tapi toh isinya ya orang-orang yang sama dan agenda yang diusung sama? )
Buat apa sih banyak-banyak bikin lembaga yang isi dan misinya sama aja – apa nggak mubazir?

Udah deh pusing ! Maunya apa lah.. terserah!
http://hmcahyo.wordpress.com/2008/03/08/bubarkan-mui/


  1. Maulana

    Comment dari gw mahhh cuma 1 aja untuk MUI, bahwa “you are not a God !”
    so … seharus nya anda memberikan bimbingan kepada ummat yang dianggap salah, tapi tidak dengan mem-vonis yang nantinya bisa menimbulkan persoalan lain.

    Karena Salah atau Gak Salah … kita sendiri gak tau dan terlalu relatif …. tergantung sudut pandang aja.

  2. Abubakar bang'asyir

    Kalau MUI yang berwawasan NKRI sih ga apa,tapi jika wawasanya KERDIL SEPERTI WAHABI MAH HARUS DIBUBARKAN KARENA MEMBAHAYAKAN KEBHINEKAAN.

  3. huahahahah semprul!!!

  4. yang namanya beli bajakan hukumnya Haram..!!! Sama seperti beli barang curian..!! Karena itu sdh tlg menolong dlm kebatilan. Kl g py doku buat beli yg asli ya sah beli,, Lagian yg nama nya musik dlm Islam adalah termasuk dalam 5 hal yg malaikat tdk akan memasuki rumahnya. Selain musik adl salib, patung, minuman beralkohol, dan anjing..!!! Bsk gw cariin Haditsnya.!!!

  5. logic

    buat hamba Allah….
    Gua kagak percaya Hadits2 buatan oom Bukhary itu hehehe

  6. yunarto wijaya

    TIRANI BERDASAR ATAS KETUHANAN YANG MAHA ESA
    Sekali lagi terjadi suatu peristiwa yang membuat mata dunia internasional berpaling ke bumi pertiwi. Bukan karena tim sepak bola kita masuk ke piala eropa, bukan pula karena prestasi kita di bidang teknologi dan informasi, akan tetapi sebuah konflik (atau lebih tepatnya PENYERANGAN SEPIHAK)horisontal yang membuat kita (paling tidak yang masih memiliki hati nurani) lagi-lagi terenyuh!!! Sebuah tindak KEKERASAN mengatas namakan “tuhan” (sengaja saya tulis dengan huruf kecil” dengan alasan membela AKIDAH yang ternodai.
    Proses hukum sedang bergulir sebagai bentuk lanjutan dari peristiwa ini yang ternyata mengakibatkan banyak korban luka-luka di salah satu pihak. Habib Rizieq dan Munarman, dua tokoh yang paling tidak selama seminggu setelah kejadian menjadi “selebriti” (bahkan mengalahkan bintang sinetron) telah ditangkap dan didakwa dalam beberapa pasal KUHP. Pro-kontra terus berlangsung menanggapi akhir dari proses penyelesaian hukum ini. Ada fenomena menarik manakala muncul begitu derasnya penolakan terhadap ahmadiyah yang dianggap sebagai akar permasalahan dari munculnya insiden monas tersebut. slogan pluralisme, bhinneka tunggal ika, ataupun keragaman seolah-olah runtuh begitu saja melihat begitu solidnya mereka dalam menyetujui pembubaran ahmadiyah ini.
    Seperti kita ketahui bahwasepanjang tahun 2007, para penganut ahmadiyah menjadi sasaran kekerasan dimana-mana:masjid mereka dibakar, jiwa mereka diancam, pemukiman yang dihancurkan sampai dengan larangan untuk mengikuti hari raya. Ada satu pembenaran yang dijadikan tameng oleh para penyerang ahmadiyah ini:FATWA MUI yang menyatakan bahwa ajaran ahmadiyah sesat!!! pada tahun 2005 MUi mengeluarkan fatwa yang bukan saja menyatakan bahwa ahmadiyah sesat akan tetapi juga meminta pemerintah menutup organisasi tersebut. Disusul kemudian melalui fatwa pada oktober 2007 yang mengenai aliran sesat, yang juga membawa nama ahmadiyah dalam penjelasan.
    MUI kemudian menyalahkan pemerintah atas terjadinya konflik-konflik horisontal yang terjadi dengan alasan ketidaktegasan pemerintah dalam menyikapi permintaan MUI. Ada dua pilihan (lebih tepatnya Ultimatum) yang diberikan oleh MUI: bertobat dan kembali ke islam sesungguhnya atau keluar dari agama islam dan mendirikan agama sendiri. bentuk ultimatum yang mengiatkan kita kembali dengan apa yang telah terjadi pada gereja katolik pada masa abad kegelapan. Menjadi pertanyaan kemudian;ajaran seperti apa yang telah diamalkan oleh ahmadiyah sehingga harus dianggap sebagai bid’ah yang harus dilarang keberadaannya…
    Para ppengikut ahmadiyah memang diketahui memandang lebih sosok Mirza Guhlam Ahmad sebagai orang yang memperoleh wahyu Allah untuk meneruskan ajaran Nabi Muhammad. Suatu kepercayaan yang memang kebanyakan umat islam lainnya tidak imani. akan tetapi diluar itu harus diakui juga bahwa mereka percaya Allah itu satu, bahwa Alquran itu adalah kitab suci umat islam, bahwa ada malaikat, bahwa Nabi Muhammad adalah rasul terakhir, bahwa ada hari akhir dan takdir. Selain itu mereka juga melakukan syahadat, bershalat dengan kiblat Ka’bah, berzakat, dan membantu kaum miskin, bahkan naik haji.
    Ahmadiyah sendiri sudah berdiri di Indonesia semenjak tahun 1925 dan telah berbadan hukum melalui ketetapan Menteri Kehakiman semenjak tahun 1953. Selama kurun waktu itu sampai dengan sekarang, ahmadiyah selalu dikenal taat hukum. dalam setiap kegiatannya, Ahmadiyah tidak pernah terlibat dalam aksi kekerasahn atau meresahkan warga seiman ataupun penganut kepercayaan yang lain (berbeda dengan apa yang telah ditunjukkan oleh ORMAS-ORMAS tertentu yang sudah tidak perlu lagi disebut secara spesifik namanya). Walaupun kabarnya mereka hidup secara eksklusif di beberapa daerah, akan tetapi tetap dalam konteks damai dan bersahabat dengan masyarakat luas.
    Dalam kaitannya dengan ultimatum yang diberikan oleh MUI, apakah sesederhana itu saja menyuruh (atau memaksa) orang untk berganti nama agama yang dianutnya???apakah ini bukan berarti bahwa MUI menganjurkan jutaan umat ahmadiyah menjadi murtad???apakah ini berarti bahwa sekitar seratus lima puluh juta umat ahmadiyah yang tersebar di seluruh dunia berarti salah dalam mengimani ajarannya???apakah MUI dapat mempertanggungjawabkan keputusannya kalu kemudian tafsir yang mereka lakukan ternyata salah???
    Belum lagi implikasi yang mungkin muncul secara sosiologis. Andaikan umat ahmadiyah bersedia untuk mendirikan agama sendiri dengan menyatakan diri mereka bukan Islam, “nama” agama apakah yang harus dilekatkan kepada mereka secara administrasi kependudukan (mengingat negara kita masih pecaya dengan pentingnya label agama dalam ID card yang kita punya). Sebuah dekonstruksi yang harus dilakukan secara menyeluruh apabila konsistensi keputusan MUI ini harus dilakukan.
    Perlu diketahui bahwa ahmadiyah telah hidup tersebar di lebih dari 185 negara di dunia. adapun pelarangan yang dilakukan terhadap ahmadiyah terjadi di negara-negara seperti Pakistan yang memang memiliki banyak konflk horisontal didalamnya ataupun di arab saudi yang sangat tertutup dan konservatif (bahkan melarang pembangunan gereja). Bahkan negara seperti Iran oun tetap membiarkan ahmadiyah melakukan kegiatan organisasi dan keagamaannya.
    Alangkah baiknya apabila MUI lebih terfokus pada kegiatan himbauan-himbauan yang tidak bersifat kontradiktif dengan apa yang tertuang dalam deklarasi Universal tentang hak-hak asasi manusia. Secara lebih spesifik, alangkah lebih baik kalu kemudian MUI kembali kepada fatwa pada tahun 1980 yang walaupun menyatakan ahmadiyah berada di luar islam, akan tetapi lebih terfokus pada himbauan agar masyarakat tidak terpengaruh dengan ajaran itu dan meminta ahmadiyah untuk kembali ke ajaran yang benar. Sebuah himbauan yang menghargai kebebasan masyarakat untuk melakukan apa yang menjadi hak asasi dari mereka.
    Akan tetapi akan menjadi solusi yang paling baik apabila MUI dibubarkan dengan berkaca pada keputusan-keputusan yang telah dibuat selama ini dikaitkan dengan konteks kepentingan bangsa untuk bersatu dalam keberagaman dan kebebasan.AMIN

  7. logic

    BRAVO PAK YUNARTO….
    MEMANG MUI TELAH MELETAKKAN DIRINYA SERUPA DENGAN HIRARKI DI AGAMA KATHOLIK…..
    BAIKNYA DIBUBARKAN SAJA DARIPADA CUMA JADI TEMPAT BUAT MENGURUSI GOYANGAN DANGDUT DLL DLL

  8. Bubarkan MUI.

    camarmerah

  9. anti pancasila

    apa to pancasila itu?ada yg bisa njelaskan?
    bhineka itu juga apa to?setauku itu cuman klub basket

  10. amaduq01

    SETUJU BUBARKAN MUI TAPI HARUS DIGANTI DENGAN MAJELIS ULAMA FPI !!!BIAR INDONESIA BEBAS MAKSIAT!!!
    MENDINGAN BUBARKAN POLRI YANG SUKA MENYENGSARAKAN MAHASISWA DAN RAKYAT SERTA PARA AKTIVIS ISLAM!!!

    HIDUP FPI !!!!

  11. kaosputih

    Dasar WAHABI….umat islam yang cuma bisa nge-gosip…ga bisa berfikir mandiri…sok bener…pak tuh otak !!!

  12. Iqbal

    emang ga ada yg cerdas di negri ini lagi. ketika ayat2 suci hanya menjadi mantra buat mereka yg dengan gamblangnya mentafsirkan ayat2 menjadi propaganda, MUI mirip Nazi ustad2 habib2 dan ahli2 agama yg semua mengaku meneladani Rasullah malah mendoktri pengikutnya tuk berbuat sesuai apa yg ia tafsirka dari sebuah ayat.. kata kafir ,Jihat dlsgnya lihat dirinya melebihi Rasul.

  13. N.A.Musthofa

    sepertinya buruk sekali ya pandangan penulis tentang MUI,

    sekarang coba bahas satu2 deh,

    mengapa MUI ada?

    untuk meluruskan paham islam yang sebenarnya,
    kalo agama kalian menyipang tentunya amal ibadah kalian ga akan sah dimata tuhan,
    jadi akan sia sia dan kasiahan juga jika sebuah ajaran yang menyimpang dibiarkan tetap menjalankan ajarannya,

    dampaknya juga luar biasa jika ahmadmusadeq dibiarkan mengaku nabi,mungkin jika MUI g ada dan gada yang memberi fatwa kita umat islam pun akan bingung mana yang benar mana yang salah..

    begitu juga dengan ajaran alquran suci yang mendoktrin pengikutnya sehingga menanggap kafir orang tua yang melahirkannya sendiri,

    ahmadiyah?
    sebuah ajaran yang lagi2 mengaku sebagai nabi palsu,dengan membawa kitab sendiri,
    yang berbeda sama sekali dengan islam yang dibawa nabi muhammad SAW,

    kita semua hanya orang bodoh yang tidak mengerti,
    kita membutuhkan guru yang membimbing kita menuju Shirathal Mustaqim(jalan yang lurus),

    kita membutuhkan MUI,
    untuk mengup-date fatwa2 yang berlaku dalam islam, memang mereka bukan tuhan,tapi mereka lebih mengerti ketimbang kalian tentang agama,
    Beliau yang berada diMUI,baik pusat maupun daerah,setiap mengeluarkan fatwa bukan hanya dipikir sekali,tapi dipikir berkali kali dampak yang terjadi dimasykt,

    fatwa MUI tuh bukan hasil pikiran satu dua orang,tapi semua ulama didunia (Rabithah ‘Alam ),

    membubarkan MUI bukan solusi!
    malah menambah masalah yang ada..

    jadi hati hati jika berucap,jaga lidah kalian..

  14. habibhasan

    ya mustafa…akhi ga tau apa beda MUI dan ulama? MUI adalah lembaga buatan suharto demi kepentingan politiknya, tanpa MUI ulama akan selalu ada, dari dulu sebelum MUI ada ulama telah ada di bumi ini. MUI tidak jelas setatusnya(tipikal kebijakan orde baru), dibuat pemerintah tapi bukan pejabat pemerintahan, ga kelas siapa yang memilih mereka dan apa kriterianya, organisasi tapi ga punya masa jelas, berbeda dengan NU or Muhammadiyah…dan MUI dibiayai dari uang rakyat, yang tidak jelas auditnya. ini beberapa fakta yang ana dapat.

    “untuk meluruskan paham islam yang sebenarnya, kalo agama kalian menyipang tentunya amal ibadah kalian ga akan sah dimata tuhan, jadi akan sia sia dan kasiahan juga jika sebuah ajaran yang menyimpang dibiarkan tetap menjalankan ajarannya,”

    akhi, apakah akhi bermaksud mengatakan tanpa MUI tidak sah ibadah seseorang? ana kra tidak ada dalam al Quran yang mengatakan itu, dan yang menetukan sah tidaknya ibadah hanya Allah…

    lagi pula siapa yang lebih tau kedudukan seseorang dalam islam? ana kira MUI sama halnya dengan musadeq, mengukuhkan diri menjadi yang paling baik disisi Allah, bedanya MUI saat ini telah melakukan penzaliman terhadap umat, MUI menyesatkan umat tanpa menggunakan syariat, padahal di alquran dikatakan….

    ….Kemudian Allah menyesalkan kaum Muslim yang tak bersangka baik, bahkan, menganggap perkara yang tak diketahui duduk perkara itu, sebagai hal ringan. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar (QS 24:15). Bahkan, menjanjikan azab yang pedih di dunia dan akhirat, bagi penyulut fitnah tersebut (QS 24:19).

    “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu” [TQS Al-Hujuraat: 6]

    “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawaban” [TQS. al-Isra’:36]

    Masya Allah, akhi apakah akhi mau jika sewaktu-waktu akhi sendiri dicap sesat oleh MUI tanpa ada dialog dan dg alasan penyesatannya adalah fitnah, k”ata orang kamu sesat, maka kami akan sesatkan kamu juga” dan karenanya akhi diusir dari rumah yang akhi beli dengan uang hasil kerja keras akhi dan akhi harus hidup dalam pengungsian samapai waktu yang tidak tau kapan…. buka mata, telinga dan hati apa yang terjadi pada umat2 yang disesatakan akhi….

  15. nimbrung

    sekalian bubarkan indonesia saja !!!!!! ngapaian harus ada negara, ya kan ???? kita rakyat gak butuh negara

  16. AgnostiC FronT

    HUKUM MATI RIZIQ SIHAB….GAK PENTING, DIA GAK NGERTI APA ITU PANCASLA ATAU BHINNEKA TUNGGAL IKA…KARENA DIA KETURUNAN ARAB, DEPORTASI AJA SEKALIAN SAMA ANTEK2NYA…..DULU WAKTU FPI BELOM ADA DAMAI2 AJA INDONESIA….JADI LASKAR IBLISNYA SAPA NEHHH??? RAKYAT SERENTAK MENJAWAB : FPIIII….GANYANG FPI!!

    BUBARKAN MUI!!! BUBARKAN FPI!!!! YOU’RE JUST AN ASSHOLE, SMELLS LIKE SHIT!!!

  17. AgnostiC FronT

    SOMETIMES SOMETHING TURN INTO THE DUMB THINGS…AND THAT’S WHEN YOU PUT YOUR FOOT DOWN!!! JUST SEE WHEN YOU FEEL LIKE DYING…..RIZIQ!!! WHY SHOULD WE KNOW SOMEBODY LIKE YOUU?? GO TO HELL RIZIQ!!

  18. AntiKetololan

    Bubarin agama:mrgreen:

  19. wong2ateis

    Nihilisme

  20. logic

    Hehehe, pak AntiKetololan muncul lagi….Kemana aja Oom, masih antiketololan atau semakin tolol ?
    salam
    LW

  21. AntiKetololan

    @logic

    Ada… aja. Kadang2 ngikutin ritual orang2 tolol juga sih di mesjid heheh…:mrgreen:

  22. emang loe sapa? ..he..he..he..
    artis bukan, pejabat bukan he..he..he

  23. AntiKetololan

    @adi isa

    Betuuull…. cepek buat lo! Tebakan lo bener, emang gue bukan dua2nya heheh…:mrgreen:

  24. Saya Setuju “MUI dibubarkan” Lembaga ini sudah menyimpang jauh dari cita2 para penggagas dan pembentuknya untuk kemaslahatan umat islam dan rakyat indonesia.
    Para pengurusnya sudah sangat diragukan ke ulamaannya, dan bnayak ulama besar diluar MUI dan banyak ulama besar di MUI tapi dukebiri jadi ” KEBARADAAN MUI SAAT INI SUDAH TIADA ARTI”.

    EK

  25. Ada aja

    Bubarkan MUI…
    MUI sarang fitnah dan persekongkolan…
    Perselingkuhan ulama dan pemerintah tidak boleh dibiarkan terus…

  26. tuhan

    mari budayakan ngomong doang




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: