9 Cara Jitu Menghina Nabi, Ajaran dan Umatnya SEKALIGUS!

Assalamualaikum, ana dapet tulisan lucu ini dari sebuah milis yang bertaut ke blog si penulisnya (guh)….ana rasa tulisan menarik ini bisa menjadi reflexi umat untuk tidak terpancing ke hal-hal yang merusak keislaman kita…

Membuat kartun amatiran, lalu menyertakan ayat-ayat palsu dan cuplikan hadis supaya hinaan tampak sesuai dengan kebenaran? Menurut saya itu cara tak bermutu. Hanya bombastis beberapa saat lalu lenyap. Paling ada yang terprovokasi dan marah-marah sedikit, tapi nama baik Nabi yang dijadikan sasaran tidak cacat sedikitpun.

Berikut ini beberapa cara menghina yang saya pikir punya efek sangat destruktif terhadap nama baik target. Tak sebatas merusak nama baik, tapi citra ajaran dan citra umatnya juga akan ikut hancur hingga taraf sulit diperbaiki. Trik ini dapat digunakan untuk menghina Nabi, ajaran dan umat manapun.

 

  1. Menikahi anak dibawah umur sambil mengaku sedang mencontohperbuatan Nabi. Kemudian berkomplot dengan kroni-kroni yang ada diberbagai level, terutama dari elit partai religius, pemuka agama, penguasa agama dan elit pemerintahan untuk beramai-ramaimembenarkan aksi tersebut.
    Ini sama dengan mengatakan beramai-ramai bahwa Sang Nabi adalah orang yang mengajarkan untuk menikahi anak dibawah umur.
  2. Menikah lagi tanpa persetujuan istri dan anak-anaknya, sambil mengaku dirinya berbuat begitu karena sedang mengikuti teladan Nabi.
    Ini sama dengan mengatakan bahwa Nabi adalah lelaki yang karena ngebet ingin kawin lagi, jadi tidak tidak peduli pada perasaan istri dan anak kandungnya sendiri.
  3. Mengawini banyak perempuan, koleksi banyak sekali Istri, danmengembor-gemborkan ke seluruh dunia bahwa dirinya sedang mengikuti petunjuk nabi.
    Sama dengan mengatakan bahwa Nabi adalah orang yang suka kawin dan mengajak umatnya untuk doyan kawin.
  4. Membantai sebanyak mungkin orang tak bersalah (bisa pakai bom), lantas menuduh para korban yang berjatuhan sebagai kafir yangpantas dibunuh, kemudian menyatakan bahwa aksi itu sangat sesuai dengan ajaran sang Nabi. Mengaku melakukannya sepenuh hati demimemperjuangkan ajaran sang Nabi. Kemudian dibantu media-media sevisi, terus-menerus menyatakan ke seluruh dunia bahwa aksi biadab itu benar-benar sesuai dengan ajaran sang Nabi. Penghinaan ini semakin efektif saat ada ratusan massa (yang seolah-olah mewakili seluruh umat target) terus menyanjung dan memuja para pelaku pembantaian sebagai pahlawan yang membela ajaran sang Nabi.
    Ini sama dengan mengatakan pada manusia sedunia bahwa Nabi mengajarkan ajaran sadis penuh terror yang berbahaya dan harus sangat diwaspadai.
  5. Dalam setiap diskusi selalu berbelit-belit sambil menghina, mengutuk,memberi cap kafir, dan menuduh sesat kepada pihak yang berbeda pendapat, sambil menyatakan bahwa dirinya adalah orang yang lebih tahu, lebih berilmu, paling benar dan paling setia pada ajaran sang nabi.
    Ini sama saja dengan mengatakan bahwa Nabi mengajarkan cara berpikir dan berdiskusi yang aneh. Menampilkan bahwa ajaran sang Nabi adalah racun yang membuat manusia jadi penuh permusuhan, merasa paling benar sendiri, gampang marah dan sulit diajak bertukar pikiran.
  6. Mengajarkan anak-anak sejak kecil untuk membenci siapapun yang berbeda agama, memusuhi yang berbeda keyakinan. Mencuci otak anak-anak agar percaya bahwa semua orang yang berbeda adalah musuh yang harus dicurigai. Tentunya sambil menanamkan bahwa ajaran sang nabi adalah yang paling benar karena yang lain salah, musuh, boleh dibunuh dan diperlakukan semena-mena.
    Selain sama dengan mengatakan bahwa Nabi anti kebersamaan dan ajarannya tidak cocok bagi masyarakat plural. Penghinaan seperti ini juga bisa digunakan dalam rangka mempersiapkan agen-agen yang siap digunakan dalam aksi-aksi penghinaan dimasa datang.
  7. Mempolitisir ajaran nabi, menggunakannya untuk menggalang dukungan dan memaksa orang untuk tunduk. Denganmengatasnamakan Tuhan, menyingkirkan setiap lawan dengan menuduhnya tidak sesuai dengan ajaran Nabi. Berkuasa secara otoriter sambil terus mengaku sedang menjalankan ajaran nabi.
    Ini sama dengan menampilkan bahwa Nabi adalah seseorang penggiat teokrasi yang haus kekuasaan. Ini juga membuat umat yang memeluk ajarannya tampak seperti orang-orang yang selalu menunggu kesempatan untuk menggulingkan pemerintahan di negara manapun mereka berada. Kalau ada penghinaan terhadap Tuhan, itu hanyalah bonus.
  8. Sering beraksi anarkis, barbar, hobi marah-marah dan penuh kekerasan sambil terus berteriak-teriak bahwa aksinya sesuai ajaran nabi. Dengan pongah mengaku dirinya sedang membela dan memperjuangkan ajaran nabi.
    Ini sama dengan menyatakan keseluruh dunia bahwa Nabi sifatnya gampang marah-marah dan suka menyelesaikan setiap masalah dengan cara kekerasan. Dan beliau menularkan sifat itu pada pengikutnya.
  9. Memaksakan pendapat, memaksakan budaya asing, memaksakan keseragaman, memecah belah negara, menghina saudara sebangsa, menghina kebudayaan lokal sebagai biadab sambil mengatakan  dirinya melakukan itu karena sedang melaksanakan dan memperjuangkan ajaran sang nabi.
    Ini sama dengan menyatakan bahwa Nabi mengajarkan ajaran ga beres yang sangat cocok dipakai kaum penjajah sebagai alat mempersiapkan wilayah jajahan: Cabut penduduk dari kebudayaannya, pecah belah, adu domba lalu keruk sepuasnya.

Sedikit catatan:

  • Untuk bisa efektif, cara-cara diatas harus dilakukan dari dalam. Bisa memanfaatkan para penyusup atau para munafik yang tampil paling suci padahal prilakunya paling merusak.
  • Akan jauh lebih efektif jika pelaku penghinaan adalah seorang munafik yang dianggap sangat taat kepada ajaran Nabi target. Memang perlu waktu untuk menyusupkan agen perusak sampai sedalam itu, tapi hasilnya memang sesuai, pasti menghancurkan.

Tapi… seperti biasa… tak ada cara yang sempurna… termasuk dalam cara menghina Nabi.

Walaupun cara-cara diatas memang efektif untuk menghina dan menghancurkan citra Nabi, citra Umat dan citra Ajarannya sekaligus…. Masih ada sedikit kekurangan yang cukup serius: Nabi dan Umat yang dijadikan target harus mau berpikir agar bisa merasa terhina dan tersinggung. Dan itu adalah bagian yang tersulit. Memaksa orang untuk berpikir adalah hal yang sangat tidak mudah. Bahkan Tuhan pun hanya bisa sebatas menyuruh.

Jadi kalau yang dicita-citakan hanya provokasi ga mutu, dan targetnya hanyalah umat yang tidak mau berpikir atau malahan mengharamkan kegiatan berpikir, maka tidak usah repot membuang energi untuk menerapkan cara penghinaan canggih yang destruktif seperti diatas.

Sekian. Terimakasih. Silakan menambahkan, mengoreksi dan mengklarifikasi jika dirasa perlu. Siapa tahu ada poin yang anda anggap bukan hinaan, tapi justru sebagai pujian? Silakan dikritisi.

….

Oh, siapa tahu anda punya waktu untuk berpikir sedikit: Apakah penghinaan serius seperti diatas pernah terjadi? Pelakunya siapa? Targetnya siapa? Apakah yang dihina menyadari jika dirinya sedang dihina? Perlukah mereka disadarkan bahwa dirinya sedang dihina dan dihancurkan? Terus bagaimana caranya menyadarkan?

Tak perlu langsung dituliskan, dipikirkan semalam dua malam dulu juga bagus. Biar empuk.


  1. Kafir Gitu Lohh

    wew…
    Teladan yang patut ditiru…
    Ikut ahhh

  2. setuju banget dengan artikel ini emang begitu kenyataannya kok, coba mana reaksi dari FPI MMI HT dll melihat pelecehan terhadap kanjeng Nabi ini kagak ada,tapi mereka begitu bereaksi keras terhadap pelecehan yang dari luar kayak komik itu…..

  3. habibhasan

    ana mau nambahi yg ke 10…..
    10. melakukan korupsi padahal sebelumnya menyatakan dengan lantang akan menghukum potong tangan untuk pelaku korupsi.
    menyatakan bahwa Rasulullah mengajarkan umatnya untuk korupsi tapi dilain sisi juga menentang keras korupsi yang ujungnya adalah kemunafikan.

  4. bib saya nambah yg ke-11 deh
    11. Memberikan nasehat dan ayat suci Alquran lewat sms premium dengan imbalan uang yang dilakukan beberapa ustadz dengan alasan berdakwah.
    Ini menunjukan bahwa rasulullah seolah olah memperbolehkan memberikan nasehat2 agama dan ayat2 suci Alquran yang dapat ditukar dengan uang yang jumlahnya pasti sangat besar yang dinikmati ustadz2 tersebut

  5. Habib juga harus jeli dan sadar, bahwa dibalik semua itu tdk lepas dari “konspirasi global” yg sdh didesign oleh BIG DESIGNER musuh2 Alloh yg tdk snng Islam bangkit kmbali.
    Dan umat ini masih awam/karena islam mreka islam warisan.Jadi jngn dperkeruh lagi dgn pmhaman2 liberal,seolah2 itulah solusinya.Tetap Islam hrus brlndskan iman dan Aqidah, yg tdk mesti melulu rasional,bhkan cenderung Liberal dlm kerasionalannya.jdlah Aqidah terinjak2.
    Jadi baik itu yg dsebut Islam garis keras atau islam garis lunak, kdua2nya dari Yahudi.Nabi Saw tdk mncontohkan berjuang dgn cara Berpartai/parlemen, berdemonstrasi, demokrasi, apalagi mmbom.Juga tdk mngajarkan liberalisme.
    IRONIS…ktika ada Harokah yg hndak mndemo produk Yahudi, makanan&minuman, smntara secara tdk sadar mereka juga sdang mmpraktekkan Ideologi Produk Yahudi, yaitu Demonstrasi.
    Semua itu terjadi….karena islam skarang sdang terjajah…, dan kwajiban kita adalah menegakkannya kmbali, sesuai dgn pola,contoh, sunah Nabi Saw (Qs 3:31)

    • david trisnadi

      maap ane bukan orang islam, tapi ane pernah pacaran sama orang islam yang taat bener, dan ane kenal agama islam.

      Untuk bung naruto: menurut ane bencinya Islam sama yahudi udah kebablasan brother….
      skrang gini, orang orang sekeliling ane yang beragama islam, bilang Islam itu agama damai dan penuh kasih…
      ANe bilang sama dong ama agama ane dan semua agama emang mustinya gitu
      CUma pemikiran picik para pemukanya memang bisa memutarbalikkan fakta dalam kitab agama itu sendiri..
      kayak ente bro, bilang Yahudi jahat ama Islam, dan ada big conspiracy untuk menjatuhkan islam, kalo ane bilang maap maap nih, ente picik bro.

      Emang orang orang teroris yang mendeklarasikan dirinya pendukung Islam, ente pikir itu orang bukannya malah menjatuhkan Islam di mata dunia? Skrg islam dicap agama pembunuh gara gara siapa? udah gitu yang lucu skrg di indonesia muncul trend begini
      Yahudi = Kristen
      Udah gitu yahudi jajah palestina, yahudi = kristen, palestina = Islam. Brother n sister (kalo ada) itu pendapat yang salah karena di palestina banyakyang kristen, dan di Israel banyak yang Islam, SO… banyak umat islam yang kagak ngerti (contoh: FPI dan FBR) mendeklarasikan menjajah palestina berarti menjajah islam, dan akibatnya agama Kristen dimusuhin. Lahhh bro n sis, yahudi emang sifatnya begitu, tapi dia (at least di agama ane, tapi denger denger di agama ente juga tertulis) emang itu bangsa yang diberkatin Tuhan, dikasih kepinteran, kegigihan, kekayaan, tanpa kekayaan alam sama sekali.

      Who are we to argue against what God had ordained? Sapa kita protes ama Tuhan? Wong Tuhan aja bilang begitu, mosok kita lebih jago dari Tuhan?

      So…. buat bro naruto, ente harus inget
      Jangan benci bangsa Yahudinya
      ente salah besar
      bencilah sistem kejahatannya
      tapi jangan lawan dengan kekerasan
      Ente posting di forum ini, ane yakin ini forum yang buat ada turunan Yahudinya
      Majority technology di dunia ini yahudi yang buat. Makanya mereka kaya kaya, terus kita mo lawan mereka? justru kita harus contoh mereka brother…

      Skrg logika aja, Israel negara kecil di tengah tengah Arab, kenapa bangsa ARab ngga serang mereka? gampang bener mo serangnya…pasti ada udang di balik batu.

      Ane bukan proponent/pendukung Yahudi . Tapi ane ngga mau benci mereka, kenapa ? Karena di agama ane mereka bangsa yang diberkati dan dijagain ama Tuhan sendiri. Mereka bangsa kepunyaan Tuhan, yang menyerang mereka dikutuk Tuhan. sooo go figure…
      Peace, Islam is peace

      • Nah, tuh… DAvid yang (Kristen ?) sendiri bilang : “Karena di agama ane mereka bangsa yang diberkati dan dijagain ama Tuhan sendiri. Mereka bangsa kepunyaan Tuhan, yang menyerang mereka dikutuk Tuhan. sooo go figure…” jelas-jelas dibelakang perilaku Zionis Istrael. Begitu kok mengeluh kenapa Kristen dimusuhi gara-gara Israel (Catat baik-baik : ISRAEL, Bukan YAHUDI !!!). Muslim memusuhi ISRAEL, bukan YAHUDI !!. Tancapkan di otak elo, David Trisnadi, siapa di belakang orang-orang ISRAEL ? Jawabannnya dalah : AS, Inggris, Perancis, dll yang notabene adalah orang-orang Kristen/Katolik.

      • sekarang kaum kalian pada seneng kaya didunia dlm sgala hal tapi lihat di hari pembalasan kaum kalian bkalan tersiksa
        ..
        coba fikir” ajj
        msa batu ajj dianggap tuhan…

      • zone

        hmmm penasaran gw sama hari pembalasan yg d omongin sama s atang ahahah menarik ……. lets see who will go to the damn hell … me ?? you ?? or us ?? ahahhaha

      • budipekerti

        atang dan saudara semua yang punya surga itu Tuhan Yesus jadi percayalah sama yang punya biar anda kebagian surga. gampang kan, di kasih gampang pilih yang rumit dan neraka.. salam damai

      • permusuhan n perang jelas bukan ajaran n tuntunan agama, dendam n saling brtikai jelas bukan inti dr ajaran agama, karena semua agama mngajarkan cinta kasih n perdamaian. pemuka2 agama yg picik n sempit d tambah umat yg bodoh, membuat anak2 negri ini hidup dlm ketakutan n kecemasan pdhal yg mngambil keuntungan dri bodoh n miskin nya umat adalah pemuka agama seprti kiai, ulama, habib dst. kaum FPI, FUI, JAT, HTI, MUI dll adalah kelompok yg senantiasa melakukan pembodohan trhadap umat dg cara menebarkan kebencian n fitnah yg keji, menebar teror, mereka anti pancasila n bhineka tunggal ika, mereka (FPI dkk) ingin mendirikan negara syariat (islam) d indonesia, mereka (FPI) dkk ingin menjadikan indonesia seperti afganistan, pakistan, yaman, sudan, iraq, somalia n suriah.

  6. dan narutopun sedang mempraktekan produk yahudi dan barat INTERNET,janganlah hidup penuh dengan paranoid seperti itu apa apa yang baik dan bermanfaat dari siapapun dia pada hakekatnya adalah ciptaan Allah juga karena segala sesuatu yang ada di langit dan bumi adalah ciptaan Allah

  7. return of Shizo

    aduh bingung yah otak liberal knp yah ketika ada penghina nabi melalui komik setidaknya mereka mengutuk keras.klo mereka mengaku muslim seenggak 2nya mereka melakukan suatu aksi tidak simpatik atau minimal mengutuk sih pembuat komik. sbb Nabi sendiri pernah memerintahkan utk membunuh penghinanya makanya baca sirah nabawi dulu.bukannya mengutuk aksi si pembuat komik malah balik menghujat orang islam dengan 11 poin 2 diantaranya tambahan meskipun ga semua poin di situ ane bilang salah. tapi seenggak2nya jgn anda lihat urusan penghinaan Nabi urusan sepele……………

  8. Mbelgedez™

    HAH…?!! :roll:

  9. ya return of Shizo,
    al wahid ente sebaiknya baca tulisan diaas dengan seksama, apa ada si penulis mengatakan, penginaan kartun nabi didiamkan saja atau di benarkan? La! tidak! saudaraku. penghinaan adalah tetap penghinaan, tapi alangkah lebih menghina lagi orang-orang yang menjalankan 11 perkara diatas. apakah ente tak merasa mereka menghina An Nabi Al Mustafa Muhammad SAW dan kita sebagai umatnya? bahkan Allah dengan Islamnya? jika kita harus memenggal si pembuat komik maka harus diapakan sipelaku 11 perkara diatas? apakah dicincang dan dagingnya di berikan kepada anjing2?

    ana setuju, kita harus belajar lagi tentang Islam dan sirah Nabi. tapi anak kira tidak ada perawi yg sahih yang mengatakan Nabi menyuruh membunuh penghinanya. adapun dalam Al Qur’an untuk membunuh munafikun (pengkhianat/mata-mata), itu dalam keadaan perang.

    • kekasih yg terbaik (habib hasan)
      i like you……….

      serang yahudiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

      • hanacaraka

        habibhasan dan atang, anda adalah contoh umat yang sangat pantas untuk dijadikan humas dalam rangka pencitraan islam. lanjutkan!!!!

      • baasyir

        tidak sesuai islam bom saja begitu setan mengajarkan

  10. logic

    sekali lagi, jangan ikuti hadits, karena hadits jadinya marah2 mulu, celakanya, hadits dibilangin sebagai peninggalan nabi….duh nabiku tercinta, terlalu banyak yang menghinakan engkau….
    salam
    LOGIC

  11. logic

    jadi gimana baiknya? apa sebaiknya yang kita sikapi terhadap hasil2 karya sia2 bukhary, muslim dll yang mengumpulkan hadits2 lalu membuat umat percaya bahwa nabi memang seperti itu?
    hehehe
    LOGIC….
    LOGIC….!!!!
    LOGIC….!!!!!!!

  12. Kaffir itu Najis !!!

    Sebenarnya siapapun yang beriman pada ALLOH dan menjadikan Rasul sebagai panutan akan marah melihat artikel ini,
    Cuma berhubung yang membuat artikel dan yang reply di artikel ini orang-orang bodoh lulusan SD yang ada saya mau ngakak dan tertawa terpingkal-pingkal,
    Berikut ketololan mereka yang sudah akut ;
    ===========================================
    Dimulai dari komentar LOGIC *-Oknum yang selama ini menganggap pernyataan dia yang bodoh dan tak ilmiah sebagai sesuatu yang masuk akal-*

    “”celakanya, hadits dibilangin sebagai peninggalan nabi…””
    ==========================================
    @ Jawaban orang cerdas :

    yupzz… lagi-lagi kita disuguhi pernyataan bodoh.
    padahal seperti kita ketahui bahwa hadis adalah segala perkataan,tindakan dan pemikiran nabi dalam segala hal.
    fungsi hadis adalah sebagai bayyan tafsir terhadap ayat al-qur’an.
    Jadi apakah masuk akal jika seorang kaffir seperti LOGIC dari “Jaringan Iblis Liberal(JIL)” meragukan bahwa hadis bukan peninggalan nabi.??????

    menurut saya anda ya LOGIC adalah Ruwaibidhoh (orang-orang dungu yang sok bicara Dien) …

    Logic your’s shameless.

    • david trisnadi

      lu ngomongin apa sih bro kagak ngerti…
      oh iya yang ngerti emang cuman elu doang sih
      yang lain bego gitu?
      jelasin jangan pake hatred
      jangan pake emosi
      liat juga dari kacamata orang lain

    • guelah

      aQwh setuju yang engkau bilang itu.
      OKK mas bRo…….[wkwkwkwk]

    • kafir itu naji

      hahahahahahhahahahahhahahahahhahahahahahah
      bnr”

    • zone

      loe juga komen d sini berarti lo juga bodoh n lulusan SD ahahhahaha

    • gw yakin org satu ini kaum wahabi bin onta al jahiliyah,, yg menjadikan habib sebagai nabi nya. padahal kaum wahabi ala FPI dkk adalah musuh sesungguhnya bangsa indonesia, karena mereka (FPI dkk) ingin mengganti pancasila n bhineka tunggal ika yg menjadi dasar negara kita dgn faham syariat jg mngganti menjadi negara islam. mereka (FPI dkk) mau menjadikan indonesia seperti afganistan, pakistan, yaman, sudan, suriah, iraq atau somalia.

  13. Muhammad Faisal

    Kaffir itu Najis anda mengatakan bodoh pada orang lain bukankah itu memperlihatkan juga siapa anda sebenarnya.

    Jika anda tidak suka dengan pendapat orang lain, mengapa anda harus berusaha menyanggah pendapat tersebut.

    Allah SWT mengijinkan adanya perbedaan, dalam bentuk apapun, dan itulah yang membuat hidup lebih berwarna, lalu mengapa kita sebagai makhluk ciptaan-Nya tidak menerima perbedaan itu.

    Kita umat Islam lebih direpotkan tentang keabsahan hadits daripada mendalami Al-Quran dan mengamalkannya.

    Jika kita ingin mengikuti hadits, bukankah di dalam hadits Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan kalau pribadi Beliau adalah Al-Quran? Lalu mengapa kita malah direpotkan dengan hadits.

    Kita juga harus ingat bahwa yang tahu itu cuma Yang Maha Tahu, bukan kita.

    Semoga budi yang luhur dari Nabi Muhammad SAW, menurun kepada kita umatnya.

    Terima Kasih.

    • Mas Fisal, sudahlah gak usah diteruskan. di Al-quran sudah dijelaskan bahwasannya mereka tidak pernah senang kepada qita umat muslim selama kita tidak mengikuti Millah mereka. mereka hanya bisa membenci dan itu sampai kiamat.

      Kita menghormati ISA, kita menghormati MUSA, tidak sedikitpun menghinanya. Lihatlah orang yang mengenal nabi Muhammad SAW, seperti Cat Steven, Jermaine Jackson, Hj. Irene Handono, Pierre Vogel,dll, mereka sangat luar biasa, bahkan lebih banyak lagi yang tidak kita tahu seperti Frank Ribery, Mike Tyson dll ……..

  14. logic

    mas Kaffir itu Najis….,
    berislamnya LOGIC dengan mengikuti AlQuran saja adalah pilihan setelah menghayati islam2 aliran yang ada saat ini. Setelah lama berfikir, bersintesa, berargumen dengan diri sendiri dan setelah menemukan bahwa AlQuran benar2 mengandung miracle, LOGIC sampai pada pencarian dirinya akan kedamaian, perlindungan, janji keselamatan, janji lepas dari kekhawatiran, sebagaimana yang dijanjikan Allah bagi yang benar2 memuja, meminta dan berkontak dengan tuhan yang satu, yang memberikan manusia AlQuran sebagai bukti diriNya ada…..

    Pengembaraan logic telah melihat pertikaian dalam nama tuhan bahkan dalam nama agama yang satu(islam), semua mendasarkan banyak hal dalam hidup pada cerita2 tanpa bukti kebenaran, akan sang nabi dan kisah2 aneh dari riwayat bangsa arab….dan LOGIC menemukan, bahwa memang banyak manusia telah salah mengartikan islam dengan melekatkan alasan2 mereka kepada sang nabi sebagai sosok sentral, sebagai manusia yang akan menampung kesalahan mereka karena mereka mengalasankan semua tingkah laku mereka, pola ibadah mereka dan respond2 mereka terhadap persoalan2 dunia yang semakin bertambah dan kompleks kepada sang nabi….yang….semuanya mereka dapatkan dari cerita2 tanpa bukti kebenaran….yaitu hadits2, reka2 ulama dan hirarki agama yang sebenarnya tak mempunyai bentuk dalam ajaran AlQuran….

    AlQuran tidak memberitahu group2 yang akan masuk dalam keselamatan secara explisit, AlQuran memberitahu :

    siapapun mereka, apakah kristiani, muslim atau bahkan dari kepercayaan lain selama mereka :
    1. bertuhan satu
    2. percaya hari akhir(mengacu pada keagungan tuhan)
    3. berbuat baik(terjemahan lebih baik daripada beramal saleh yang seringkali mengacu pada zikir2 berlama2 dimasjid, berbaju sebagai dikatakan baju muslim, menjalankan apa yang katanya sunnah nabi misalnya beristri anak kecil, mengumpulkan wanita2 untuk dipoligami, kawin diam2, membuat bom dan meledakkannya di tengah orang2 yang dikategorikan fikiran manusia satu grup sebagai “kafir dan tersesat” dll yang sebenarnya bukan itu yang dimaksud)

    maka selamatlah manusia itu dalam perjalanannya menuju hidup yang abadi dimana dilepaskan rasa khawatirnya dalam bahasa yang gamblang, surga….dan ini mengacu pada keselamatan individu, bukan kelompok yang menamakan dirinya sebagai kelompok oleh grup manusia….(misalnya kelompok islam, kelompok kristen, kelompok wahabi, sunni, syiah dll)

    LOGIC telah menelaah, telah berjalan, telah berfikir…..telah menyimpulkan bahwasanya hanya satu kitab mulia penuh dengan miracle yang sepatutnya muslim ikuti, AlQuran saja….dan itu akan membebaskan muslim dari keterkungkungan berfikir seperti sekarang, akan bisa melihat dengan jernih persoalan2 dunia, persoalan2 ARAB-AMERIKA-YAHUDI dengan bijak….bahkan menyelamatkan dirinya sendiri saat individu memutuskan jalan yang akan ditempuh….melimpaskan semua dasar tindak tanduk kita sebagai individu dan sebagai umat kepada sang nabi berdasar info2 sumir yang diri kita sendiri tak bisa membuktikannya adalah kesalahan besar dan kita menempatkan diri kita pada kerugian besar saat kita meninggalkan dunia ini…..

    LOGIC sendiri tak pernah mengklasifikasikan dirinya kedalam suatu organisasi, orang2 di luar LOGIClah yang mengklasifikasikan LOGIC sebagai iblis, tercuci otak, pembawa pesan liberal dll…..LOGIC tidak marah karena orang2 itu memang tidak tahu inti dari fikiran LOGIC yang bernafas AlQuran saja sebagai pedoman kehidupan reliji diri LOGIC….

    LOGIC terbuka terhadap semua pernyataan, selama dinyatakan dalam damai, tanpa permusuhan, tanpa keinginan membasmi dan membunuh seperti selama ini ulama2 garis keras katakan….

    Jika selama ini apa yang LOGIC katakan bertentangan dengan pandangan muslim kebanyakan, itu adalah resiko muslim dengan mengikuti AlQuran, karena seperti LOGIC katakan, telah banyak LOGIC berjalan dan telah banyak melihat….muslim mendasarkan tindakan, perilaku dan respond2nya pada cerita2 sumir tanpa bukti kebenaran yang dibuat oleh orang tak bertanggung jawab dan dikatakan sebagai ajaran sang nabi….padahal bukanlah ajaran sang nabi karena nabi hanya mengajarkan kitab yang mah mulia, maha miracle yaitu AlQuran….

    LOGIC siap ditantang untuk memperlihatkan penyimpangan2 ajaran AlQuran dengan ajaran2 dari kitab suci kaum mas Kaffir itu Najis sekarang, yaitu kitab2 hadits dan fatwa2 ulama….

    ingatlah, diluaran telah berkembang, bahwa muslim dengan AlQuran saja adalah tidak mungkin….berfikirlah, berfikirlah dan berfikirlah….karena LOGIC berfikiran, islam dengan Quran saja sangatlah cukup dan memang hanya itu yang dimaui Allah….

    Salam
    LOGIC

  15. logic

    maaf, sebelumnya LOGIC meminta maaf kalau telah mengeluarkan kata2 “siap ditantang”….
    Sebenarnya yang ingin LOGIC katakan maunya bermakna mengajak ke AlQuran dalam memandang peristiwa2 yang membutuhkan respond dari umat….
    Terimakasih
    salam
    LOGIC

  16. saya heran dengan kafirr itu najis menganggap orang lain lulusan sd sementara dia dengan pongahnya mengaku intelektual tetapi dalam menanggapi seperti lulusan sd yg sesungguhnya, saya nasehati janganlah sombong menganggap dirinya paling benar bukankah itu sifat iblis? biarlah logic dengan pendapatnya kita hargai begitu pula dengan anda silahkan berpendapat sendiri tetapi dengan santun, dalam beberapa milis orang2 yg berpendapat sama dengan anda selalu saja menganggap orang yang berbeda sebagai kafirlah iblislah dan umpatan2 yang Rasulullah sendiri tidak pernah mencontohkan, inilah sikap mencoreng rasulullah yang ke-12 seolah-olah orang yang kembali ke alquran dan alhadist boleh menjelek-jelekan orang yang berbeda sebagai bodoh, kafir, iblis dll karena dianggap tidak mengikuti Rasul.
    Dalam beberapa hal saya sependapat dengan logic dimana hadist haruslah sejalan dengan Alquran kalau hadist tidak sejalan dengan Alquran tertolaklah ia, sbg contoh manusia di mata Allah adalah sama yang membedakan adalah kadar taqwanya, Berdasarkan sebuah hadis tertentu yang sangat sahih, Ibn Taymiyah mengatakan bahwa dalam Islam bangsa Arab adalah bangsa yang lebih unggul ketimbang bangsa lain. Bagi Ibn Taymiyah, itulah doktrin Sunni. Pendapat Ibn Taymiyah itu, walaupun disokong oleh ratusan hadis sekalipun, jelas tak masuk akal, dan “counter intuitive”. Apakah ini sejalan dengan semangat alquran?
    Namun dalam beragama logic sama sekali mengenyampingkan hadist saya juga tidak setuju, kalau boleh saya memberikan pandangan pada logic janganlah karena beberapa hadist yang anda nilai tidak masuk akal dan tidak sejalan dengan alquran menjadikan anda menolak semua hadist. Semoga ini bermanfaat bagi semua

  17. To mas Taufiq
    Produk semacam makanan, minuman, internet, komputer adalah sebuah media, alat, fasilitas sepanjang tdak ada unsur brng haram adalh dibolehkan u/mmprgunakannya.Begitupun orang2 Yahudi ktika Islam berjaya, mereka mmprgunakan produk2 buatan umat islam.Ini urusan MUAMALAH, BUKAN IDEOLOGI. Rasul Saw smdiri bersabda.”Antum ‘alamu biumuridunyakum=Kalian lebih tahu urusan duniawi kalian…”
    Adapun Demokrasi, Nasionalisme, Sosialisme, Kapialisme, liberalisme, Komunisme, Kapitalisme adalah sistem hidup yg sdah barang tntu akan bersebrangan dgn sistem dan Ideologi Islam,”Sesungguhnya Dien (Sistem,Ideologi, Hukum) yg diridloi oleh Alloh adalah al-Islam(Qs 3:19)”
    “BARANGSIAPA YG MENCARI DIN SELAIN AL-ISLAM, MAKA DIA TDK AKAN DITERIMA”(Qs 3:85)

    • :D islam ideologi :D…. oalah, akhirnya islam dihancurkan oleh penganutnya sendiri :D… jadi islam hasil pemikiran ya bro :D.. ck ck ck ck ck….

      sindrom narsisme membuat kalian merasa bisa menghakimi orang lain membuat saya ketawa :D. alangkah lucunya menuding orang lain dengan 1 telunjuk sementara jari lainnya menuding dirinya sendiri :D. ah selamat berdebat…

  18. Nabi Saw adalah pribadi yg tdak mau dipuja-dipuji,bahkan dikultuskan.Sebagai pribadi, beliau adalah manusia yg trkena fana; tidur, sakit, wafat.
    Beliau akan lebih bangga dan akan mmberi syafaat kelak di hari kiamat bagi umat islam yg melanjutkan misinya, kerisalahannya, perjuangannya, tata hidupnya daripada umat yg mngaku muslim yg mngkultuskannya, mncintai sosoknya hnya dgn puji2an, syair2, nyanyian cinta Rasul smntara tata khidupannya tdak sesuai dgn pola hidup dan pola perjuangannya.
    Allah Swt berfirman,”Dan tidaklah Muhammad itu HANYALAH seorang Rasul, telah berlalu beberapa Rasul setelahnya.Maka apakah jika dia wafat atau terbunuh kamu akan BERBALIK KE BELAKANG (MURTAD) (tdak mlanjutkan kerisalahannya)…(Qs ali Imron[3]:144).

    Kartun Nabi? Hanya perbuatan orang iseng yg tdak perlu dtanggapi berlebihan, sayang energi meladeni orang2 tdk waras. Coba aja ganti judul komiknya dgn Yesus atau Shidarta Gautama…sama aja kan?.Emang ada yg tahu wajah Nabi Saw….?

  19. To mas kaffir itu najis
    Coba cermati, mas Habib kita ini, juga om logic adalah orang2 baik yang sdang mncari2 Kebenaran.Coba hargailah upaya dan ikhtiar mereka.Kita do’akan smoga saudara2 kita ini mdaptkan petunjuk akan Kebenaran Hakiki (Qs 2:147).
    Jadi pantaskah anda marah2 dgn kata2 kasar dan keji bagi orang2 yg sdang blajar….?.Kita semua sdang blajar hingga akhir hayat…Manusia tdak ada yg Benar sempurna, Kbnaran hnya milik al-Kholiq….

  20. to logic
    Alloh berfirman,”Jika kamu mencintai Alloh (berpedoman al-Qur’an. maka ikutilah aku (muhammad/Sunnah, hadist sohehnya)…(Qs ali Imron[3]:31).
    Kmudian…coba kaji Bunyi Syahadatain..
    “Asyhadu allaa ilaaha illloh artinya aku bersaksi, brsumpah/berjanji, siap akan mngilahkan Alloh saja,tiada ilah selainNya.Siap mnjadi Hamba atau budak Alloh saja…

    Wa asyhadu anna muhammadarrosulululloh artinya “Dan aku bersksi bahwa aku siap akan menjadikan muhammad rasulululloh sbagai contoh tata pelaksanaan bagaimana mnjalankan penghambaan kpd Alloh.
    Jadi bagaimana bisa al-Qur’an terlksana dlm khidupan shari2 klo tdak ada yg mmperagakannya.Maka cara mmpergakan al-Qur’an dicontohkan oleh RasulNya dalam assunah.
    Maka kata Aisyah”Muhammad adalah al-Qur’an yang berjalan…”

  21. logic

    mas Naruto,

    1. Syahadat di AlQuran tidak melibatkan kata2 kedua(dan saya bersaksi muhammad rasul Allah)
    2. Monotheisme/Tauhid tidak memperbolehkan setitik/sedikitpun ada pencemaran didalamnya
    3. Di AlQuran tidak disebutkan akan ada orang yang sanggup memberi syafaat, Muhammad dan Isa akan berbicara dan ditanya mengenai manusia dan apa yang mereka ajarkan, mereka akan menyerahkan segalanya ke Allah yang maha adil lagi bijak dan penyayang….

    Semoga yang percaya hadits sadar, bahwa hadits2 adalah buatan manusia dan tak selayaknya buatan manusia dijadikan pedoman religi bagi manusia.

    Maaf kalau sekarang saya saklek ke pandangan2 AlQuran….

    satu test untuk anda(ada banyak test yang lain kalau anda mau, anda harus test diri anda sendiri hadap muka dengan AlQuran) :

    [6.145]Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barang siapa yang dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

    Lihatlah ke ajaran2 aliran dalam islam, apakah empat topik itu saja yang diharamkan atau ditambah2kan tentang haram halal ini hal2 lain oleh hadits ? Muhammad tak akan mengajarkan sesuatu yang berbeda dari AlQuran dan anda bisa melihat sendiri dari salah satu contoh ayat tsb….

    salam
    LOGIC

    • kang bashir

      To Logic Al-Qur’an dan Hadist adalah satu kesatuan, banyak hadist yang menjabarkan lebih rinci apa yang ada dalam Al Qur’an, memang ada tingkatan dalam hadist, bahkan ada juga yang palsu, justru anda belum benar2 memahami Al-Qur’an secara menyeluruh,Jika anda tidak mengakui Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam berarti anda belum beriman.

      • LOGIC

        buat Kang Bashir,
        saya mengakui Muhammad Rasul Allah, sama seperti Isa, Musa, Ishaq, Ismail dll….
        Cuma, saya tak mengakui tulisan di kitab suci lain anda yag karya2 mereka yang hebat2 dalam dunia islam itu dan di sandarkan ke Muhammad….
        Anda mengakui tulisan2 itu justru anda sedang menghina Muhammad yang anda cintai, dan kitab2 itu sebenarnya memawa anda ke kemusyrikan, karena anda menyandarkan persoalan religious anda ke kitab tsb selain AlQuran….
        Tidak ada hadits yang mensempurnakan AlQuran, AlQuran itu self explaining dan memang dia menggunakan bahasa manusia(arab), jadi gak ada yang perlu anda khawatirkan dengan AlQuran…

        Semoga anda bisa menelaah iman anda…jangan jadi serupa dengan umat kristiani, menganggap Isa sbg Tuhan dan merubah2 injil, AlQuran dijamin kesucian nya sehingga setan menyerangnya melalui terciptanya kitab hadits….

        Tidak ada tingkatannya hadist2 itu, sekali salah semua salah….

        Maaf kalau saya mengatakan anda sebenarnya belum mengenal dan mempelajari AlQuran, karena mempelajari AlQuran akan membuat anda mengetahui tipu daya pengalihan pengertian islam di dalam hadits….
        Jangan sok2 tahu hadits2 ada shahih, dhaif dlsb, itu semua kerjaan manusia, untuk suatu pedoman relijius/syariah/iman orang tak boleh menyandarkan nya pada sesuatu yang dinilai atas pertimbangan manusia….
        semoga otak anda yang salah dapat menerima…

        Salam
        LOGIC

  22. mas naruto coba tunjukan pada kami seandainya syariat islam tegak di indonesia sistem islam yang bagaimana yang akan mas naruto pakai baik sistem pemerintahan, kontrol terhadap jalannya pemerintahan, bagaimana sikap terhadap orang yang berbeda bahkan yang beda agama,perekonomian dan semua sistem yang mengatur hajat hidup orang banyak tentu saja semua yang berlandaskan Alquran dan Alhadist yang tersurat. Atau kasih contoh sebagian kecil peraturan yg dibuat oleh thogut yaitu aturan berlalu lintas sekarang,bagaimana anda membuat aturan berlalu lintas seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah tentu saja yang ada landasan hadistnya.
    Masalahnya saya bingung dengan penafsiran anda itu terhadap yang selain islam adalah tidak berlaku jadi tolong konkritnya sajalah seandainya anda jadi khalifah indonesia.

  23. logic

    mas Naruto….

    hadits2 mengajarkan(kalau saya gak salah, abis sudah males dan muak baca2 hadits), nabi muhammad sukanya sebelah kanan….makanya di system khalifah aturan lalu lintas akan dirubah menjadi berjalan disebelah kanan dan semua mobil harus dirubah setirnya dengan alasan keamanan, habis kalau enggak nanti ada tabrakan lalu meninggal harus balas membalas hukumannya saling menabrakkan mobil….

    ini bercanda aja, tapi agar anda tahu bahwa kita diminta bermusyawarah(AlQuran lho musyawarah ini), berfikir yang positif….

    salam
    LOGIC

  24. logic

    mas Kaffir itu Najis….
    sekali lagi saya mengajak anda mempelototi AlQuran dan mencari ‘hukum rajam’ didalamnya….
    ada atau enggak….
    salam
    LOGIC

  25. To logic dan taufiq
    Semoga Alloh menjernihkan cara berfikir kalian….
    Masalah lalu lintas kok dibawa2 ke Ideologi…
    Itu sekali lagi urusan MUAMALAH, yg tdak secara detail dijlaskan dlam Qur’an.Apakah dijaman Rasul Saw sudah ada Jalan Raya, Rambu2 lalu lintas, polisi lalu lintas…Itu urusan peradaban….!. Dimana rasul saw sendiri sdah bersabda,”KALIAN LEBIH TAHU URUSAN DUNIAWI KALIAN….”.
    Peradaban sentiasa akan berubah, tapi urusan IDEOLOGI, SISTEM HIDUP, AQIDAH harus berpedoman kpd al-Qur’an….!

    • islam

      itulah Mas,,,memang susah ngomong dengan orang yg cara berpikirnya seolah-olah ilmiah, padahal hanya mempertontonkan kebodohan dan kesesatan pikirannya…simak aja dari awal komennya…pasti mbulet alias muter2 aja ga ada ujung…Semoga kita semua diberi petunjuk

  26. Alloh sdah berfirman,”Bagi laki2 yng berjina dan perempuan yg berjina, maka RAJAMLAH mereka dengan seratus kali dera. Dan janganlah kamu merasa berbelas kasihan dalam menegakkan hukum. Dan hukuman trhadap mereka agar disaksikan oleh orang2 beriman (Qs an-Nur : 2)

    • david trisnadi

      bah, kebudayaan Arab itu, bukannya Allah yang berfirman. Emang ente pernah ketemu Allah?
      skarang gini aja dah, biar orang yang tidak berdosa lempar batu duluan. Ente sudah tidak berdosa? ane sih ngga berani.

  27. @ taufiq
    Dalam pemerintahan islam, orang2 non muslim mndapat perlindungan hukum, mereka diwajibkan mmbayar Jizyah/pajak perlindungan. Bagi muslim mmbyar Zakat.
    Namun bagi non muslim ataupun muslim sendiri yg melakukan bughot/pemberontakan, mmbuat aliran2 sesat, sempalan, liberal yg merusak AQIDAH umat, dperangi. Sebagaimana yg tlah dilakukan oleh Khalifah Abu Bakar shidiq terhadap Nabi Palsu, Musailamah al-Kadzab.

    Jadi jngan mncari2 dalih u/menolak hukum2 Alloh yg insya Alloh akan tegak sempurna stlah Futuh Islam. DENGAN MEMBUAT ILUSTRASI PERATURAN LALU LINTAS, ANAK TK SEKALIPUN AKAN TERTAWA…, ILUSTRASI PERATURAN LALU LINTAS RELEVANSINYA DENGAN Syari’at Islam sangat jompang skali.
    Dalam hal tekhnis pelaksanaan (sepanjang tdk bertolak blakang dgn Syar’i) Islam mmbolehkannya.
    Contoh Rasul Saw menerima usulan dari Salman al-Farisi dalam strategi perang Khondaq yg memakai sistem orang2 Persia, yg notabene beragama MAJUSI.

  28. haheho

    mau nambahin hal2 yang menghina nabi:
    *tak berpegang pada al-qur’an dan as-sunnah
    *menyimpangkan ajaran nabi
    *memperbolehkan menikah lintas agama
    *menyatakan semua agama benar padahal jelas2 di Al-Qur’an bahwa Islam lah agama yang di-ridhoi Allah SWT
    *Dan banyak lagi hal2 lain yang ternyata org2 JIL lah yang melakukannya.

    • tralalala

      ada apa dengan pernikahan lintas agama? dosa?
      ada apa dengan agama diluar Islam? sesat?
      jika begitu kenapa anda masih tinggal di Indonesia?
      karena Indonesia berasaskan ‘Bhineka Tunggal Ika’, yang mana perbedaanlah yang membuat Indonesia berdiri, unik, dan ada sampai sekarang. jika anda berpikir demikian, berarti anda tidak mau bekerja sama dengan saya (non-islam) maupun yang Islam Moderat sendiri untuk bersama membangun Indonesia, jadi buat apa anda masih di Indonesia? tidak ada dana ke luar negeri?

      saya, walaupun non-Islam, saya tahu kalau Islam adalah agama yang baik, taat, patut dicontoh. tapi jika anda sebagai Islam berpikir seperti itu, anda masih berharap saya yang Non-Islam masih mau menghormati anda? justru karena orang seperti anda nama Islam jadi jelek dimata masyarakat non-Islam. saya bersyukur saya mempunyai teman-teman Islam yang baik, moderat, dan kami saling menghormati satu dengan yang lain, dan mereka bukan Islam KTP, jika itu yang anda pikirkan.

      terima asih, damai bagi Indonesia

      • islam

        @tralala…sebagai org beriman harusnya percaya bahwa agamnyanya yg benar. Kalau mengakui agama lain jg benar, percuma dongk capek2 milih agama…Anda pun harus begitu: Anda harus yakin agama Andalah yg benar yg lain salah…Tapi dalam urusan kemanusiaan marilah kita bekerjasama, tidak ada masalah…mari kita bangun NKRI

  29. habibhasan

    heheho, uswah, naruto,
    kalian mirp sekali dengan kategori 5, 6,7…

  30. capeeek deh,peraturan lalu lintas hanya contoh yg simpel yang diadopsi dari orang kafir coba dijawab dengan santun bagi saya kalau syariat tegak implementasinya bagaimana? yang kecil2 saja tidak terjawab apalagi yang fundamental. Belum tegak saja sudah memandang orang yang berbeda penafsiran sudah seperti itu saya tidak bisa membayangkan seandainya anda memerintah. saya mau nanya nih apa sih kriteria mana yang muamalah dan yang bukan? karena gerakan seperti anda selalu pakai istilah islami jadi semua sektor harus yang islami misal berlalulintas yang islami.
    Kecemasan saya adalah setelah anda memegang tampuk kekuasaan anda malah bingung apa yang harus dilakukan.
    Sekali lagi saya lagi belajar jadi jawablah pertanyaan saya dengan baik, gamblang dan jelas bukan dengan mencela pertanyaannya. Dan ingat saya tidak mencari-cari dalih agar hukum islam tidak tegak saya hanya mengajukan langkah kongkrit supaya perjuangan anda mendapat simpati.
    Susah susah kalau cara berdiskusinya seperti itu mending saya ngurusi orang orang yang membutuhkan kerja nyata saya aja deh, mas habibhasan teruskan perjuanganmu untuk menjadikan Islam lebih ramah bermartabat dan sebarkan kasih sayang terhadap semua ciptaanNya.Tunggu komentar2 saya selanjutnya,udah ah ada pasien nih aku praktek dulu deh

  31. seandainya Habib dan taufiq tdak membawa2 & mngatanamakan islam dlm komntarnya.Mngkin tdak akan dikomntari kmntarnya. Namun berhubung rasa belas kasihan kpp pmahamannya yg trlalu dangkal ttg Islam, jd dgn trpksa dikomntari.
    Jdi seandainya anda mau berbicara ttg Liberalisme, jgn mmkai nama islam.Liberal dgn Islam itu ibarat air dgn minyak.Sudahlah agama anda AGAMA LIBERAL saja, jadi saya akan mmpersilahkan anda dgn pmahamnnya, itu hak anda.
    Tapi kalau sdah MMPERBODOH umat dgn bahasa2 seolah dari Islam, padahal bukan. Maka hak saya untuk mengcounternya.

  32. habibhasan adan taufiq
    anda mirip sekali dengan Bani Israel yang menolak perintah Nabi Musa As untuk menyembelih Sapi. Krena hndak menolak perintah itu, maka diajukan pertanyaan2 yg tdak prinsipil, sapinya betina apa jantan, warnanya apa, tinggal dmana?dan bla-bla-bla….lihat dlam Qs al-Baqoroh.
    Aturan lalu lintas dalam islam bagaimana, Polisinya pakai seragam apa, suka nilang gak polisinya, rambu2 lalu lintasnya warna apa…, warna abu, hitam atow coklat…?

  33. habib
    Ini bukan sebatas perbedaan pendapat, tapi penyerangan terhadap prinsip2 AQIDAH, itu yg tidak anda sadari. Anda terjebak dengan simbol2 islami, nama2 yng mncatut islam. Padahal hndak mnghancurkan Islam. Maka ini wajib dilawan. Kalau anda merasa dikafirkan, itu kegeeran anda saja..klo itu yang anda rasakan dgn pemikiran2 anda dan orang2 JIL yang nyeleneh, yah saya bersyukur…!. Jadi saya tdak akan mngomntari lagi Pemikiran murahan anda.
    Dan sudahlah agama anda ganti aja dngan Agama Liberal, Agama plural, Agama campur aduk, Agama Gado-gado.

    taufiq
    Bagaimana bisa terjadi kasih sayang, kedamaian terjalin kalau mereka, orang2 Yahudi itu snantiasa mmusuhi Islam dgn berbagai cara, pemikiran, propaganda. Ketika mereka mmbantai Islam, media tidak bersuara bahkn mlindungi dgn antek2nya disusupkan kdalm JIL diantaranya, ketika islam melakukan perlawanan mereka menuduh teroris, radikal. Agar Islam harus damai, diam, jangn melawan, jangan bangkit…!

    Bagai anak kecil yg dipukul, mereka mlindungi si pemukul, dan mngharuskan anak yg dipukul diam saja. Jika mau melawan, maka diberi premen, diiming-imingi harus berkasih sayang antar sesama.

  34. Orang2 beriman itu tdak haus kekuasaan, tidak berniat mnjadi penguasa. Tapi Alloh-lah dgn hukumnya yg harus berkuasa, apabila diberi amanah mmgang pemerintahan harus siap dgn konskwensinya, tanggung jawabnya.Bukan berebut seperti anjing klaparan, sebngaiaman yg kini dipertontonkan di masyarakat sekuler/Jahili.
    Sebelum saya mnyampaikan prinsip2, kriteria2 Islam bila berkuasa, maka yg seharusnya dilakukan adalah menyimak bahwa komentar anda sejauh ini adalah pmikiran2 para orientalis…baru stlah disadari akan disampaikan Kebenaran al-Islam.OK

  35. Bib bagaimana ini kita dibilang kafir islamnya masih dangkal,waduh. Tapi tenang aja bib saya udah konsultasi ke bapak saya yang kyai ndeso cuman bisa khatam 15 kali perbulan beliau hanya ngajarin santrinya di surau kecil tentang tafsir Alquran cuman bertarekat nakhsabandi dan saya anggap dekat dengan Allah katanya : tidak usah khawatir yang menentukan kafir tidaknya itu hanya Allah dan beliau tidak menyalahkan pandangan kita bib dan juga pandangan saudara kita naruto dan uswah karena setiap perbedaan pasti ada hikmah yang dapat kita petik,SubhanaAllah pandangan seorang sufi memang luar biasa bapak masih bisa tersenyum anaknya dibilang islamnya dangkal dan kafir lagi padahal beliau mendidik saya bertahun-tahun, PLONG rasane atiku bib. Ok saya mohon kepada saudaraku naruto dan uswah kita sudahi saja diskusi yang tidak berguna ini dan sudah tidak fokus pada materi tetapi sudah menjurus ke personnya,terima-kasih

  36. habibhasan

    ya uswah,
    taukah ente tentang apa itu liberal? apa bedanya dengan Islam liberal? mengapa mereka mengatakan dirinya islam liberal? bukalah kamus dan cari kata ‘liberal’ itu, lalu sandingkan dengan islam. jangan lah berfikir berdasarkan perkataan orang lain yg mengaku dirinya ustad dan yg merasa leih pintar.

    ana fiki biarkan saja ada Islam liberal, Ahmadiyah, Lia Eden, ada Al Qiyadah, dan yg lain2….Islam yg benar dilindungi oleh Allah, tak akan berkurang setitik pun, adanya mereka bahkan memperlihatkan keagungan Islam yg hakiki…yang marah dan merasa tersinggung dengan adanya mereka ini sama seperti anak kecil yg diledek oleh anak kecil lain tentang bapaknya…lalu berkelahi hanya karena urusan kecil…ana tidak akan terpancing oleh fikiran anak kecil semacam itu…

    • senjata makan tuan

      Anda harusnya konsisten, biarkan aja org2 islam mempermasalahkan JIL, Ahmadiyah, Lia Eden. Mrk jg khan berpendapat spt Anda. Kalo Anda bersikap seperti ini berarti Anda juga seorang anak kecil atau org yg kebakaran jenggot, hehe

    • sejarah kerosulan Muhammad : beliau d tindas, d fitnah, d dzalimi, d sakiti, bahkan d ancam n d teror dgn pembunuhan, tapi rosul tidak pernah sedikit pun dendam n marah kepada kaum quraish dkk yg telah melakukan kejahatan terhadap dirinya n para sahabat, bahkan beliau memaafkan mereka ketika datang menguasai makkah al mukarramah setelah sekian tahun terusir dari tanah kelahirannya, tahukah kalian peristiwa yastrib, kaum yg mengusir n melempari rosul hingga berdarah2 sampai2 malaikat djibril datang kepada rosul n mnganjurkan rosul berdoa agar bangsa yastrib d hancurkan Tuhan, tapi apa yg d lakukan rosul..?? beliau malah memaafkan kaum yastrib n berdoa u kebaikan mereka (yastrib). bukan ini suritauladan hidup yg sangat indah..?? umat islam ingin mencontoh rosul atau ulama2 kasar n bringas..??

  37. logic

    naruto menulis :
    Alloh sdah berfirman,”Bagi laki2 yng berjina dan perempuan yg berjina, maka RAJAMLAH mereka dengan seratus kali dera. Dan janganlah kamu merasa berbelas kasihan dalam menegakkan hukum. Dan hukuman trhadap mereka agar disaksikan oleh orang2 beriman (Qs an-Nur : 2)

    nah kelihatan kan sekarang Naruto ternyata tidak mengikuti AlQuran….tetapi mengikuti nabinya sendiri yaitu Bukhary, Muslim dll….

    Semoga kita terselamatkan dari orang2 yang mau mempermalukan islam seperti groupnya Naruto ini….

    salam
    LOGIC

  38. logic

    untuk Naruto,
    di AlQuran, ada 4 item yang diharamkan, itu saja….
    Sekarang, menurut agamanya Naruto apa saja yang diharamkan ? PAsti lebih banyak ya….ngikutin agama yang lain sih, terus ngakunya islam….
    hehehe
    salam
    LOGIC

  39. To om taufiq
    Syukurlah anda sudah menyadari bahwa islam anda, anda dapatkan dari nenek moyang,bapak, om, tante, uwak. Bukan dari pemahaman dan keyakinan pribadi, persis firman Alloh dalam Qs 2:170 dan Qs 5:104,”Jika mereka diseru untuk menjalankan apa yg disampaikan oleh Alloh dan RasulNya, mereka menjawab CUKUPLAH APA2 YG DATANG DARI BAPAK2 KAMI, walau bapak2 mereka tidak mengetahui dan tidak mendapat petunjuk”. Pantaslah…!

    Slamat berjuang saja ya om, anda di Agama anda, agama apa yah namanya….?Lakum diinukum waliyadiin…Laa ikroha fiddin….(Qs 2:236)

  40. Kasihan yah dek logic, baca Qur’an huruf Arabnya saja…., jadi dikiranya al-Qur’an karena bertuliskan Arab…eh tahu-tahunya karya Salman Rusdie….Pantaslah….!.
    Daaah dek…., moga2 Alloh mmpertemukan kita setelah adek rajin belajar Qur’an-nya, tapi belajarnya jangan ke Ki Joko Bodo yah…!. Sulit daah bertemunya….

  41. Bah Habib…
    Dalam kamus, Liberal itu artinya BEBAS, BEBAS BERFIKIR, BEBAS BERKREASI, BEBAS BERZINA ASAL SUKA SAMA SUKA….BEBAS BERGOYANG NGEBOR dan SERBA BEBAS daaah….!
    Sementara Alloh berfirman, “Jika Kebenaran itu berdasarkan Ahwaahum/sekehendak hati dan fikiran mereka, maka akah hancurlah langit dan bumi beserta isinya.

    Abah berkata,
    biarkan saja ada Islam liberal, Ahmadiyah, Lia Eden, alQiyadah…Islam yang benar dilindungi oleh Alloh. Lalu kenapa Alloh mengutus RasulNya… dan Rasul harus susah-susah berjuang memberantas segala bentuk Togut (kesyirikan, kesesatan, kejahiliyahan)…Ah enakan tidur kalau gitu…sambil nonton goyang dombret.Enak daaaaah….!
    Kalau begitu salah benar menurut Abah tindakan Khalifah Abu Bakar Shidiq yang memerangi Nabi Palsu, Musailamah al-Kadzab dan orang-orang murtad….??????!!!!
    Islam apaan namanya nih……????????

  42. “JIka kebenaran itu berdasarkan ahwaahum/sekehendak hati dan fikiran mereka, maka akan hancurlah langit dan bumi, beserta segala isinya….(baca Qs al-Mu’minun [23]:71).

    Namun ketika dimohon untuk tidak mmbuat kerusakan dgn pemikiran nyeleneh/liberalnya. Mereka menjawab, kami sedang berbuat kebajikan…”Dan jika mereka diseru untuk tidak membuat kerusakan, mereka menjawab sesungguhnya kami telah berbuat kemaslahatan.Ingatlah,Sesungguhnya mereka, mereka itulah yang telah membuat kerusakan. Tetapi mereka tidak menyadarinya”(Qs al-Baqoroh[2]:11-12)

  43. logic

    mas Naruto,
    kalau sudah kelihatan belangnya jangan ngamuk begitu dong hehehe….
    Saya sarankan mas Naruto segera kembali ke agama islam yang benar, menurut pada AlQuran dan melupakan islam menurut mas Naruto yang sekarang mas Naruto anut….
    salam
    LOGIC

  44. logic

    sekalipun mas Naruto terlihat sebagai ‘orang yang tersesat’ tetapi islam menurut AlQuran tidak menuntut adanya ‘hukuman mati’ bagi yang tersesat seperti mas Naruto….
    Check lagi AlQuran nya, bagaimana sebenarnya hak orang untuk memilih agamany6a didunia….
    hehehe
    salam
    LOGIC

  45. Manusia Bertanya : Kenapa aku diuji ?
    Qur’an Menjawab : Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? (Al-Ankabuut : 2). Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (Al-Ankabuut : 3)

    Manusia Bertanya : Kenapa aku tidak diuji saja dengan hal-hal yang baik ?
    Qur’an Menjawab : ………. boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al-Baqarah : 216)

    Manusia Bertanya : Kenapa aku diberi ujian seberat ini?
    Qur’an Menjawab : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya………. (Al-Baqarah : 286)

    Manusia Bertanya : Bolehkah aku frustrasi ?
    Qur’an Menjawab : Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (Ali Imraan : 139)

    Manusia Bertanya : Bolehkah aku berputus asa ?
    Qur’an Menjawab : ………..dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir. (Yusuf : 87)

    Manusia Bertanya : Bagaimana cara menghadapi ujian hidup ini?
    Qur’an Menjawab : Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung. (Ali Imraan : 200) Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’. (Al-Baqarah : 45)

    Manusia Bertanya : Bagaimana menguatkan hatiku?
    Qur’an Menjawab : ….Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal……. (At-Taubah : 129)

    Manusia Bertanya : Apa yang kudapat dari semua ujian ini?
    Qur’an Menjawab : Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka………. (At-Taubah : 111)

  46. logic

    alhamdulillah,
    mas salah sambung sudah mulai mengerti….

    Cukuplah Allah bagiku…..

    gak usah ditambah2 hadits2 buatan manusia yang dipuja2 oleh Naruto dkk….

    salam
    LOGIC

  47. Manusia makhluk Allah yang mulia, diciptakan dan diberi ilmu pengetahuan sehingga mengalahkan sekalian makhluk yang ada, lalu dengannya Allah memerintahkan para Malaikat bersujud kepada Adam, malaikatpun mentaati perintah tersebut.
    Demikianlah pentingnya ilmu tersebut, para malaikat dan Iblis diperintahkan bersujud kepada Adam, Malaikat bersujud dan Iblis enggan, karenanyalah Allah mengutuknya dan menjadikannya kafir, Allah berfirman mengisahkan hal itu:

    Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat:”Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS. 2:34).

    Melihat hal ini, tentunya kita semua harus bersyukur kepada Allah dan tidak ingin merugi, seperti Iblis tersebut. Untuk itu Allah perintahkan kita untuk berilmu, beramal, berdakwah dan bersabar, sebagai jalan menuju kebahagian dan keuntungan.

    Allah berfirman:

    Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. (QS. al-Ashr 103:1-3)

    Berilmu dengan mengenal Allah, Rasul dan AgamaNya, tiga hal yang akan dipertanyakan didalam kubur nanti, sebagaimana sabda Nabi :

    Dari al-Baroo’ bin ‘Azib dari Nabi beliau bersabda: Allah menetapkan orang yang beriman dengan perkataan yang kokoh, berkata:”diturunkan ayat ini pada adzab kubur, lalu ditanya sang mayit: siapa robbmu? Lalu dia menjawab:’Robbku Allah, Nabiku Muhammad “HR muslim.

    Oleh karena itu, kenalilah Allah dengan benar! agar selamat dunia dan akherat.

    Mengenal Allah ta’ala, perkara yang sangat penting dan mendesak, hal ini merupakan kebutuhan yang sangat primer, lebih mendesak daripada kebutuhan terhadap air, matahari dan udara, karena kita semua tidak akan bisa lepas dari Allah, walaupun sedetik saja. Sedangkan kebutuhan terhadap air, matahari dan udara dapat ditunda barang sejenak.

    Akan tetapi dewasa ini, muncul orang yang mengaku muslim, tetapi tidak mengenal Allah. Ditanya tentang Allah dan sifat-sifatnya, dan menjawab: “tidak tahu” atau sok tahu dan salah jawabannya!! Heran memang!? Tapi demikianlah kenyataannya, lalu…kalau sudah menjadi kenyataan, apa yang dapat kita perbuat? Jawabnya, kembali belajar dan meneliti ayat-ayat kauniyah dan syar’iyah yang telah Allah turunkan kepada kita, sebagai petunjuk untuk mengenalNya. Sehingga kita dapat mengenal kebesaranNya.

    Allah berfirman:

    Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS. al-Baqaroh 2:164.). demikian juga firmanNya:

    Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran. (QS. Shood 38:29) dan firmanNya:

    Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-Qur’an? Kalau kiranya al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (QS. an-Nisaa’ 4:82)

    Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan.Dan langit, bagaimana ia ditinggikan .Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan.Dan bumi bagaimana ia dihamparkan (QS. al-Ghosiyah 88:17-20)

    Allah berfirman:

    Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Rabb Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang .Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah. (QS. al-Mulk 67:3-4)

    Katakanlah:”Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu”. (QS. al-An’am 6:11) dan firmanNya:

    Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyaknya generasi-generasi yang telah kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu, dan Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain. (QS. al-An’am 6:6)

    Cara Mengenal Allah Ta’ala.

    Mengenal sesuatu hanya dapat dilakukan dengan tiga cara:

    Melihat langsung dzatnya, ini tidak mungkin dapat dilakukan terhadap Allah, karena Dia tidak dapat dilihat didunia ini, sebagaimana firmanNya:
    Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (QS. 6:103)

    Melihat dzat yang sejenis atau serupa dengannya, sebagaimana mengenal gajah yang dihutan, dengan melihat gajah yang dikebun binatang. Inipun tidak mungkin dilakukan pada Allah, karena tidak ada yang serupa denganNya, sebagaiman firmanNya:
    Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. 42:11)

    Mengenal dengan melihat dan mendengar beritanya dari sumber yang terpercaya dan absolut. Inilah satu-satunya cara mengenal Allah, karena dua cara diatas tidak mungkin dilakukan, maka dengan cara ketiga inilah kita dapat mengenal Allah dengan benar dan valid.
    Mengenal Allah yang benar hanya dapat dilakukan dengan melihat kembali pada khabar (berita) yang Allah sampaikan tentang diriNya baik dalam Al-Qur’an atau As-Sunnah. Kalau kita melihat kepada dua sumber kebenaran yang absolut ini, didapatkan keduanya berbicara tentang tiga hal, yaitu:

    1. Allah itu ada.

    2. Allah sebagai Robb yang memiliki nama dan sifat yang sempurna.

    3. Allah sebagai Ilah (sesembahan) yang tidak ada sesembahan yang benar kecuali Dia.

    Perlu kiranya kita paparkan dengan singkat tiga hal diatas, agar kita semua dapat beriman kepada Allah dengan benar.

    1. Allah itu ada.

    Keberadaan Allah merupakan perkara yang sudah tidak dapat dipungkiri siapapun yang berakal, karena telah ditunjukkan secara tegas oleh akal, indera, fithroh dan syari’at.

    Dalil Akal:

    ‘Keteraturan alam semesta yang kita lihat ini, benda dan makhluk yang ada didalamnya tidak pernah mengalami benturan dan berjatuhan, matahari dan bulan tidak pernah bertabrakan, malam dan siang tidak pernah terbalik, bahkan kita lihat semuanya dapat berjalan sesuai dengan porosnya dan tempatnya, apakah mungkin mereka semua menciptakan diri mereka masing-masing tanpa ada yang menciptakannya? Ataukah mereka ada begitu saja tanpa pencipta? Tentu tidak mungkin, karena sesuatu yang tidak ada tidak dapat menciptakan dirinya sendiri, dan tidak mungkin ada dengan sendirinya, karena keteraturan alam ini menolaknya.

    Imam Abu Hanifah pernah ditanya orang yang menolak adanya Allah, mereka bertanya: “Buktikanlah kepada kami, Allah itu ada?” beliau menjawab:”Tunggu sebentar!” lalu beliau berkata kepada mereka: “Saya berfikir tentang sebuah kapal laut bermuatan barang yang banyak yang berlabuh didermaga, lalu semua muatannya turun tanpa ada yang menurunkan. Kemudian kapal tersebut berlayar kembali tanpa nahkoda”. Mereka bertanya: “mengapa kamu berfikir demikian, kan hal itu tidak masuk akal dan kami tidak akan mempercayainya?”. Lalu beliau jawab: “kalau kalian tidak mempercayainya, bagaimana kalian percaya matahari, bulan, bintang, langit dan bumi ada tanpa pencipta?”.[1]

    Demikianlah, hal ini diisyaratkan Allah dalam firmanNya:

    Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatupun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri) (QS. 52:35)

    Dalil Indera:

    Kita melihat dalam do’a, misalnya seorang berdo’a kepada Allah, berkata: “Ya, Allah, berilah kami rizqi”. Lalu dikabulkan permintaannya. Kalau begitu tentunya ada dzat yang mendengar do’anya dan mengabulkan permintaannya. Alangkah banyaknya kisah dikabulkan do’a para nabi dalam Al-Qur’an, seperti:

    Dan (ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu ketika ia berdo’a, dan Kami memperkenankan do’anya, lalu Kami selamatkan dia beserta pengikutnya dari bencana yang besar. (QS. 21:76)

    Dalil Fithroh:

    Seorang secara tabiat, kalau ditimpa satu musibah akan ingat kepada Allah dan mengatakan: “Ya Allah”. Sampai-sampai kita dengar dari kaum kafir yang tidak mengakui adanya Allah, ketika mendapatkan musibah mengatakan hal tersebut, tanpa dia sadari, karena fitrohnya telah menunjukkan adanya Allah sebagaimana Allah sampaikan dalam firmanNya:

    Dan (ingatlah), ketika Rabbmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman):”Bukankah Aku ini Rabbmu”. Mereka menjawab:”Betul (Engkau Rabb kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan:”Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Rabb)”. (QS. 7:172)

    Dalil Syar’i:

    Ini sangat banyak, bahkan semua syari’at, jika diteliti, menunjukkan adanya Allah, karena siapakah yang menurunkan syari’at? Allah berfirman:

    Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-Qur’an? Kalau kiranya al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (QS. 4:82)[2]

    Demikian juga adanya para rasul dan agama yang bersesuaian dengan kemaslahatan umat manusia menunjukkan adanya Allah, karena tidak mungkin ada agama dan rasul kecuali ada yang mengutusnya. Akan tetapi agama-agama yang ada selain Islam telah mengalami penyimpangan dan perubahan sehingga mereka menyimpang dari jalan yang lurus.

    2. Allah sebagai Robb yang memiliki nama dan sifat yang sempurna.

    Setelah kita mengenal dan mengimani keberadaan Allah sebagaimana telah dijelaskan diatas, maka perlu kita kenali Allah sebagai robb yang telah menciptakan, memiliki dan mengatur semua makhluknya, Dialah satu-satunya pencipta yang mengadakan sesuatu dari ketidak adaan, Allah berfirman:

    Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya:”Jadilah”. Lalu jadilah ia. (QS. 2:117)

    Dialah satu-satunya pemilik sebagaimana Dia adalah satu-satunya pencipta, demikian juga Dia pengatur satu-satunya yang mengatur segala sesuatu. Semua ini diakui oleh kaum musyrikin Mekkah, sebagaimana diberitakan dalam Al-Qur’an:

    Katakanlah:”Siapakah yang memberi rezki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan yang mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan” Maka mereka menjawab:”Allah”. Maka katakanlah:”Mengapa kamu tidak bertaqwa (kepada-Nya)?” (QS. 10:31)

    Firman Allah:

    Katakanlah:”Kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya, jika kamu mengetahui” Mereka akan menjawab:”Kepunyaan Allah”. Katakanlah:”Maka apakah kamu tidak ingat?” Katakanlah:”Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya ‘Arsy yang besar?” Mereka akan menjawab:”kepunyaan Allah”. Katakanlah:”Maka apakah kamu tidak bertaqwa?” Katakanlah:”Sipakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui?” Mereka akan menjawab:”Kepunyaan Allah”. Katakanlah:”(Kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?” (QS. 23:84-89)

    Firman Allah:

    Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka:”Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab:”Allah”, maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah), (QS. 43:87)

    Ini semua menunjukkan imannya kaum musyrikin terhadap rububiyah Allah, akan tetapi hal ini tidak cukup untuk menyelamatkan mereka. Memang demikianlah, sebab mereka belum merealisasikan iman mereka terhadap Allah sebagai satu-satunya sesembahan.

    ——————————————————————————–
    [1] Muhammad bin Sholih al-Utsaimin, Syarah hadits Jibril, hal.148.

    [2] ibid hal.149
    Oleh
    Syeikh Muhammad ibn Sholeh AL-Utsaimin.

  48. Sudah saya bilangin, adek logic jangan banyak bicara dulu…entar sakitnya kambuh lagi dah….
    Sudah netek dulu sana aja gih…., atow bobo dulu…, atow dengerin dongengnya mbah kakungmu Gus Dur.Mbahmu mo bilang, beliau mimpi di kayangan syurga loka lagi bercengkrama dgn Sidarta Gautama, Putri Diana, Bunda Theresa, Romo mangunwijaya juga mas Cak Nur…lagi nonton bidadari lagi goyang ngebor…
    Ck..ck…ck dek logic..dek logic ngomong islam nyambi makan Loli, jadi keselek dech…!….hehehe

  49. logic

    wah mas salah sambung,
    tadi udah AlQuran aja sekarang kok ditambah2 sama hadits….
    gak ada itu ajaran mayit ditanya2…ajaran kayak gitu dari hadits tuh dan bertentangan dgn AlQuran….
    sama seperti perintah shalat, shalat itu diajarkan ke Ibrahim, lalu di AlQuran dijelaskan waktu2nya, bukan didapat saat Muhammad pergi kelangit lalu tawar menawar dengan Allah karena dikompori Musa hehehehe….

    Mari kita luruskan ke’islaman’ kita….jangan kita berpura2 ada syariah, semuanya harus dimusyawarahkan untuk menghasilkan hukum dunia yang disepakati bersama….jangan buta taklid patuh pada tulisan2 orang dari timur tengah sana hehehehe

    salam
    LOGIC

  50. logic

    buat adikku Naruto….
    Allah menset usia dimana manusia dianggap dewasa, dan alhamdulillah, putri Diana yang baik itu, ditakdirkan meninggalkan dunia ini sebelum mencapai usia kedewasaannya….sehingga, besar kemungkinan, beliau masuk ke dalam surgaNya….
    Check lagi AlQuranmu dik Naruto, jangan habis2an berguru sama habib Rizieq, nanti disuruh minum kencing onta juga kamu jadi mau karena kamu percaya hadits….

    gunakan otakmu dik Naruto hehehehe
    salam
    LOGIC

  51. he he gue beragama nggak ngikutin orang2 tua gue belajar agama pakai guru soalnya kalau gue langsung belajar Alquran dan Alhadist tanpa guru takut guru gue malah syaiton kayak dek naruto,gue sedih sebetulnya telah kehilangan saudara seiman karena gue teringat man kafaro muslimun wahuwal kafiruun barangsiapa mengkafirkan saudaranya muslimun maka dialah yang kafir,sekarang diskusinya guyonan ajalah biar nggak stress he he he

  52. Sudahlah, apa sih enaknya cari bener sendiri-sendiri kayak gini. Lakukan yang terbaik menurut nurani masing-masing. Biarkan Allah kelak yang menghakimi kita.

  53. Hehehe… akhirnya bocah ingusan yang bernama logic ngaku juga klo agamanya agama balakaciprut, agama genderewo.
    Putri Diana yg hobi BUPATI(Buka paha tinggi2) dan pamer SEKWILDA (Sekitar wilayah dada) akan masuk syurga?. Emang syurganya engkong lu….!.
    Semoga aja bocah ingusan yang sok intelek ini mimpi ketemu sang putri…dan…mimpi basah dech….!hehehe
    Salam Prihatin (ck…ck…ck…!)

  54. aeh adek logic udah bangun…., buang ingusnya dulu dech…,jijik dah…!.
    Adek….!Abang gak punya hubungan sama Habib Rizieq, bahkan smakin tak simpati aja dgn beliau beserta pasukannya yg bawa2 pntungan kayak Satpol PP waktu bilang “FPI akan mmpertahankan Negara Kufur RepubiK I…..!. Negara Jahil yg udah sekarat aja mau dipertahanin…mimpi kali yeh…!.

  55. Yg jelas pasukan ekstrimis macam FPI dan HTI vs Pasukan Liberalis macam JIL dan AKK-ABB akan “dipelihara” untuk terus bertikai…agar penguasa Sekuler ini gak ada yg ganggu pas bikin proyek korupsinya dan proyek2 lainnya????????.
    Jadi FPI, HTI dan JIL besrta AKK-ABB adalah saudara kandung, yang lahir dari rahim yang sama. Rahim IBU PERTIWI…ibu yang cengeng (habis doyan nonton telenovela sich…!).
    Karena cengeng maka Ibu pertiwi ini tdak jua mandiri dan slalu tergantung sama pamannya yang bernama PAMAN SAM, alias om USA (United States Amrik)….!
    Salam Ksian dech luuu….

  56. Kaffir itu najis !!!

    Buat adik naruto
    mohon kalau ngomong pakai ilmu,
    HTI,FPI,AKK-BB lahir dari rahim yang sama ????
    anda saya nilai hanyalah orang awam yang terlalu sering nonton film detektif conan yang penuh konspirasi basi.
    Lihat aja di blog ini, JIL malah sering menyudutkan FPI,HTI,MMI, dsb karena mereka tahu 3 ormas ini paling vokal dalam penegakan nahi mungkar dan mengusung ide2 khilafah…

  57. logic

    Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai EMPAT PULUH TAHUN ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.

    Banyak orang tidak terlalu mengerti perintah ini, apalagi yang beragama AlQuran + Hadits….Pada intinya hanya Allah yang menentukan akilbalik seseorang dan bukanlah ajaran2 dari hadits….Allah memberi waktu yang panjang bagi manusia untuk men’tahuhid’kan dirinya dan kepasrahan akan tauhid itu biasanya seiring dengan kedewasaan jiwa….Jika mengikuti hadits2 maka kedewasaan dicapai pada usia yang sangat muda, tetapi AlQuran tidfak berbicara kedewasaan seperti ini, kedewasaan AlQuran adalah kedewasaan jiwa dan ini diingatkan AlQuran secara tak langsung dalam bentuk perintah dan keharusan berikrar, bertetap hati tentang ketuhanan/ketauhidan bahwa sampai usia 40 telah tercapailah usia kedewasaan jiwa manusia untuk memilih dan memutuskan….

    Tentunya jiwa2 yang baik dan berada dalam lingkungan yang sulit baginya untuk menemukan cahaya tauhid akan diberi putusan yang adil oleh Allah, seringkali mereka ditetapkan usianya sd 40 saja sebelum mencapai kedewasaan jiwanya dipanggil oleh Allah….dan ini terjadi pada banyak orang dalam sejarah dunia….termasuk Imam Samudera….

    Lady Di, Rahman Hafidz, Aktivis yang diculik, Munir, Martin Luther King, Malcolm X, pegawai2 Chernobyl yang menolong banyak orang, dan banyak lagi dalam sejarah dunia, termasuk prajurit2 muda yang tak tahu mereka berperang untuk apa, mereka semua dipanggil jiwanya oleh Allah sebelum mencapai usia kedewasan jiwa yang ditentukan oleh Allah…..

    Bagi yang banyak merenung, akan banyak terlihat apa yang diajarkan ALQuran, bagi yang hanya menjadikan dan berfikiran AlQuran bukan buku yang lengkap, niscaya akan sulit menemukan mutiara makna didalamnya…..

    salam
    LOGIC

  58. logic

    Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.

    Betapa indahnya AlQuran dan betapa maha adilnya Allah….Diampunkan dosanya orang2 itu yang sd usia 40 sempat meminta dan berikrar/berketetapan hati….bagi yang tak mencapainya….????….tentulah Allah maha Adil dan ampunannya tak memandang besar kecil dosa….

  59. Nabi Muhammad s.a.w adalah sebaik-baik penyampai, sebaik-baik pembimbing. Baginda s.a.w berkemampuan menyampaikan menurut tahap akal dan suasana kebatinan seseorang. Ahli falsafah mampu menerima pengajaran baginda s.a.w dan ahli kerohanian juga mampu menerimanya. Orang yang semata-mata bertaklid kepada baginda s.a.w juga mampu menerima pengajaran baginda s.a.w. Apa yang baginda s.a.w ajarkan akan terhunjam ke dalam akal fikiran dan hati nurani seseorang. Kalam yang keluar daripada mulut baginda s.a.w menanamkan pengertian pada akal dan penghayatan pada jiwa. Apabila baginda s.a.w mengajarkan ayat-ayat al-Quran, maksud yang sebenar dari ayat-ayat tersebut akan terpahat pada fikiran dan hati sahabat-sahabat baginda s.a.w. Walaupun baginda s.a.w menyampaikan melalui perkataan dan perbuatan tetapi baginda s.a.w juga mampu berkomunikasi secara langsung dengan akal dan hati nurani. Perbuatan dan perkataan baginda s.a.w bertindak sebagai kunci yang membuka tabir hijab yang menutupi akal dan hati. Mata akal dan mata hati menjadi celik apabila menerima sentuhan perkataan dan perbuatan baginda s.a.w. Para sahabat yang menerima pengajaran secara langsung daripada baginda s.a.w akan mengalami perubahan dengan mudah, sesuai dengan apa yang baginda s.a.w ajarkan. Sebaik sahaja baginda selesai membaca ayat yang mengharamkan arak maka pada ketika itu juga para sahabat baginda s.a.w membuang tabiat meminum arak. Sebaik sahaja baginda s.a.w selesai menyampaikan perintah sembahyang fardu lima waktu sehari semalam, maka pada ketika itu juga para sahabat baginda s.a.w masuk ke dalam arus sembahyang fardu lima waktu sehari semalam. Apabila baginda s.a.w menyampaikan kewajipan berpuasa pada bulan Ramdhan, maka pada bulan Ramdhan tahun itu juga para sahabat baginda s.a.w melakukan fardu puasa. Apabila baginda s.a.w melantik wakil-wakil untuk menyampaikan surat-surat kepada semua penguasa umat manusia di sekitar Semenanjung Arab, maka dengan rela mereka menjalankan tugas tersebut tanpa menghiraukan mereka akan dibunuh atau tidak dalam melaksanakan tugas tersebut. Apabila baginda s.a.w membacakan ayat tentang Allah s.w.t, maka pada ketika itu juga para sahabat mengenal Allah s.w.t. Sesungguhnya Nabi Muhammad s.a.w memancarkan nur yang menerangi akal dan hati manusia.

    Kebolehan baginda s.a.w yang luar biasa menembusi akal dan hati manusia itu adalah kerana baginda s.a.w dilengkapkan dengan sifat-sifat siddik, amanah, tabligh dan fatanah. Baginda s.a.w membawa dan menyampaikan yang benar, tidak menyembunyikan, tidak mengubah kebenaran dan disampaikan dengan penuh kebijaksanaan. Apabila datang yang benar maka yang batal akan menyingkir. Cahaya kebenaran yang dipancarkan oleh Nabi Muhammad s.a.w menghalau kegelapan yang menyelubungi akal dan hati. Kekuatan cahaya kebenaran yang mampu dipancarkan oleh seseorang pembimbing adalah bergantung kepada setakat mana kesempurnaan sifat-sifat siddik, amanah, tabligh dan fatanah yang dimilikinya. Sifat-sifat tersebut dimiliki oleh Nabi Muhammad s.a.w pada tahap kesempurnaan paling tinggi, paling kuat dan paling sempurna. Oleh yang demikian baginda s.a.w meninggalkan kesan yang paling maksima di dalam penyampaian baginda s.a.w. Baginda s.a.w mampu menyampaikan sesuatu perkara dengan menggunakan perkataan paling mudah dan paling ringkas tetapi memberi pengertian yang sangat luas dan kesan yang sangat mendalam kepada pendengarnya. Selama baginda s.a.w berdakwah 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah, baginda s.a.w menyampaikan 6,666 ayat al-Quran dan kata-kata baginda s.a.w yang dikumpulkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal berjumlah 40,000, dengan kata-kata yang hanya sebanyak itu selama 23 tahun baginda s.a.w sudah menyampaikan dengan lengkap satu agama yang mencangkupi seluruh kehidupan dunia dan akhirat, yang mampu bertahan sehingga hari kiamat. Pekerjaan yang begitu besar dan bidang yang begitu luas baginda sempurnakan dengan tutur-kata yang sangat sedikit. Kemampuan Nabi Muhammad s.a.w itu tidak mungkin dapat dicabar oleh sesiapa pun, walau pada zaman mana sekalipun.

    Nabi Muhammad s.a.w, mahaguru yang paling arif, pembimbing yang paling bijaksana, telah mengasuh satu kumpulan kaum Muslimin untuk memikul tugas berat membimbing umat manusia. Para pembimbing yang diasuh oleh Rasulullah s.a.w merupakan kumpulan pembimbing yang paling baik di kalangan yang melakukan tugas tersebut. Setelah Rasulullah s.a.w wafat, matahari yang mengeluarkan cahaya petunjuk mula condong, awan mendung mula berarak, muncullah bayang menghijab perjalanan. Semakin lama Rasulullah s.a.w meninggalkan dunia ini semakin kurang kesan dan pengaruh yang mampu dihasilkan oleh seseorang pembimbing. Orang ramai telah mengalami kesulitan di dalam mendapatkan bimbingan menuju kepada Yang Haq. Sifat-sifat siddik, amanah, tabligh dan fatanah yang ada dengan orang-orang yang seharusnya menjadi pembimbing sudah sangat berkurangan. Ilmu yang mereka sampai tidak lagi berkemampuan membuka pintu akal dan pintu hati. Dalam keadaan yang demikian orang yang benar-benar mencari Yang Haq hilang keyakinan kepada mereka yang memikul tugas sebagai pembimbing di dalam masyarakat. Pencari kebenaran, setelah gagal memperolehi yang di cari melalui ahli ilmu, telah kembali kepada fitrahnya sendiri. Orang yang kembali kepada fitrahnya melihat satu-satunya jalan yang memberi harapan kepadanya adalah memulakan perjalanan seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad s.a.w ketika dunia diselubungi oleh kegelapan akidah dan akhlak dahulu. Orang ini memilih jalan bersendirian, berkhalwat di tempat yang tidak dikunjungi oleh manusia. Walaupun lari dari manusia tetapi orang fitrah itu membawa bersama-samanya pusaka yang ditinggalkan oleh Rasulullah s.a.w iaitu al-Quran dan as-Sunah. Di dalam suasana bersendirian itulah dia melakukan amalan yang diajarkan oleh al-Quran dan as-Sunah berhubung dengan bidang perhubungan hamba dengan Tuhan. Dalam suasana yang demikian, tidak ada perhubungan sesama manusia. Aspek ini ditinggalkan.

    Jalan fitrah yang diterokai oleh kumpulan manusia yang mengasingkan diri itu menjadi asas kepada jalan yang kemudian hari dikenali sebagai jalan kesufian. Pengasas aliran sufi adalah manusia fitrah yang hidup di dalam masyarakat yang penuh dengan kegelapan, kekeliruan dan ketidak-pastian. Mereka lari daripada kegelapan, kekeliruan dan ketidak-pastian itu sebagaimana Rasulullah s.a.w lari dari suasana jahiliah dahulu. Manusia fitrah yang tinggal sendirian itu melakukan amalan yang diajarkan oleh Rasulullah s.a.w iaitu bersembahyang, berpuasa, berzikir dan lain-lain. Amalan mereka tidak bersalahan dengan syariat, cuma bidang syariat yang ada hubungan dengan orang ramai tidak diamalkan. Amalan cara yang demikian kemudian harinya dipanggil suluk.

    Manusia fitrah yang hidup di dalam masyarakat yang penuh dengan kegelapan jahiliah akan merasai tekanan dan kegelisahan pada jiwanya. Jalan keluar bagi orang yang seperti ini adalah mengasingkan diri di tempat yang jauh daripada orang ramai dan menghabiskan masanya dengan beribadat kepada Allah s.w.t. Sebahagian daripada golongan yang memilih jalan mengasingkan diri akan terus menerus berada di dalam keadaan demikian sementara sebahagiannya pula kembali kepada masyarakat setelah rohani mereka mencapai kematangan. Orang yang memasuki jalan bersendirian terus menerus berada pada jalan kesufian dan yang kembali kepada masyarakat adalah orang sufi yang berpindah dari jalan kesufian kepada jalan kenabian. Orang yang kembali kepada jalan kenabian lebih sempurna perjalanannya dan dari golongan inilah muncul para pendakwah yang membimbing umat manusia kepada jalan Allah s.w.t. Kebanyakan sufi yang telah matang kembali kepada jalan kenabian. Abdul Qadir Jilani, Ibrahim Adham, Junaid, Hasan Basri dan ramai lagi merupakan sufi yang kembali kepada jalan kenabian setelah menyempurnakan jalan kesufian. Mereka adalah ahli sufi yang mengikuti jalan kenabian. Sufi yang kembali kepada jalan kenabian ini mempunyai keperibadian yang kuat dan percampuran dengan orang ramai tidak lagi memberi tekanan kepada jiwa mereka, malah mereka mampu membimbing orang lain untuk berjalan kepada Yang Haq. Bagi orang yang seperti ini pengembaraan pada jalan kesufian merupakan sebahagian daripada latihan memantapkan kerohaniannya bagi melaksanakan tugas sebagai khalifah Allah di bumi. Golongan tersebut adalah orang yang menjadi pilihan Allah s.w.t dalam menegakkan syariat-Nya di atas muka bumi dan memimpin umat manusia kepada jalan lurus yang sebenarnya.

    Peringkat kewalian pada jalan kesufian berbeza dengan peringkat kewalian pada jalan kenabian. Kewalian sufi masuk kepada suasana meninggalkan semua makhluk dan membenamkan ingatan secara terus menerus kepada Allah s.w.t. Kewalian sufi bergerak menghapuskan kehendak diri sendiri dan sifat-sifat kemanusiaan. Sebutan dan ingatan yang terus menerus kepada Allah s.w.t membawa sufi fana diri atau melupakan diri sendiri. Di dalam fana sufi memperolehi jazbah iaitu pengalaman yang berkaitan dengan suasana ketuhanan. Setelah melepasi peringkat fana sufi sampai kepada peringkat baqa atau kekal bersama-sama Allah s.w.t. Di dalam menuju baqa, pada peringkat fana yang paling tinggi sufi hilang kesedaran diri sepenuhnya. Wujudnya hilang dari pandangan dan perasaannya. Hanya Wujud Allah s.w.t sahaja yang menguasainya. Pada peringkat tersebut sufi mengalami apa yang diistilahkan sebagai wahdatul wujud, di mana wujud hamba dengan Wujud Tuhan tidak lagi berbeza pada alam perasaan sufi. Suasana demikian diperolehi akibat didorong oleh rasa kecintaan kepada Allah s.w.t secara asyik mahsyuk yang bersangatan dan pada masa yang sama kesedaran terhadap diri sendiri hilang. Pengalaman wahdatul wujud menimbulkan apa yang diistilahkan sebagai mabuk. Sufi hanya melihat kepada Wujud Tuhan, tidak lagi kepada wujud dirinya dan sekalian wujud yang selain Tuhan. Bila kewujudan diri sendiri hilang dari alam perasaan sufi sering mengucapkan perkataan yang diistilahkan sebagai latah seperti pengakuan bahawa dirinya adalah Tuhan atau Tuhan yang menjadi bakat dirinya.

    Kebanyakan sufi sangat mementingkan pengalaman bersatu dengan Tuhan. Mereka menjalani latihan yang berat-berat bagi menghilangkan kesedaran terhadap diri sendiri, iaitu mencapai fana dan dikuasai oleh kecintaan kepada Allah s.w.t yang mengasyikkan. Bagi memperolehi yang demikian sufi perlu menghapuskan semua keinginannya, sifatnya dan identiti dirinya secara menyeluruh. Pekerjaan yang demikian sangat berat, perlu dilakukan latihan menindas jasad. Latihan yang merbahaya dan luar biasa terkenal di kalangan para sufi di dalam proses meleburkan kedirian mereka. Latihan yang demikian membawa sufi melupakan dunia dan akhirat.

    Orang sufi percaya rohnya adalah Roh yang dari Allah s.w.t, yang suci bersih. Roh yang suci itu dipenjarakan oleh jasad. Sufi berasa berkewajipan membebaskan rohnya daripada penjara jasad dan mencapai tujuan iaitu bersatu dengan Tuhan. Oleh yang demikian sufi mengistiharkan perang terhadap jasad dengan cara menindas keperluan jasad seperti makan, minum, tidur, tutur-kata, pergaulan dan sebagainya. Selagi rohaninya tidak bebas dari pengaruh jasad sufi tidak akan berasa aman. Sikap penindasan terhadap jasad ini menimbulkan kegelisahan, kehangatan dan kemarahan di dalam roh haiwaninya yang menghubungkan rohnya dengan jasad. Tindak-balas daripada roh haiwani itu sering menimbulkan sikap kasar dan agressif pada orang sufi, terutamanya bagi mereka yang berada pada peringkat permulaan melatihkan diri. Setelah dapat menguasai peringkat roh haiwani sufi akan beransur-ansur menjadi tenang dan kesedaran pancainderanya mengecil sehinggalah hilang terus. Dia mencapai kehampiran dengan Tuhan dan seterusnya memasuki suasana bersatu dengan-Nya. Baharulah sufi merasakan kerihatan daripada jihadnya terhadap jasad.

    Jalan yang ditempuh itu menyebabkan sufi gemar kepada yang indah-indah, mendengar suara yang merdu, lagu-lagu kasih, puisi dan cerita-cerita percintaan. Sebahagian daripada para sufi terbawa-bawa kepada berzikir secara menyanyi dan menari sambil diiringi oleh muzik. Keadaan yang demikian menambahkan rasa kecintaan mereka kepada Allah s.w.t dan mengubati kerinduan mereka kepada-Nya. Kerinduan kepada Tuhan sangat menekan jiwa dan menimbulkan kegelisahan yang amat sangat. Aktiviti yang mengasyikkan dapat meredakan tekanan dan kegelisahan tersebut. Perjalanan yang demikian menyebabkan timbul sikap kasar dan tidak terkawal di kalangan sebahagian sufi, selama kecintaan kepada Tuhan belum mereka kuasai dan kerinduan kepada-Nya belum terubat. Kerinduan dan keasyikan menyebabkan sufi lupa bukan sahaja kepada diri dan makhluk, malah sering juga terjadi peraturan syariat dan etika moral tidak diambil berat oleh sebahagian mereka. Sebahagian sufi masih melakukan peraturan syariat tetapi semata-mata kerana menghormati syariat Tuhan bukan kerana menghayati peraturan tersebut.

    Para sufi yang bersungguh-sungguh dengan latihan kerohanian mereka, setelah memperolehi keasyikan, akan masuk ke dalam suasana kebatinan di mana mereka menyaksikan rupa, bentuk, cahaya dan warna. Pengalaman yang demikian banyak berlaku pada peringkat awal perjalanan sufi. Penyaksian yang demikian sangat menggembirakan mereka, menambahkan keyakinan dan semangat untuk maju terus. Oleh kerana penyaksian tersebut terjadi di dalam suasana kebatinan yang ghaib, sufi mudah menghubungkan yang disaksikan itu dengan Allah s.w.t. Timbullah konsep ketuhanan yang tidak jelas dan mengelirukan.

    Penghujung jalan para asyikin adalah bersatu dengan Tuhan. Sufi mengalami kefanaan, dirinya hilang dia berkamil dengan Tuhan. Dia dikuasai oleh suasana ketuhanan. Pada peringkat ini sering terjadi ucapan latah seperti: “Ana al-Haq!” Ucapan latah yang meletakkan ketuhanan pada diri itu berlaku kepada sufi ketika kesedaran terhadap diri sendiri hilang lenyap. Suasana yang demikian diistilahkan sebagai mabuk. Dalam suasana yang demikian hubungan hati orang sufi dengan Tuhan sangat erat. Dia telah melepaskan segala-galanya demi Tuhannya. Dia telah membuang makhluk dan dirinya demi kecintaannya kepada Tuhan. Gelombang kefanaan yang melanda hati sufi itu mengubah suasana kebatinannya menyebabkan sering muncul keajaiban daripada dirinya, doanya cepat makbul, perkataannya menjadi kenyataan, dia boleh melakukan perkara yang luar biasa seperti berjalan di atas air atau masuk ke dalam api. Hasilnya bertambah teguhlah keyakinannya terhadap apa yang dipegangnya.

    Perkara luar biasa yang muncul daripada sufi yang di dalam zauk itu menyebabkan orang ramai menjadi percaya kepada apa yang sufi itu iktikadkan. Sufi yang di dalam kefanaan diri menyaksikan satu wujud lalu memperkatakan mengenainya. Muncullah fahaman wahdatul wujud. Orang ramai yang melihat keajaiban pada sufi itu dengan mudah menerima fahaman wahdatul wujud yang dipegang oleh sufi itu. Sufi membina fahaman wahdatul wujud melalui pengalaman kerohaniannya, melalui penyaksian mata hatinya. Dia mengalami sendiri suasana semua wujud hilang dan hanya satu wujud sahaja yang menyata. Orang ramai pula berpegang kepada fahaman wahdatul wujud secara ikut-ikutan, tanpa mengalaminya dan tanpa benar-benar mengerti mengenainya. Pegangan sufi dibentuk melalui pengalaman rasa sementara orang lain pula melalui khayalan dan andaian. Sufi yang berkata atau melakukan sesuatu yang menyalahi syariat, bertentangan dengan perkataan al-Quran dan perkataan Rasulullah s.a.w ketika dia dikuasai oleh hal atau mabuk, boleh dimaafkan kerana dia berbuat demikian tanpa kesedaran. Orang lain yang di dalam kesedaran biasa yang mengikuti orang sufi secara meniru-niru perlu diberi penjelasan bahawa perbuatan mereka adalah sesat dan kufur.

    Pengalaman wahdatul wujud adalah umpama bayangan yang muncul akibat awan mendung menutupi sinar matahari. Setelah awan berlalu bayangan pun hilang. Orang sufi yang berjalan terus akan melepasi peringkat bayangan tersebut. Fahaman wahdatul wujud ditinggalkan di belakang dan dia masuk kepada jalan kenabian, berpegang teguh kepada al-Quran dan as-Sunah. Kebenaran yang sejati terletak dalam al-Quran dan as-Sunah bukan pada zauk, jazbah dan mabuk. Oleh yang demikian orang sufi yang belum melepasi suasana mabuk dilarang keras bercampur gaul dengan orang ramai dan menyampaikan fahaman yang terbentuk ketika mabuk.

  60. logic

    @salah sambung….
    PUSYING DEH….HEHEHEHEHE
    Islam sederhana, simple dan mudah dimengerti sebagaimana AlQuran, jelas, detail dan mudah dimengerti bagi yang membuka hati….

    Jangan buat agama elegant ini menjadi njelimet, aneh dan membingungkan….

    salam
    LOGIC

  61. logic

    @Uswah….
    Ada banyak teladan yang baik didunia ini dan salah satunya Lady Di….
    Sungguh santun wanita ini, betapa dia memanfaatkan posisi dia untuk berada disisi orang2 yang kurang beruntung di dunia ini….
    Dan saya bersyukur, wanita ini hiduop diabad 20an, agar menjadi contoh yang jelas bisa dilihat oleh saya….

    Kalau mBak Uswah belum mengerti ya gak apa2, perempuan dalam ajaran Islam dik Uswah memang hanya sebagai pelengkap, bahkan mengimami shalat kepada kaum lelakipun tidak diperbolehkan….

    Kasihan kaum perempuan dalam group agama dik Uswah….saya sarankan, ikutilah agama islam menurut AlQuran saja, niscaya segala keraguan dik Uswah akan dihilangkan….

    Salam
    LOGIC

  62. gandhoz

    Usul :
    Sejak usia dini harus diadakan lomba besar-besaran (tingkat rt) tentang dakwah …. kayak pildacil gitu loh.
    Spy mendidik manusia yang beragama islam doktrinisasi tanpa menyesuaikan adat maupun budaya lingkungan …. so dalam 50th kedepan budaya indonesia spt arabia. Dan disini pengaruh islam thd nusantara spy jelas dan gak ada lagi hiburan malam, perjudian, dll (mungkinkah? …..)

  63. Izzam

    Aku jadi bingung ngomong apa sich ya harusnya….yang jelas aku ngakui HAdits itu benar adanya…..Kalau ada yang bilang Hadits itu ” sekali lagi, jangan ikuti hadits, karena hadits jadinya marah2 mulu, celakanya, hadits dibilangin sebagai peninggalan nabi….duh nabiku tercinta, terlalu banyak yang menghinakan engkau…”
    saya akan bertanya pada orang itu bagaimana dia melaksanakan Sholat wajib lima waktu yang diperintahkan Allah SWT melalui Nabi MUhammad SAW ????
    Pakai dasar apa ya dia SHolatnya…jangan – jangan buat sendiri gayanya””Na udzubillah”…..pisss

  64. Gaya pmbusukan islam dari dalam.Orng2 yg sdh mndapat ptunjuk tak akan mdah trjbak ulah sesat para inkarussunah…
    Mereka hndak mnggring umat u/mnjadkan islam jadi agama sosiologis menafikan peranan Alloh dan rasulNya…
    -Mereka hndak mngganti syari’at yg mnurut mreka tdk relvan, contoh kurban bukn dgn bnatang,sholat cukup semedi, do’a di gereja breng2, nikah lintas agama dsb
    -Membiarkan kristenisasi mrajalela, aliran sesat snmacam Lia eden, ahmdiyah harus dbela dgn dalih kbbasan brkyakinan.Mbblanya mati2an
    -mnentang siapa saja yg hndak mnggakan Syaria’t secara kaffah/smpurna
    -Mmbela ahlul maksiyat, kontra UU Pornografi.Krena mreka yakin ini Negara Monyet…maka harus dtgakkan apa yg namanya HAM=Hak Asasi Monyet. Biarkan monyet bergoyang ngebor, jngn dganggu dgn aturan2
    Mudah sbnarnya mmbaca tujuan para utusan iblis ini…..

  65. to anti kaffir najis
    lahir dari rahim yg sama, saudara kandung tdak slalu akur kan…???
    lihat aja Habil dan Qobil anak Nabi Adam As dari rahim Siti Hawa…brantem mlulu. Yg bdanya Habil dtrima Kurbannya oleh Alloh, klo Qabil ditolak krena ada motivasi pngen cewek, Iklima.
    Smoga aja HTI jadi Habil-nya dan JIL jadi Qobil-nya, krena Qobil JIL sama ada motivasi pngen cewek yg suka goyang ngbor jngn diganggu gugat…mkanya nolak UU Porno…btul khan???

  66. logic

    buat Izzam,
    terus dasar anda shalat 5 waktu darimana ?
    Hadits ?
    salam
    LOGIC

  67. QOLBU…
    Syekh Abdul Karim Ibnu Ibrahim Al Jaili [1366M - 1430M]

    Qalbu adalah Singgasana Allah
    Pusat kendali diri setiap manusia
    Landasan penampakkan Al Haq
    Ranah hamparan kasih rahmatNya

    Ia adalah cerminan hakikatNya
    Mikroskop nilai keluhuranNya
    Wadah penampung kalamNya
    Jaring penangkap isyarat-isyaratNya

    Ia dianalogikan dengan cahaya
    Diurai dengan huruf-huruf Qur’ani
    Ia laksana, minyak dan lampu
    Dalam Misykat serta kaca menyala

    Ia mudah terbalik dan pongah,
    Qalbu yang ingat mulia, yang lalai nista,
    Ia kadang bersinar, kadang gelap,
    Ia menyinari jagad diri dan kehidupan,

    Qalbu didatangi DutaNya untuk
    Dipersiapkan menerima tugas ketuhanan
    Qalb suci bermoral malaikatNya
    Qalbu kotor berkarakteri setan terlaknat

    Qalbu adalah penanda setiap insan
    Adakah ia manusia baik atau buruk
    Ia merupakan pundit rahasia batin
    Samudera pengetahuan setiap manusia
    Ia kunci pembuka keagunganNya
    Pintu pembentang rahasia-rahasiaNya

    Itulah wajah hakiki qalbumu yang sesungguhnya
    Simpanlah rahasia batinmu, kau akan melihat rahasiaNya

    Kebahagiaan dunia bisa diraih dengan jejak kaki
    Kebahagiaan hakiki akhirat hanya bisa ditempuh dengan qalbu

    Penyingkapan Agung dan tirai Makrifat terbuka oleh “laku“ qalbu
    Rapor kebaikan dan keburukan setiap insani berdasar “laku“ qalbu

    Manusia yang membiarkan kalbunya penuh noda hati
    Selamanya tidak akan merasakan penyingkapan rahasia AgungNya

    Qalbu adalah perbendaharaan agung
    Modal utama setiap manusia menujuNya
    Insan yang tidak memuliakan kalbunya
    Akan menuai keburukan abadi di sisiNya

    Qalbu adalah landasan pacu hakikat
    Nilai hakiki tidak akan landing di qalbu yang kotor
    Qalbu yang tidak suci berlumur hijab
    Qalbu yang terhijab tidak akan Makrifatullah

    Qalbu adalah media Wushul da Qurb
    Keintiman denganNya juga dengan “laku“ qalbu
    Hakikat kebaikan bersendikan qalbu
    Kebaikan yang tidak bernurani, adalah busuk

    Ilham suciNya turun di qalbu suci
    Qalbu buruk adalah landasan bisikan jahat setan
    Muara “laku“ qalbu adalah ridhaNya
    KerelaanNya hanya berdasarkan “laku“ qalbu jernih
    KemurkaanNya akibat “ulah“ qalbu
    Siksa pedih akhirat juga akibat “ulah“ busuk qalbu

    Qalbu adalah sentra penentu nasib
    Kebahagiaan dan kesengsaraan hakiki akibat qalbu
    Qalbu yang taat beroleh ridhaNya
    Qalbu yang kufur, akan menuai kemurkaanNya
    Qalbu yang pongah dan tersesat
    Adalah qalbu yang lupa mendzikir padaNya
    Wajah kebaikan qalbu adalah lurus
    Wajah kesesatan qalbu, tindak kemaksiatannya

    Tajamkan mata Qalbu dan pikir
    Akan tersingkap keagungan rahasia ayat-ayatNya
    Qalbu adalah pengantin jasad dan ruh
    Hanya Qalbu Sakinah yang sambung dengan DiriNya

    Lihatlah kepada “laku“ baik qalbumu
    Itulah rahasia batinmu, dan modal utamamu menujuNya
    Pandanglah kebaikan-kebaikanNya
    Akan ditampakkan untukmu segala makna hakiki

  68. logic

    Sufi Gokil yang memang gokil…..
    Apaan yang anda tulis itu ? agak2 aneh dan membingungkan….kemukakanlah dari AlQuran saja, gak usah bikin2 syair aneh2….
    salam
    LOGIC

  69. eka

    izin… numpang ngelink ya

  70. quantumillahi

    salam kenal dan mhn ijin bergabung. Diucapkan terima kasih artikelnya penuh pencerahan.

  71. Sang penyair

    Ini arah diskusinya kemana sech??
    Dari perdebatan tentang Islam sampe2 masalah sufi??

    Utk bang logic
    Lebih baik u belajar lebih banyak, n kaji lebih banyak kandungan ayat2 Al-Qur’an sebelum menjudge bahwa hadits Rasulullah saw tu gak bisa dijadikan dalil untuk penetapan hukum Islam.
    Walopun saya seorang yang belom begitu dalem dalam keislaman, tapi saya sudah berkali-kali membaca dan mendengar ayat2 Al-Qur’an yang menguatkan keberadaan sunnah2 Nabi saw sebagai penyanding Al-Qur’an (salah satunya ayat yang disampaikan bang Naruto itchu)
    Oya, soal shalat lima waktu.
    Bisa apa gak bang logic nunjukin beberapa ayat Al-Qur’an yang secara jelas menerangkan tentang shalat lima waktu itu. (yg kutau sich gak ada, tapi mungkin pandanganku aja yang gak jeli)
    beberapa ya. Jangan cuma satu. N tolong tulis nama surat n ayatnya. Jangan kayak penulisan versi bible (surat pake angka).

    Utk mbak uswah n bang naruto
    Jangan kebawa emosi yach.
    Inget nasehat Nabi saw untuk tidak marah.

    Utk bang taufik
    Bikin room buat diskusi aja. Biar clear segala urusan yang masih agak ngganjel. N kasih peraturan diskusinya. Boleh debat, tapi jangan saling menyakiti hati orang.
    Okey!!!

    Chaooo….

    Wassalam

  72. logic

    sang penyair….
    jangan marahi saya, logic saja, katanya bukhary mengumpulkan berapa hadits ? katanya 700000 lalu tiap hadits ditulis dan dikaji sampai mendapatkan kesimpulan ada 70000 saja hehehe….hitung aja waktunya, kan mengkajinya harus hati2, habis umur bukhary sebelum kerjaannya selesai alias yg dilakukan adalah kesalahan….
    LOGIC saja
    sudah jelas pertentangan hadits dan Quran, masih juga hadist di pakai sebagai acuan keislaman

  73. ikhwanunited

    Ui bang logic. I gak marahin ente. Lagian inikan diskusi bukan debat.
    Umm…, pertentangannya ada dimana ya? Sepanjang I baca hadits tuch gak ada pertentangannya. (I gak tau yg dhoif yo, soalnya sering baca yng sahih n hadits qudsi sich)
    Btw ente nentang hadits sebagai acuan keislaman tu dasarnye ape?
    Kalo hanya karena hadits itu berasal dari Nabi Muhammad saw, dan karena Nabi Muhammad adalah manusia dan manusia itu lemah.Kenapa ente juga percaya sama Al-Qur’an yg juga warisan dari Nabi? Yg ayat2nya juga berasal dari mulut Nabi? Jika judgement ke hadits itu seperti yg baru aja I tulis, otomatis hal itu juga berlaku kepada Al-Qur’an dunk?

  74. ikhwanunited

    Ui bang logic. I gak marahin ente. Lagian inikan diskusi bukan debat.
    Umm…, pertentangannya ada dimana ya? Sepanjang I baca hadits tuch gak ada pertentangannya. (I gak tau yg dhoif yo, soalnya sering baca yng sahih n hadits qudsi sich)
    Btw ente nentang hadits sebagai acuan keislaman tu dasarnye ape?
    Kalo hanya karena hadits itu berasal dari Nabi Muhammad saw, dan karena Nabi Muhammad adalah manusia dan manusia itu lemah.Kenapa ente juga percaya sama Al-Qur’an yg juga warisan dari Nabi? Yg ayat2nya juga berasal dari mulut Nabi? Jika judgement ke hadits itu seperti yg baru aja I tulis, otomatis hal itu juga berlaku kepada Al-Qur’an dunk?
    (Btw ni bocah masih sang penyair yg ngomong cm beda nick aja)

  75. logic

    ikhwan,
    AlQuran mengandung ‘kunci’ yang mengantar saya ke kesimpulan penuh bahwa Muhammad tak akan bisa buat AlQuran…..Kunci itu ada di…..hehehe, sungguh mahabesar Allah, huruf2 yang kalian anggap tiada arti yang sering mengawali suatu surat….
    Pelajari deh….
    salam
    LOGIC

  76. logic

    ikhwan,
    kasih saya satu hadist yang anda anggap sahih….
    Tentang makanan haram saja, kasih saya hadits tentang apa yang haram menurut hadits dan apa yang haram menurut AlQuran….
    dan hadits tentang hukum rajam, kasih saya haditsnya dan kita fikirkan tentang bagaimana sebenarnya AlQuran dalam hal2 ini….
    semoga akan terbuka hati anda bahwa sebagaimana AlQuran sendiri bilang bahwa dirinya(AlQuran) itu jelas dan detail….

  77. naruto4828

    Hadits secara etimologi/bahasa=CERITA.Cerita Para Sahabat Nabi Saw yang diceritakan oleh Tabi’in, Tabiut Tabi’in hingga para Rawi Hadits semacam Imam Tirmidzi, Bukhori dkk ttg perbuatan, perkataan dan Taqrirnya Nabi Saw. Hingga kbnaran Hadits tidak absolut, karena yg namanya cerita bersifat Subjektif (dipengaruhi atau ada intervensi si Pencerita). Maka wajar bila ada Hadits Sohih, Hasan dan Dloif.Dan Hadits dilarang dibukukan oleh Nabi Saw karena khwatir trtukar dgn AlQur’an, bgitu pula di jamn Khalifah Umar Bin Khotob. Baru seratus tahun pasca wafatnya Nabi Saw Hdits dibukukan oleh/atas printah Khalifah Umar Bin Abdul Aziz.
    Jadi Hukum dlam Islam adalah AlQur’an dan AsSunah. Semntara hadits hanya sbats RUJUKAN/REFERENSI. Hadist Sohih adalah sbagian dari Sunah.AsSunah tdak idntik dgan Hadist…!
    AsSunah adah operasional wahyu yg diperagakan oleh Rasululah Saw. Maka para planjut kerisalahan kini mesti mngikuti peragaan Muhammad bin Abdullah dlam mmperagakan AlQur’an, ia ada dalam Sejarah atau Siroh Nabawiyah….
    Semoga Qta semua dibukakan oleh Allah Swt trhdap KbnaranNya (Qs 2: 147).
    Amin

  78. kok masalahnya nggak nyambung dengan artikel di atas udah nyleweng ke perlunya hadist atau nggak, bagi saya tidak penting mau pakai hadist ya monggo mau nggak ya monggo,gitu aja kok pada sewot.
    Sudahi saja perdebatan tak berujung ini ganti topik yang seru

  79. Shizo

    Logic cm saran aja anda kan ga percaya hadis gmn yah anda bs melakukan ibadah?pertanyaan yg sering saya ulang mas logic kepada anda?apa di Al quran menjelaskan tata cara sholat???drmn anda dptkan sholat seperti skrg???kalau anda muslim yg benar pasti anda melaksanakan sholat sebagaimana sholatnya orang mukmin.
    Salam Shizo penentang Ingkar Sunnah

    • islam

      ga usah ditanya napa…ya jelas aja lah kalau ga percaya hadist mereka tdk akan pernah bisa shalat, kecuali bikin cara sendiri misalnya sambil duduk di pinggir tempat tidur ketika bangun pagi sambil menekukkan kepala dan mengingat bahwa Allah telah mengembalikan nyawanya dari tidur semalaman.

  80. Ibro

    Apakah di AlQuran menjelaskan tata cara sholat? TIDAK!
    Bahkan…apakah di AlQur’an solat itu harus 5 kali? TIDAK!

    So, kalau kitab suci Firman Allah memang tidak menjelaskan dan menegaskan, mengapa manusia harus menambah-nambahkan? Apakah manusia pikir Al-Quran itu kitab yang belum selesai?

    Allah punya maksud dengan tidak menjelaskan. Manusia sombong mengartikannya sebagai kekurangan.

    AlQuran tidak sekalipun mereferensikan Hadits, tidak juga undang undang dan aturan buatan manusia yang lain.

    Once upon a time, beberapa orang yang menganggap ritual itu terlalu penting, melihat kelemahan AlQuran karena tidak ada aturan yang rinci tentang bagaimana solat dan bagaimana berwudlu. Harus di cari acuan lain. Aha! Sunnah nabi! maka digalilah setiap kata dan laku Nabi. Itu dilakukan lebih dari 100 tahun sejak wafatnya sang Nabi. Apakah akurat? pikirkan saja sendiri. Lalu berkembang dan berkembang, jadilah kitab-kitab Hadits. Hmm..

    Padahal Bro, kalau mau tahu, AlQuran tidak merinci tata cara solat dan bagian-bagian lain tentu ada alasannya: Jangan pentingkan caranya! Tapi tangkap esensinya! Terbukti sekarang, solat lima waktu tapi tak ada bekasnya. Diantara 2 solat mereka membenci, diantara 2 solat mereka korupsi. Karena mereka cuma tahu bagaimana gerakan dalam solat harus dilakukan, bagaimana bacan harus dilafadzkan, tapi mereka tak tahu apa esensi yang terkandung: pembersihan hati dan pikiran, yang akan mendasari bersihnya kata dan kelakuan!!
    Jangan tersinggung, saya bicara tentant orang kebanyakan. Mungkin anda bagian dari pengecualian.

    • islam

      pelajari dulu deh sejarah pengumpulan hadist…Trus apa maksudnya di dalam al-Qur’an kita disuruh untuk mentaati Allah dan Rasulnya?????

  81. Assalamu’alaikum Wr,Wb

    Allah memberkati kita semuanya dalam Rahmat Kasih dan Sayangnya……..

    Jika tidak ada Rahmat-Nya maka tidak lah kita berkumpul di Pondok ini untuk saling mencari pengetahuan Ilmu di dalam Ilmu Allah Ta’ala yang tiada batasnya….

    Sungguh…… kesadaran itu sangat….sangat…sangat lah utama sekali di dalam kehidupan ini….
    Tanpa kesadaran maka bagaimana mungkin taubat seseorang bisa diterima?
    Tanpa kesadaran maka bagaimana mungkin Amal Ibadah bisa sampai kepada yang Allah?
    Tanpa kesadaran maka manusia itu akan terombang ambing oleh kebingungan dan kegelisahan di jiwanya…….

    Saudaraku……… Sahabatku……….Kawanku……….

    ketahuilah oleh kita semua….., bahwa Allah Swt itu sangatlah nyata senyatanya….. dengan apa kita melihat Allah itu nyata?
    yaitu melali kenyataan yang sudah dinyatakan-Nya atas kita berupa kenikmatan.
    Ketahuilah bahwa apa saja yang ada pada diri kita semuanya itu adalah nikmat Allah. DAri ujung rambut sampai ujung kaki, Zahir maupun BAtin, Ruh dan Jasad, luar maupun dalam, atas maupun bawah, kanan dan kiri, muka dan belakang semuanya adalah Nikmat Allah Swt. Meliputi bulu, kulit, darah, daging, tulang, otak, sum2, penglihatan, pendengaran, penciuman, pengrasa, nyawa, jalal, jamal,qohar dan kamal segalanya tidak ada yang ada selain Nikmat Allah yang menunjukkan Allah Swt sangat….sangat…sangat…. dekat sekali dengan diri kita.

    Jika kesadaran itu tertanam pada relung jiwa yang paling dalam bahwa apa saja yang ada pada diri kita ini senantiasa di liputi oleh Allah dengan dinyatakan-Nya melalui Nikmat-nikmat-Nya tadi maka kemudian sadarilah lagi bahwa setiap waktu bahkan setiap detik pun dari buka matasampai tutup mata kembali 24 jam sehari semalam tidak ada yang ada melainkan semuanya senantiasa dalam rahmat dan Kasih Sayang Allah.

    Itulah yang membuktikan bahwa Allah itu senantiasa memperhatikan Hamba-Nya…….
    Siapakah yang mengatur Jantung sehingga berdetak?
    Siapakah yang mengatur nafas sehingga bisa naik dan turun?
    Siapakah yang mengatur darah sehingga mengalir keseluruh Tubuh?
    Siapakah yang mengatur kedipan Mata sehingga senantiasa berkedip?
    semuanya itu Allah lah sang Maha Pengatur….. Allah lah sang Maha Pemelihara….. yang senantiasa mengawasi akan Hamba-Nya

    Jika kesadaran itu telah melekat pada diri sebagaimana yang sudah di paparkan oleh Tuhan disini melalu diri PJ yang hina dan fakir ini, maka itulah yang dikatakan mereka yang senantiasa ingat akan Allah baik dalam keadaan berdiri, berduduk, maupun berbaring, bahkan bukan hanya itu saja… mereka itu senantiasa ingat kepada Allah baik dari buka mata sampai tutup mata kembali setiap waktu setiap detik 24 jam sehari semalam baik di sadari maupun tak disadari baik diketahui maupun tidak di ketahui dirasakan maupun tidak dirasakan…. kuncinya ada pada “KESADARAN”. karena kesadaran itulah yang akan merubah seseorang menjadi baik dan terlebih baik lagi. dan itulah sebenar2nya Zikir Khofi/Sir yaitu Ingat Allah secara sirr/Rahasia/Halus yaitu ingat kepada Allah dengan tumbuhnya kesadaran jiwa. Bahwa tidak ada yang ada pada diri semuanya adalah Nikmat Allah sebagai bukti nyata, bahwa Allah meliputi diri. Wa Fii Anfusikum Afala Tub’siruun (Dan Pada diri kamu…….. mengapa engkau tidak memperhatikannya)

    Dan kesadaran itulah yang akan membawa dirinya menjadi semakin dekat dan cinta kepada Allah yang senatiasa memperhatikannya di setiap waktunya.

    Bergembiralah bersama Allah melalui Nikmat-Nya yang ada padamu…………
    Tersenyumlah selalu bersama Allah melalui Rahmat Kasih Sayang-Nya yang meliputi dirimu disetiap waktu….

    Hanya mereka yang tumbuh kesadaran demikian lah yang akan selalu tersenyum dan bahagia…. dan tentunya tidak ada lagi rasa kehawatiran dan ketakutan…, dikarenakan ia sadar sesadar sadaranya bahwa Allah beserta ia diamanpun ia berada.

    Hanya mereka yang tumbuh kesadaran demikian lah yang akan selalu gembira dan bersyukur…. dan tentunya tidak ada lagi rasa duka dan sedih…, dikarenakan ia sadar sesadar sadarnya bahwa Rahmat Kasih SAyang Allah senantiasa meliputi dirinya di setiap waktu dari buka mata sampai tutup mata kembali 24 jam sehari semalam baik dalam keadaan jaga maupun tidur, berdiri, duduk , berbaring.

    Wahai saudaraku……Sahabatku…..Kawanku…..
    Pahamilah…… dan renungkanlah serta sadarilah…..apa yang PJ uraikan ini, karena sesungguhnya bukanlah PJ yang mengutarakan karena si PJ ini tiada daya tiada upaya fakir dan hina juga tidak ada memiliki ilmu. Semua yang telah di paparkan di sini itu semua datang dari pada Allah Swt kepada kita semuanya… karena Kasih Sayang-Nya kepada Kita.

    Subhanallah…..Subhanallah….Subhanallahil ‘Adziiim
    Laa Hawlaa Wa Laa Quwwata Illa Billa hil ‘Aliyyil ‘Adziiim.

    Allah memberkati kita semua di dalam Rahmat Kasih dan Sayang-Nya serta Ridho-Nya….

    Kesadaran….. Ya….. Kesadaran…….jadilah orang2 yang sadar akan kesadaran….. itulah orang yang mengenal akan Allah dengan sebenar2nya.

    Wassalamu’alaikum Wr,Wb
    dicopy dari :
    http://pengembarajiwa.wordpress.com/

  82. logic

    IBRO,
    terimakasih banyak….
    Semoga kata2mu menjelaskan ke mereka….
    salam
    dari yang berfikiran sama
    LOGIC

  83. ChiKA rENaTA

    IBRO…IBRO…..logic…logic…
    emang dasarnya engkau orang-orang bego…!!!!!
    engkau ngaku/percaya pada nabi Saw, tapi tidak mau ikuti tata cara ibadahnya…
    Emang cara ibadah kalian berdua gimana caranya sehhh!!!!.
    Ibadah kalian, cara mnjalankan ibadah kalian hanya cukup bengong aja…!!!!komentar/salahkan orang yang lagi berusaha khusyu solatnya….!!!!
    Atau mungkin makan dan minum kalian juga cuman bengong doang, keburu dimakan lalat dah.Karena esensi makan dah didapat dengan engkau berdua bilang/engkau yakin dah kenyang….walau sebenarnya engkau kelaperan, mampus dahhhh…!!!!!

  84. blokocoi

    Udahhhhh……..
    Kagak usah di baca tulisan yg model kayak gini….
    Penting gak seehhh…..hhmmmm (sambil mikir)…ahhhh mending coding lagi aja ahhhh….

    Ntar juga pada kena batunya…. pegang nihhhh kata² gw…
    Paling kecil kutilan atawe stroke, jantung, diabetes, hepatitis…dll

  85. @IBRO

    loe belum tau khan, kalau jumlah alquran keseluruhan adalah 40 juz..
    yang kamu tau hanya 30 juz,..trus sepuluhnya lagi kemana ya?…
    kasihan deh loe..
    makanya belajar…
    hehehee…

  86. logic

    ADI ISA
    Loe juga gak tahu kan kalau ada yang istimewa di dalam AlQuran….benar2 kitab yang illiyin….dan tahukah kamu Illiyin itu ?
    Kalau kamu tahu, itulah istimewanya AlQuran dan bukti bahwa dia wahyu Allah….kalau gak puas sama AlQuran pasti kamu akan mencari hadits, habis kamu yang penting adalah berwudhu bersiin tangan kanan apa tangan kiri dulu sih….
    salam
    Penikmat AlQuran….
    LOGIC

  87. adi isa

    @logic,
    sepertinya anda paham sekali dengan alquran,
    boleh tes nggak?
    yang mana yang dibilang dengan Alquran hidup?

  88. logic

    @ adi isa
    saya mencoba memahami alquran dan menemukan bahwa banyak kontradiksi antara alquran dan hadits….
    saya tidak mengomentari pertanyaan anda tentang hal2 filosofis apakah alquran itu mati atau hidup, bagi saya alquran(dalam bentuk kitab berisi tulisan) adalah benda mati(kecuali bahwa atom2 selalu bergetar dan bergerak) yang berisi wahyu dari Allah, disampaikan ke Muhammad rasullullah. alquran sangatlah istimewa karena ia mengandung kunci2 secara text yang menunjukkan bahwa dia merupakan benar2 wahyu allah(tak seorang manusia bisa mmebuat kitab seperti itu).
    salam
    logic

  89. ChiKa

    Namun bukan berarti kita menolak Hadits secra keseluruhan. Banyak juga Hadits yg mnjabarkan al_Qur’an.
    -Menafsirkan Qur’an dengan Qur’an
    _Menafsirkan Qur’an dengan Hadits
    _Menafsirkan Qur’an dengan Ro’yu

  90. logic

    Chika,
    AlQuran itu complete, detail, jelas….
    Renungkanlah….

  91. adi isa

    @logic

    hehehe, saya suka dengan cara anda memandang alquran,
    sayangnya anda, nggak paham banyak dengan
    alquran,…

    adakah satu ayat dari alquran yang bisa mempengaruhi
    kehidupan anda, jika anda memang yakin itu berasal dari Allah?

    saudara logic, alquran bukan sekedar filosofi bagi saya,
    tetapi dia hidup dalam diri saya,…

    itulah alquran yang hidup…

    soal hadits,..
    tidak semua hadits itu palsu..
    jangan menjadi orang yang menyesal dibelakang hari,
    (cuma mengingatkan bro..heheheh)
    lihat patronnya…
    jika hadits itu tidak sinergi dengan alquran,
    bisa kita tafsirkan, dia hadits palsu,..
    jika bersinergi, insyaallah dia shahih…

    arti hadits itu adalah tidak saja perkataan ataupun prilaku
    nabi terhadap sesuatu hal, tetapi juga adalah penjelasan dari
    alquran, yang kurang dipahami oleh muslim
    (pada saat itu)..

    salam

  92. logic

    saudara Isa….
    saya memang telah yakin AlQuran datang dari Allah, karena ada buktinya, yaitu Illiyin itu tadi, ….suatu buku yang berkunci dan mempunyai kode kunci numerik….itulah AlQuran….
    Anda percaya kepada AlQuran karena apa ?
    Karena iman ? karena teman ? Karena paman ?
    Atau karena keluarga ? Karena keturunan ? Karena hadits kerja sia2 Bukhary dan teman2nya ?
    Bagi saya, jika salah satu saja ada yang salah dalam hadits dan dinyatakan shahih, maka seluruh hadits tidak berguna dan tak perlu digunakan dalam pedoman religious….katakanlah kepada saya satu saja hadits yang shahih menurut hasil kerja Bukhary atau Muslim atau siapapun….Atau anda mau mengatakan tentang hadist sahih cara berenang Nabi Muhammad ? Atau cara memotong kuku nabi Muhammad ? Apa gunanya informasi2 seperti itu dalam kehidupan religious anda ? Anda merasa lebih baik ? Merasa lebih bertauhid dan menuhankan Allah saja dengan percaya hal2 begitu ? Atau anda kalau keluar rumah dan mengikat tali sepatu selalu yang kanan dulu karena dulu Nabi Muhammad(kata Bukhary) selalu mengutamakan yang kanan dulu ?
    Satu saja saya minta hadits ke anda….apakah halal lemak babi ? Bagaimana menurut AlQuran, apakah yang diharamkan dari babi ?
    Lalu bagian2 daging apa yang diharamkan untuk kaum Yahudi, bagaimana menurut AlQuran, apakah detail, apakah perlu hadits….?
    Sebutkan bagian dari AlQuran yang tidak dimengerti muslim pada saat itu….

    Salam
    LOGIC

  93. logic

    saudara Isa,
    ini salah satu ayat yang sangat mempengaruhi hidup saya :

    Surat 74 ayat 31….(Surat : Yang Tersembunyi/Al Muddatsir)

    Renungkanlah….

  94. adi isa

    @logic
    Anda percaya kepada AlQuran karena apa ?
    Karena iman ? karena teman ? Karena paman ?
    Atau karena keluarga ? Karena keturunan ? Karena hadits kerja sia2 Bukhary dan teman2nya ?
    ==============================================
    pertanyaan anda, itu sepertinya baik untuk anda..hehehehe

    saya ini, belum lama mengenal islam,…
    tapi mengapa saya sangat meyakininya?
    bahwa alquran memang datangnya dari Allah Swt.
    tentu melalui proses yang panjang…
    dan alhamdulillah, saya semakin meyakininya…

    berbicara soal hadits, apalagi yang diriwayatkan oleh HR Bukhary or Muslim, tentu ada pula sejarahnya
    dan mengapa akhirnya ada banyak hadits palsu beredar di masayarakat muslim, tidak lain karena pengaruh orang kafir yang ingin menyesatkan…
    so? saya pribadi bukanlah ahli hadits tersebut..
    saya lebih banyak mempelajari hadits Qudshi..
    tahukah kamu apa itu hadits Qudshi?

    Atau anda mau mengatakan tentang hadist sahih cara berenang Nabi Muhammad ? Atau cara memotong kuku nabi Muhammad ? Apa gunanya informasi2 seperti itu dalam kehidupan religious anda ? Anda merasa lebih baik ? Merasa lebih bertauhid dan menuhankan Allah saja dengan percaya hal2 begitu ?
    =========================================
    hei, please..kontrol..hehehehe…
    biarkan orang lain, melakukan apa yang baik untuknya..
    kalau saya,..kayaknya sama dengan anda…
    saya nggak mikir, segitunya…hihihihih

    Atau anda kalau keluar rumah dan mengikat tali sepatu selalu yang kanan dulu karena dulu Nabi Muhammad(kata Bukhary) selalu mengutamakan yang kanan dulu ?
    ==========================================
    well, saya nggak muddenk dengan yang itu…hehehehe
    adapun hal yang kanan selalu didahulukan, saya ambil
    positifnya saja dalam filosofi hidup, kanan itu simbol kebaikan

    Satu saja saya minta hadits ke anda….apakah halal lemak babi ? Bagaimana menurut AlQuran, apakah yang diharamkan dari babi ?
    ============================================
    saya, tidak menjudge apa-apa, saya cuma mengingatkan bahwa tidak semua hadits itu palsu,
    so? soal babi,…saya rasa cukup jelas..dalam alquran, ya to..?
    (Alquran : 2:173)

    “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah [108]. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    Lalu bagian2 daging apa yang diharamkan untuk kaum Yahudi, bagaimana menurut AlQuran, apakah detail, apakah perlu hadits….?
    Sebutkan bagian dari AlQuran yang tidak dimengerti muslim pada saat itu….
    ============================================
    saya malah mau dengar anda?..heheheh
    monggo…

  95. adi isa

    @logic

    well, soal ayat tersebut..
    saya pun sangat menyukainya,
    meski anda melihat dari sudut lain…

    kalau nggak salah, ada salah satu surat dalam alquran tentang
    angka datau bilangan 19,…
    apakah anda sudah sejauh itu…

    say cukup salut,,,..
    apakah anda sudah membuktikannya…?
    well, ada banyak artikel tentang hal itu..
    dan saya semakin yakin dengan Alquran…
    so, hadits…
    tentunya yang sinergi…
    salam

  96. logic

    Adi Isa…
    kau itu dibohongi sama yang mengaku2 ahli hadits itu, apalagi yang qudsi….Ada banyak ayat di AlQuran, lupakan dulu hadits2 indahmu itu….

  97. adi isa

    @logic

    ternyata, anda itu muslim yang payah..
    hihihihihi…

    anda sudah sejauh itu mengenal Alquran..
    tapi nggak tau dengan hadits Qudshi…

    kamu kira itu qudshi, nama orang ya?…hihihihhi
    seperti HR Bukhary dan Muslim yang kamu benci itu?
    hehehehe

    belajar lagi sono…
    anda bukan level saya…
    masak kalah dengan orang yang baru mengenal islam?
    hihihihi

  98. logic

    Adi Isa,
    hadits Qudsi itu bukannya kalian percaya datang dari Allah….
    Qudsi itu jelas bukan nama perawi hadits atau hadist riwayat x atau y seperti biasa….tapi kalian percaya dia serupa seperti wahyu itu…bukannya begitu kan….saya jadi lebih tidak percaya hehehe
    Saya tidak mengenal level dalam Islam, islam itu hanya monotheisme, dan hanya Allah yang menilai tingkat monotheisme seseorang….
    Bukankah AlQuran memberitahu jikalau seseorang akan selamat jika dia, bertuhan satu, berbuat baik dan percaya hari akhir….itu saja….
    salam
    LOGIC

  99. adi isa

    ^islam emang ada levelnya bro, ditinjau dari sisi pemahaman ilmu
    ilmu anda masuk kategori, islam kelas SD, jadi belum bisa bedakan
    mana hadits palsu dan mana hadits shahih.
    bahkan parahnya anda nggak mau peduli dan berpegang pada sebuah hadits. (sayangnya anda nggak bisa bedakan antara
    hadits riwayat, dan hadits qudshi, secara ilmu dan kesinergian dengan alquran)
    anda belum sampai pada pemahaman alquran sebagai mahkluk
    alquran sebagai alquran hidup dll..
    so, masih jauh banget,..deh
    anda perlu belajar banyak,..
    ibarat kata orang, anda baru tau setengah-setengah,
    tapi sudah merasa, paling benar dalam berislam..
    buktinya? jelaskan? hehehehe
    soal, keyakinan, emang nggak ada level-levelan..
    cuma Allah yang tahu itu..
    salam manis..

  100. elfatih2007

    Ikut nimbrung nih…..
    buat logic belajar lagi bahasa Arab, bahasa al-Qur’an dan tentunya Al-Islam dengan benar. Anda diberikan potensi oleh Allah, gunakanlah dengan benar, optimal, maksimal-jangan dipengaruhi oleh kebencian terutama kepada para perowi, semisal imam Turmudzi.
    Kalau anda tidak mau juga mnggunakan potensi2 yg dimiliki oleh seluruh manusia, termasuk anda. Maka jangan salahkan Allah jika DIA mengancam orang seperti anda, buka Qs Al ‘Araf [7] : 179. Itu-pun kalau anda benar membaca Qur’annya…

  101. logic

    terimakasih buat manusia level islam tinggi(hebat mak, ada levelnya islam) yang telah mengklasifikasikan level keislaman saya….sayangnya AlQuran menyatakan hanya Allah yang maha mengetahui.

    Terimakasih juga buat Allah yang menyatakan sendiri AlQuran itu jelas dan detail dan karenanya mudah dicerna, meski hanya oleh orang sederhana otaknya dan tidak genius seperti saya sehingga saya berkeras hati tidak mempercayai hadits2 indah anda2 itu(sekali sesuatu salah, tidaklah pantas dia dijadikan pedoman religious yang dipercaya akan menyelamatkan, walah soal halal haram saja berbeda dgn hadits, belum soal hukuman zinah, lebih besar lagi bedanya)….tak akan saya berpaling hati dan menyayangi hadits(apa tuh hadits, mau diriwayatkan manusia, mau dikatakan qudsi, no way, bohong semua dan mengajak umat ke kebodohan, sampai ada yang perlu menggunakan gambarmnya Osama bin Laden karena cinta sekali pada pembunuh)

    hehehe….
    simple tapi sulit:
    -Bertuhan satu
    -Berbuat baik
    -Percaya hari akhir….

    itulah pedoman AlQuran untuk keselamatan dunia akhirat.

    Jika telah bertuhan satu, berbuat baiklah dan percayalah hari akhir, karena percaya hari akhir membuat manusia tak putus asa akan keselamatan dan kehidupan abadi….

    salam
    LOGIC
    Berislam berpedoman ke AlQuran saja….
    Hanya Allah saja….

  102. kalo gitu buat apa ada surat al iklas dan ayat yang menyatakan dengar apapun nasehatnya, walau keluar dari seorang anak kecil

  103. logic

    Betapa indahnya berada dalam semangat satu tuhan sebagaimana diajarkan AlQuran dan Muhammad….
    Sayangnya masih banyak yang menganggap AlQuran masih perlu di ‘hadis’i hehehe

    Psa 23:1 Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
    Psa 23:2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
    Psa 23:3 Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
    Psa 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
    Psa 23:5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
    Psa 23:6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

    salam
    LOGIC

  104. naruto4828

    Pasal2 yang kau sebut bukan al-Qur’an coy…., tapi kitab karangan orang2 tdak waras yang ngakunya kitab Taurat, zabur. Kok Tuhan disebut gembala….
    Pantas-lah kau sebut mujahid pembunuh, tapi kau tak mau ngaku Zionis Israel yg bantai warga Gaza sbgai pmbunuh….!
    Logic, ngaku saja bahwa kau agen Zionis..jangan ngaku2 muslim yg prcaya Qur’an….!
    Hanya orang dungu yang akan trpngaruh propaganda murahan kau…

  105. jeramba

    weleh….
    baru ditaro sedikit saja doa nabi Daud sudah mau bunuh orang teman ini….inikah islammu ? Apakah Muhammad mengajarkan seperti itu ?
    Saya yakin tidak, karena pendalaman saya akan AlQuran tidaklah ada begitu2, kecuali hadis2 buatan Bukhary itu….Jadi kalau marah2 dan suka membom sana sini itu artinya bertuhan Allah + Bukhary, sama saja dengan trinitas, Allah + Isa + Roh Kudus, nah ini Allah + Bukhary + Ulama2….
    Wah wah, udah gak bener ni ajaran Muhammad disimpangkan oleh orang2 yang mengaku sebagai pecintanya….
    semoga makin mengerti….
    salam
    LOGIC

  106. logic

    weleh….
    baru ditaro sedikit saja doa nabi Daud sudah mau bunuh orang teman ini….inikah islammu ? Apakah Muhammad mengajarkan seperti itu ?
    Saya yakin tidak, karena pendalaman saya akan AlQuran tidaklah ada begitu2, kecuali hadis2 buatan Bukhary itu….Jadi kalau marah2 dan suka membom sana sini itu artinya bertuhan Allah + Bukhary, sama saja dengan trinitas, Allah + Isa + Roh Kudus, nah ini Allah + Bukhary + Ulama2….
    Wah wah, udah gak bener ni ajaran Muhammad disimpangkan oleh orang2 yang mengaku sebagai pecintanya….
    semoga makin mengerti….
    salam
    LOGIC

  107. cHIka

    dik logic ini tak ubahnya “tong kosong nyaring bunyinya”…!!!!
    Kagak usah ditanggapi lah orang seperti ini…
    Semakin ditanggapi, semakin tersesat dia…kasihan lah..!!!
    Semoga 4JJI membukakan pintu hatinya…
    Dan mencerahkan akalnya…!serta melepaskan belenggu keangkuhan, kebencian dan kebegoannya!!!!

  108. logic

    hihihi, mBak Chika bisa aja, langsung memvonis begitu…tapi memang kebanyakan pengikut hadis2, syekh2, habib2 memang suka memvonis…si x kafirlah, sesatlah….kecuali pengikut muhammad yang murni yang mengetahui kalau hal2 yang demikian tidaklah diajarkan oleh muhammad karena beliau hanya mengajarkan AlQuran saja….bertahun2 kemudian, tepatnya ratusan tahun kemudian datanglah ajaran2 dalam bentuk hadis dan jadilah umat seperti sekarang ini, tertinggal, galak, lupa cinta kasih dan sayang….maunya berantem aja, dikit2 jihad katanya….nanti kalau dia pindah kenegeri lain yang bukan negeri muslim, dia diberi perlindungan dan persamaan, tapi lama2 dia akan berfikir, negeri ini salah, tidak islamilah, tidak sesuai islamlah, lalu mulai mengacau…hanya karena negeri yang ditempati menjunjung kebebasan dan keberagaman yang sesungguhnya juga diperjuangkan rasulullah…tetapi, mereka lupa semua itu karena hadits2….oh tuhanku…maafkanlah mereka, karena mereka tidak tahu….

    salam mBak Chika
    LOGIC….
    berislam menurut AlQuran saja….

  109. Heru

    Adik-adik,
    1.Belajarlah ilmu/ketrampilan yang bermanfaat buat anda dan lingjungan anda. Belajar juga budi pekerti, dengan contoh2 yang aktual (contoh jaman sekarang)
    2. Berilah teladan yang baik kepada lingkungan. Dinegara kafir saya lihat anak muda (baik laki maupun perempuan) di bis maupun di kereta selalu memberi tempat duduk kepada orang tua dan cacat. Mereka melakukan itu karena ada teladan. Tidak perlu ada khotbah mengenai cerita jaman beheula.
    3. Jangan menghabiskan waktu bicara dosa dan neraka, kecuali anda mau jadi ustad.

  110. Heru

    Adik-adik,
    Dianggap duplikasi komentar ya sudah. Nggak dimuat juga nggak apa2.

  111. naruto

    Kok dek logic tahu iti do’a nabi Daud???. Apa dik logic udah ketemu ama Nabi Daud, atau dik logic udah mulai percaya sama orang-orang yang mengarang injil, jabur sekarang ini?. Berarti impas dong, dik logic juga udah tidak menuhankan Allah saja, tapi juga sudah menuhankan “Pengarang2 injil dan Jabur”, dik logic udah mulai percaya sama cerita-cerita bohong yang dikeluarkan pendeta2 sesat…????. Ah dik logic maaf yah, habis dik logic orangnya tdak mau percaya sama cerita para perowi Hadits. Jadi aneh juga kalau tiba-tiba dik logic ini percaya sama cerita-cerita palsu yang bikin Pasal-pasal tidak karuan itu…bertuhan Allah saja dik logic dan berNabi Muhammad saja!!!. Jangan mudah percaya kepada pendeta2 pngarang Pasal2 tsb
    Salam

  112. logic

    Oom Naruti,
    emang sapa yang tahu itu doa nabi Daud ? Lagian apa pentingnya mengetahui itu buatan Daud atau bukan ? Tapi lihatlah doa itu, doa itu mengacu pada hanya satu2nya illah yang selayaknya kita sandarkan hidup.
    Nah kalau hadits, walah, menyompang banget euy dan ternyata memang bukan produk Muhammad….
    Jadi Oom naruto, Islam itu penyandaran pada satu tuhan itu yang penting, bukan pada istimewanya Nabi2….semua agama lalu itu Islam kok, dan masih ada jejak2nya di kitab2 lama meski kitab tsb telah berubah oleh manusia, bahkan jejak2 ruku dan sujudpun masih ada di kaum Yahudi musuh kalian itu. Alhamdulillah, AlQuran diberikan Allah dalam bentuk yang mengandung ‘kode’ sehingga dia tidak akan terubah oleh ulama2 kalian itu….check aja dari hadits2, ada gak kontroversi AlQuran, pasti ada, karena hadits2 itu ngaco semuanya hehehe
    Check deh….saya ini sudah muak denger jawaban spt : wah ilmu kamu belum cukuplah, jangan meremehkan haditslah, sepertinya Islam itu susah dan sulit sekali, padahal inti islam itu hanya bertuhan satu, berbuat baik(seringkali disebut sebagai amal soleh dgn berlama2 zikir, shalat sunnat, iktikaf, padahal bukan itu, berbuat baiklah yang sebenarnya) dan percaya hari akhir, karena hari akhir adalah titik simpul agar kita tidak merasa sia2 berbuat baik di dunia ini dan ada pengharapan akan tuhan yang maha adil….
    Tapi kalian, ahli hadits, membuat agama Islam dalam jenjang2, ya salah kalian sendiri….

    hehehe
    salam
    LOGIC

  113. Rampage

    Logic2 msh aja ingkar sunnah bknnya di Al Quran jg ada seruan berjuang di jalan Allah dan berperang.pertanyaan saya cm satu kalo anda ga percaya sm hadis gmn sih anda sholat???di kitab2 terdahulu/Al Quran menjelaskan kah tata cara shalat dr mulai Takbir hingga salam???klo anda katakan belajar dr orang tua anda saya tanya drmn orang tua anda belajar???klo inti2nya smp ke nabi ibrahim itu mustahil krn yg smp ke Rasulullah aja anda ga percaya apalagi yg ke Nabi Ibrahim.jd berpikir lah logic bkn kah anda di suruh berpikir

  114. logic

    @rampage
    karena saya verfikirlah maka pengertian saya tentang islam dan ketuhanan islam adalah seperti itu hehehe
    Kalau gak pake otak ya agama jadi spt FPI, Wahabi dll, pengikut manusia bukan pengikut ketuhanan yang maha satu….

    salam
    LOGIC

  115. Rampage

    berpikir seperti apa??apa yg dapat di pikirkan seorang ingkar sunnah seperti anda untuk menjawab pertanyaan saya tentang drmn anda belajar sholat anda tidak mampu??otak anda emang seberapa hebatnya sih sehingga bisa menyalah kan orang/organisasi lain….
    anda berarti tidak jauh beda dengan azazil???

  116. naruto

    logic yg…..
    Islam itu bukan Matematika, yang bisa hanya dipelajari pakai otak, apalagi pakai dengkul kayak kamu.
    Islam itu harus difahami dengan jiwa, jiwa yang hanif (lurus, bersih)…sehingga islam itu hanya dapat dimaknai dan difahami oleh orang-orang beriman saja, “wahai orang2 beriman masuklah ke dalam islam secara menyeluruh dan janganlah ikuti langkah2 syetan….(Qs al-Baqoroh : 208). Jadi bagi orang2 yg pada dasarnya sdah tdak mnerima Allah dgn benar dan utusanNya melalui Sunah dan Haditsnya, maka imposible bisa mmahami islam dgn benar pula…..

  117. logic

    naruto yang baik….
    terimakasih sudah mengajarkan saya kalau islam bukanlah matematika(siapa yang menjamin pernyataan general/umum mu itu benar ?)

    Ketauhidan/monotheisme/Ilah yang satu/Lailahailallah/Tiada tuhan selain tuhan adalah inti dari muslim, menurut alQuran. Tidak ada di alQuran bahwa engkau harus menerima hadits buatan manusia bernama bukhary, muslim dll sebagai syarat engkau beragama islam. Tidak sekalipun, sama seperti tidak mungkin seorang Isa, Daud, Sulaiman, Musa, Yusuf dll dalam berislam harus menerima hadits buatan Bukhary.

    Atau, yang dekat saja, agar logikanya lebih mudah diterima engkau(maaf, bukannya engkau kurang cerdas, tapi fikirkanlah), Ismail dan Ishaq yang jelas2 islam tidaklah harus disebut muslim yang menggunakan hadits ayah mereka Ibrahim sebagai suatu syarat iman…..mereka islam ya islam saja, dengan mudah karena mereka bertuhan satu, berbuat baik dan percaya hari akhir…..

    salam
    dari LOGIC,
    penganut Islam Monotheistic dan berdasarkan AlQuran saja

  118. Apakah bisa menjamin bahwa penafsiran kita akan al-Qur’an sudah benar. Saya berbicara kepada semua yang mengatakan al-Qur’an adalah pedoman hidup secara TEKSTUAL maupun yang mengotak atik menggunakan akal.

    Apakah yang membuat orang yang langsung membaca teks-teks al-Qur’an secara harfiah lebih ahli dibandingkan dengan empat Imam Mahdzab yang pemahaman mengenai al-Qur’an dan hadits dilakukan tidak hanya satu malam saja atau lewat internet ?

    Anda yang saklek maupun yang otak-atik itu juga OTAK-ATIK semua, karena mahasiswa tingkat 1 psikologipun tahu bahwa berbeda orang akan memahami sebuah teks berbeda pula.

    NARUTO, coba deh baca karya-karya klasik Ulama sekaliber al-Ghazali mengenai hati. Coba deh anda ngebaca (minimal) kisah2 para ahli Mahdzab semacam Hanafi, Maliki, Hambali dan Syafi’i……

    TOLONG baca sejarah juga mengenai Ke-Khalifahan yang pernah ada dalam sejarah Islam. Sering dikatakan era keemasan yang tanpa cacat. TIDAK, semuanya tidak tanpa cacat. Kekhalifahan Abbasiyah menggunakan Mahdzab Teologi Mu’tazzilah dan Kekhalifaham Fatimiyyah Syi’ah, berbeda mahdzab TEOLOGI.

    Kekhalifahan Umayah itu dihabisi oleh Kekhalifahan Abbasiyah karena Dinasti Umayyah menghabisi Hussein bin Ali dimana konflik antara Umayyah dengan Bani Hasyim muncul kembali. Dinasti Abasiyah merupakan keturunan dari Abbas, paman Rasul.

    Apabila anda mengatakan, “Itu bukan ISLAM tapi karena individu” saya balik bertanya, “Apakah yang anda akan jamin kepada saya bahwa anda juga tidak akan menjadi individu2 yang merusak Islam ?” Karena sayapun akan mengatakan bahwa anda itu terlalu perseptif dalam meng-otak-atik al-Qur’an tanpa metodologi yang jelas…….

  119. logic

    @Naruto
    bacanya hadits terus sih, jadi lupa baca AlQuran…
    salam
    LOGIC

  120. heulang

    ……??????????………..!!!!!!!!!!!!………….?????????????

    pemikiran islam dengan ilmu kalam dan fiqh……..,tidak akan bersatu…….. ucapkan SELAMAT BERBEDA … hargai masing2 perbedaan….,jaga emosi……

    salam

    heulang..

  121. heulang

    berhati-hatilah agar anda tidak mengikatkan diri kepada ikatan
    (’aqd) [yaitu kepercayaan, doktrin, dogma, atau ajaran] tertentu dan
    mengingkari ikatan lain yang mana pun, karena dengan demikian itu anda
    akan kehilangan kebaikan yang banyak; sebenarnya anda akan kehilangan
    pengetahuan yang benar tentang apa itu yang sebenarnya. Karena itu,
    hendaklah anda menerima sepenuhnya semua bentuk
    kepercayaan-kepercayaan,
    karena Allah Ta’ala terlalu luas dan terlalu besar untuk dibatasi dalam
    satu ikatan tanpa ikatan lain, Dia berkata: “Kemana pun kamu berpaling,
    di situ ada wajah Allah”, [Q 2:115] tanpa menyebutkan arah tertentu
    mana

  122. heulang

    #

    Teologi apofatik adalah
    peringatan bagi orang yang mereduksi Tuhan menjadi sesuatu yang
    rasional
    belaka. Teologi apofatik menunjukkan bahwa orang yang memandang bahwa
    dengan nalarnya ia mempunyai pengetahuan yang memadai tentang Tuhan
    adalah orang yang membatasi Tuhan dalam bentuk khusus menurut
    pengertian
    yang ditentukan oleh akalnya. Padahal Tuhan tidak dapat dibatasi.
    Bentuk
    Tuhan yang ditangkapnya adalah bentuk yang dicocokkan dengan “kotak”
    akalnya. Ia menolak bentuk Tuhan yang tidak cocok dengan bentuk dan
    ukuran “kotak” akalnya. Ia menyalahkan orang lain yang mempercayai
    Tuhan
    dalam bentuk lain. Ia tidak menerima apa pun sebagai kebenaran jika
    bertentangan dengan akalnya. Ia telah mempertuhankan akalnya. Orang
    seperti ini, kata Ibn al-’Arabi, adalah “hamba nalar” (’abd nazhar),
    bukan “hamba Rabb” (’abd rabb).

  123. heulang

    Teologi apofatik adalah
    peringatan bagi orang yang mereduksi Tuhan menjadi sesuatu yang
    rasional
    belaka. Teologi apofatik menunjukkan bahwa orang yang memandang bahwa
    dengan nalarnya ia mempunyai pengetahuan yang memadai tentang Tuhan
    adalah orang yang membatasi Tuhan dalam bentuk khusus menurut
    pengertian
    yang ditentukan oleh akalnya. Padahal Tuhan tidak dapat dibatasi.
    Bentuk
    Tuhan yang ditangkapnya adalah bentuk yang dicocokkan dengan “kotak”
    akalnya. Ia menolak bentuk Tuhan yang tidak cocok dengan bentuk dan
    ukuran “kotak” akalnya. Ia menyalahkan orang lain yang mempercayai
    Tuhan
    dalam bentuk lain. Ia tidak menerima apa pun sebagai kebenaran jika
    bertentangan dengan akalnya. Ia telah mempertuhankan akalnya. Orang
    seperti ini, kata Ibn al-’Arabi, adalah “hamba nalar” (’abd nazhar),
    bukan “hamba Rabb” (’abd rabb).

  124. logic

    Kalau mengikuti hadits memang 9 cara jitu ini akan terikuti secara diam2…
    salam
    logic

  125. heulang

    contoh orang yang menggunakan akal dan mengesampingkan assunah

    copy/paste
    friday, January 18, 2008
    Muslim Masuk Kristen (Muhammad – Malaysia)

    Assalamualaikum. Nama saya Muhammad, saya seorang anak Malaysia, sama seperti ibu-bapa saya yang beragama Islam. Sejak saya di bangku sekolah rendah lagi, orang-tua saya telah hantar saya belajar mengaji al-Quran. Saya telah pun berkhatam al-Quran semasa saya di sekolah rendah.

    Kedua-dua orang-tua saya merupakan pengikut Islam yang warak. Di bawah pengaruh mereka, saya telah mendalami pengetahuan Islam saya secara intensif sehingga berumur 17 tahun, sampai umur itu, ilmu keIslaman saya boleh kira cukup mantap bagi seorang Muslim yang berpengetahuan.

    Walau pun begitu, oleh kerana latihan yang telah saya mengalami, dan latar-belakang saya suka mencari ilmu pengetahuan daripada sumber-sumber yang wajar, saya sentiasa bertanya-tanya serta bersoal-siasat apa-apa saja yang mengambil perhatian atau mengangkap minat minda saya. Termasuk hal-hal keagamaan dan Islam. Oleh sebab itulah, saya telah memiliki banyak buku-buku ilmiah, kebanyakannya dalam Bahasa Inggeris.

    Oleh kerana sikap saya yang suka siasat dan selidiki segala-galanya yang mengembangkan fikiran saya, saya juga telah menujukan secukup banyak soalan terhadap agama Islam sendiri. Semasa saya berada di negeri Pulau Pinang, minat saya mencari jawapan untuk soalan-soalan saya semakin meningkat. Saya telah bergaul dengan umat intelektual Muslim yang miliki minat ilmiah yang sama seperti saya. Di sanalah saya telah bertemu dan bergaul dengan kumpulan Islam “Anti-Hadith”, dan mereka telah banyak menolong saya memahami dan menolak kejanggalan dan kebatilan yang ada dalam ajaran dan Sunnah Islam.

    Secara khususnya, saya telah mengalami kemusykilan dan banyak sekali keraguan tentang ajaran-ajaran yang dipelopori serta arahan-arahan yang dianjurkan di dalam Kitab-kitab Hadith, termasuk koleksi Hadith-hadith yang digelar ‘Sahih’. Walau pun umat Islam gelarkan koleksi-koleksi ini sebagai ‘Sahih’ konon, saya amat kecewa apabila saya mendalami kajian saya dalam bidang tersebut! Setelah membaca dan menelaah ajaran-ajaran yang dikandung di dalam Hadith serta tulisan-tulisan Muslim mengenainya, semakin kurang masuk akal saya mendapati ajaran-ajaran mereka. Saya akan memberi beberapa contoh Hadith tersebut.

    Beberapa contoh kemusykilan dan kesangsian dalam Hadith-hadith Sahih Islam adalah seperti berikut.

    1) Air kencing unta adalah ubat untuk sakit-penyakit manusia, dan boleh dipakai sebagai ubat!

    - Hadith sahih Bukhari Jilid (Volume) 7 nombor 590

    - Hadith sahih Muslim jilid 3, nombor 4130.

    Ini merupakan anjuran dan ajaran Islam yang sangat janggal sekali. Manakah bukti saintifik dan kesihatan bahawa air kencing unta telah benar-benar berhasil dan berguna sebagai penawar?

    2) Syaitan dan iblis tidur atau menginap di dalam lubang hidung manusia

    - Hadith Bukhari jilid 4, nombor 516

    - Hadith Muslim jilid 1, nombor 462.

    3) Anjing yang berwarna hitam adalah iblis dan syaitan dan mereka harus dibunuh, dan kononnya mereka juga berupaya
    membatalkan solat umat Muslim!

    - Hadith Muslim jilid 1, nombor 1032

    - Hadith Muslim jilid 3, nombor 3809-3829.

    Diskriminasi yang tidak berasas ke atas anjing berwarna hitam! Lagi pun, ajarannya bahawa anjing hitam ialah
    iblis/syaitan, adalah tidak benar dan ialah kekarutan sama sekali!

    4) Sayap kiri seekor lalat beracun, dan sayap kanannya ada penawarnya!

    - Hadith Bukhari jilid 7, nombor 673.

    Hadith ini dengan cukup terus-terang sangat janggal dan tidak masuk akal. Lebih-lebih lagi, bertentangan secara
    langsung dengan kebenaran dan fakta-fakta saintifik!

    5) Memakan Bawang putih dilarang bagi orang Islam, dan mereka tidak boleh masuki masjid jika orang Muslim telah
    memakan bawang putih!

    - Hadith Bukhari jilid 5, no. 526

    - Hadith Bukhari jilid 1, no.812, 813.

    Apakah salahnya dengan Bawang Putih, padahal secara saintifik sudah terbukti nilai-nilai kesihatannya untuk manusia yang banyak sekali.

    6) Kebanyakan penghuni dan ahli neraka adalah jiwa-jiwa wanita!

    - Hadith Bukhari jilid 8, 456, 544.

    Kenapa berdiskriminasi terhadap kaum wanita dengan cara tidak munasabah seperti ini?

    7) Dilarang kencing atau membuang air kecil ke dalam lubang/rongga dalam tanah. Lubang-lubang itu kononnya
    adalah tempat tinggal jin-jin tertentu!

    - Sunan Abu Daud Jilid 1 (Fasal 16), Nombor 29.

    Rongga dan lubang dalam tanah adalah cara yang paling praktikal dan lazim diamalkan di serata dunia untuk membuang air. Tidak ada lapuran dari mana-mana tempat di dunia yang mana manusia telah pernah melihat jin keluar dari mana-mana lubang buang air tersebut! Ini merupakan satu lagi kekarutan yang dipelopori oleh Hadith sahih.

    Anda juga boleh membaca tentang kejanggalan Hadith-hadith yang Sahih dalam agama Islam dari link dibawah ini:

    Macam-macam Kepelikan!

    Sebenarnya, rakan-rakan Islam saya mendapati bahawa arahan-arahan dan saranan Hadith seperti di atas, semuanya adalah sejajar dengan kurafat (superstitions) yang telah dijadikan kewajiban bagi umat Islam untuk mematuhi, mahu tidak mahu, secara paksa! Maklumlah, semua Hadith ini ditolak keseluruhannya oleh kumpulan Islam Anti-Hadith tersebut!

    Hasil daripada kekhuatiran dan kesangsian akan Hadith-hadith ‘Sahih’ itu, saya telah semakin kecewa terhadap agama Islam yang telah saya anuti dari umur yang cukup muda lagi!

    Selain daripada itu, saya juga telah pergi ke luar negara untuk melanjutkan pendidikan saya. Di negara asing saya telah bertemu dan bergaul dengan ahli-ahli cerdik pandai Islam serta ulamak-ulamak Islam yang alim. Saya pun minat sekali berbincang-bincang dengan mereka, terutama sekali tentang hal-hal keagamaan.

    Mereka telah mengejutkan saya lagi apabila ada di kalangan mereka juga terdapat ulamak yang mempersoalkan Hadith-hadith sahih dan kewibawaan Hadith habis-habis! Bukan sahaja pada setakat itu, malah ada ulamak-ulamak, cendekiawan dan tokoh Islam dari antara mereka yang mempersoalkan Al-Quran dan kesahihan kandungannya! Bagi mereka, terdapat juga cukup banyak kejanggalan serta percanggahan dan kepalsuan sejarah di dalam al-Quran sehingga menjadi kecurigaan serta tanda-tanya besar kepada kewibawaan kitab itu!

    Di bawah sini kami memberikan link kepada beberapa makalah-makalah ilmiah yang membentangkan masalah dan tanda-tanya serta kecurigaan dan kemusykilan ke atas kitab umat Muslim – al-Quran! Ada juga kecurigaan yang telah dibawa oleh tokoh dan para ILMUWAN ISLAM sendiri!

    Permasalahan dan Percanggahan di dalam al-Quran

    Mushaf-mushaf Yang Hilang

    Sifat-sifat Firman Tuhan yang Murni

    “Ilmu Sains” al-Quran… Dan

    Surah 30 ar-Rum- Satu Penilaian Semula

    Setelah bergumul cukup lama secara intelektual dan rohaniah dengan kecurigaan dan keraguan saya tentang kandungan al-Quran itu, saya telah pun menganalisa dengan lebih mendalam lagi tentang percanggahan-percanggahan yang terdapat di dalamnya. Syak wasangka saya terhadap Kitab al-Quran semakin menjadi batu sandungan kepada saya; akibat percanggahan-percanggahan serta kesilapan fakta-fakta sejarah yang jelas terdapat di dalam al-Quran. Walau pun saya telah mendalami kajian saya dengan menelaah karya-karya tokoh-tokoh dan pujangga Islam yang ortodoks. Akhirnya, saya telah kecewa mengesahkan kebenaran al-Quran, akibat kekecewaan ini saya telah mulai mengkaji Kitab Bible (Al-Kitab) umat Sayidina Isa Al-Masih yakni, umat Kristian.

    Saya telah memperolehi sebuah Al-Kitab/Bible dan menyelidikinya sedalam-dalamnya dan dari permulaannya sehingga penghabisan fasal-fasalnya. Walau pun dalam Quran terdapat lebih daripada 100 rujukan kepada Sayidina Isa A.M..mereka tidak selengkap riwayat Baginda seperti yang terdapat di dalam Kitab Suci Injil! Jadi, saya telah bermula menyelidiki Kisah Hidup dan riwayat Sayidina Isa Al-Masih dengan sikap yang baru serta dengan ‘kacamata’ yang tidak dicemari oleh pra-sangka dan salah-tafsiran keislaman saya yang dahulu! Saudaraku, saya syorkan kepada anda – abaikanlah pra-sangka-pra-sangka anda serta sikap-sikap negatif anda terhadap Kitab Injil dan ajaran umat Kristian. Maklumlah, al-Quran sendiri telah mengarahkan umat Islam dari Surah 10 Yunus 94 seperti berikut:

    “Jika engkau (Muhammad) syak wasangka tentang apa yang Kami (Tuhan Allah) turunkan, hendaklah engkau tanyakan kepada mereka yang membaca Kitab sebelum engkau (yakni umat Kristian dan Yahudi).Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu..”

    Jelaslah, al-Quran sendiri TIDAK menuduh umat Kristian telah ‘mengubahsuai’ kitab-kitab mereka, tetapi, sebaliknya menyarankan kepada umat nabi Muhammad (umat Islam) supaya merujuk kepada umat Kristian yang telah memiliki Kitab Suci Injil mereka lebih awal daripada umat Islam! Sesungguhnya, Quran sekali lagi menganjurkan umat Kristian dan Yahudi dari Surah al-Maidah 5 ayat 68 :

    “Hai Ahli-ahli Kitab, kamu bukan atas suatu KEBENARAN, kecuali kamu turut kitab TAURAT dan INJIL dan apa-apa yang diturunkan kepadamu daripada Tuhanmu..”

    Allah Sendiri telah bersabda tentang kedatangan al-Quran dan perhubungannya dengan Kitab-kitab yang lebih awal daripadanya, dari Surah Ali Imran 3 ayat 3, seperti berikut :

    “Dia [Allah] menurunkan Kitab Quran kepada engkau ya Muhammad, dengan sebenarnya, serta MEMBENARKAN Kitab-kitab yang sebelumnya, dan Dia telah menurunkan TAURAT dan INJIL..”

    Apabila saya membuka Kitab Suci Injil dan mulai menelaahnya, saya terasa terharu dan perasaan nyaman dan sejahtera mula melanda saya! Begitu enak dan seronok sekali pengkajian Al-Kitab/Kitab Suci Injil saya itu! Sambil saya membaca kandungannya, saya terserempak dengan ayat-ayat indah seperti berikut :

    “Berbahagialah orang yang lemah-lembut,
    Kerana mereka akan memiliki bumi.
    Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran,
    Kerana mereka makan dipuaskan”

    Injil, Matius 5 : 5 – 6

    “Berbahagialah orang yang murah hatinya,
    Kerana mereka akan beroleh kemurahan.
    Berbahagialah orang yang suci hatinya
    Kerana mereka akan melihat Allah.”

    Injil, Matius 5 : 7 – 8

    Begitulah indahnya kata-kata dan sabda Sayidina Isa semasa Baginda mengajari para hawariyunnya dan pengikutnya yang lain semasa di atas Bumi ini lebih 2,000 Tahun yang lalu! Selain daripada itu, saya juga terbaca kata-kata Sayidina Isa Al-Masih mejelaskan tentang diri-Nya sendiri dalam Nas Injil seperti berikut:

    “Kamu tidak percaya, waktu Aku [Sayidina Isa Al-Masih] berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal syurgawi ?

    “Tidak ada seorang pun yang telah naik ke syurga, selain dari pada DIA yang telah TURUN DARI SYURGA, YAITU ANAK MANUSIA [SAYIDINA ISA SENDIRI].”

    Injil, Yohanes 3 : 12 – 13

    Tentang isu “Roti Hidup’ pula, Sayidina Isa telah bersabda seperti berikut:

    ‘Maka kata Isa kepada mereka : “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan sayidina Musa yang memberikan kamu roti dari Syurga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari syurga..
    “Kerana Roti yang dari Allah IALAH ROTI YANG TURUN DARI SYURGA dan memberi hidup kepada dunia.” Maka kata mereka kepada Baginda : ‘Junjungan, berikanlah kami roti itu senantiasa.’

    ‘Jawab Isa Al-Masih kepada mereka, “AKULAH ROTI HIDUP, DAN BARANGSIAPA DATANG KEPADA-KU DIA TIDAK AKAN LAPAR LAGI, DAN BARANGSIAPA PERCAYA KEPADA-KU, TIDAK AKAN HAUS LAGI. Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, dia tidak akan Kubuang.”

    “Sebab AKU TELAH TURUN DARI SYURGA,.Untuk melakukan kehendak Allah..Dan INILAH kehendak ALLAH: – Yaitu supaya SETIAP ORANG YANG MELIHAT KEPADA AKU, DAN PERCAYA KEPADA-KU, BEROLEH HIDUP YANG KEKAL, dan supaya AKU MEMBANGKITKANNYA PADA AKHIR ZAMAN.”

    “AKULAH ROTI HIDUP…YANG TURUN DARI SYURGA: BARANGSIAPA YANG MAKAN DARIPADANYA, DIA TIDAK AKAN MATI,

    “AKULAH ROTI HIDUP YANG TELAH TURUN DARI SYURGA, Jikalau seorang makan dari Roti ini, DIA AKAN HIDUP SELAMAN-LAMANYA..!”

    Injil, Yohanes 6 : 32 – 40

    Sudah sangatlah jelas dan ketara bagi saya, siapalah Sayidina Isa Al-Masih itu! Baginda adalah Firman Allah -”LOGOS” – Yohanes 1 : 1 dan “Kalimatullah” yang hidup itu, yang telah TURUN ke Dunia ini untuk mengkhabarkan Berita Baik Allah Ta’ala kepada kita! Ini juga adalah benar daripada nas Al-Quran; Surah Ali-Imran 3 ayat 45..:

    “Allah telah menghibur Mariam tentang Kalimat yang daripada-Nya (Kalimatullah), namaNya adalah Al-Masih Isa Putera Maryam. Yang mempunyai kebesaran di Dunia dan di Akhirat dan termasuk orang-orang yang terdekat dengan Allah.”

    Surah 3/45

    Pada hari ini, saya dan seisi keluarga saya sudah pun memeluki dan mengikuti ajaran dan utusan Sayidina Rabbani Isa Al-Masih yang sejati itu dengan sebulat hati dan jiwa. Kami tahu DAN pasti masa depan kami adalah di alam Syurga dan Jannah bersama-sama dengan Allah yang Maha Pengasih lagi Penyayang itu! Kerana Kalimat-Nya Sendiri telah turun – Nuzul dan menjadi ‘Anak Manusia’ yang sempurna lagi sejati itu. Baginda telah lakukan peristiwa ini, lebih 2,000 tahun lalu supaya segala ciptaan-Nya yang amat dikasihi-Nya, dapat kenal dan nikmati Kasih dan Sayang, Ar-rahman dan Ar-rahim Allah yang hakiki dan sejati secara peribadi!

    Saudaraku yang sangat dikasihi oleh Sayidina Isa Al-Masih, saya mengundang anda menelitilah utusan dan Risalah yang dibawakan oleh Sayidina Isa itu seperti mana ditampilkan di dalam Kitab Suci Injil-dengan minda yang bebas daripada pra-sangka dan prejudis anda sebagai seorang Islam. Tuhan Sendiri akan mengkabulkan pencarian anda yang ikhlas anda dengan ganjaran yang manusia sendiri tidak dapat memberikan – yaitu kehidupan yang kekal abadi disisi Allah swt Sendiri, untuk selama-lamanya!

    Semoga Allah memberkati anda dengan taufik dan hidayah-Nya yang sejati! Halleluya!!Alhamdulillah!

    Diposting oleh Pedson di 8:46 PM

    • 1. Air kencing unta adalah ubat untuk sakit-penyakit manusia, dan boleh dipakai sebagai ubat!
      jawaban aing saya:
      pasti itu pasti bsa djadikan obat lo tau ga nasroni segala sesuatu yg ALLOH turunkan ke muka bumi tidak akan sia sia.(pasti ada manfaatnya)…..

      3. Anjing yang berwarna hitam adalah iblis dan syaitan dan mereka harus dibunuh, dan kononnya mereka juga berupaya
      membatalkan solat umat Muslim!
      jawab saya:
      bisa aja kan kalo anjing itu masuk ke masjid lalu menggigit orang yang sedang sholat bagimana mau dibiarkan sedangkan kalo manusia mau lewat didepan orang yang sedang sholat juga harung dicaram,,,,

      6. Kebanyakan penghuni dan ahli neraka adalah jiwa-jiwa wanita!
      jawab saya:
      larena wanita racun dunia contoh kenapa wanita kebanyakan penghuni neraka:::
      1. wanita diwajibkan menutup anggota tubuh eeeehhhh nih malah engga…
      itu yang paling utamanya .

      7. Dilarang kencing atau membuang air kecil ke dalam lubang/rongga dalam tanah.
      jawab saya:
      emang betul betul betul sebat mungkin jadi ada semut didalamnya,,,,,,,,,

      kamu dari ISLAM masuk kristen dasar gila kamu 7 turuna kamu islam masa kamu masuk kristen .

      kamu gila stres f,,,,,u,,,,,,c,,,,,,,k,,,,,,,,,,,,

  126. LOGIC

    buat Kang Bashir,
    saya mengakui Muhammad Rasul Allah, sama seperti Isa, Musa, Ishaq, Ismail dll….
    Cuma, saya tak mengakui tulisan di kitab suci lain anda yag karya2 mereka yang hebat2 dalam dunia islam itu dan di sandarkan ke Muhammad….
    Anda mengakui tulisan2 itu justru anda sedang menghina Muhammad yang anda cintai, dan kitab2 itu sebenarnya memawa anda ke kemusyrikan, karena anda menyandarkan persoalan religious anda ke kitab tsb selain AlQuran….
    Tidak ada hadits yang mensempurnakan AlQuran, AlQuran itu self explaining dan memang dia menggunakan bahasa manusia(arab), jadi gak ada yang perlu anda khawatirkan dengan AlQuran…

    Semoga anda bisa menelaah iman anda…jangan jadi serupa dengan umat kristiani, menganggap Isa sbg Tuhan dan merubah2 injil, AlQuran dijamin kesucian nya sehingga setan menyerangnya melalui terciptanya kitab hadits….

    Salam
    LOGIC

  127. bancakan

    Waah yg namnya logic….ini masih tetap aja meridukan NERAKA…
    Go To Hell aja bos…..pmikiran macam kau gak akan laku…ngaku logic…tapi teramat BODOH….kasihan lu…..

  128. LOGIC

    saya bersyukur pada Allah yang memberikan saya kelapangan jiwa untuk mengerti dan memahami semangat AlQuran
    salam
    LOGIC

  129. komodo

    ah loo sok bijak logic…..lo itu udah bukan kayak manusia ….gak punya logica…yg ada cuman otak doang….itu juga otak udang…….hehehe…
    maaf yah,,,,aq udah jngkel baca komntar2 loo yang teramat bodoh….gak mau dinasehatin…
    KERAS KEPALA….

  130. LOGIC

    yang jelas namanya logic lebih baik dari bernama komodo….
    salam
    LOGIC
    mencoba menghayati semangat AlQuran….
    dan menemukan kebohongan hadits2….

  131. sang pencinta

    bwt logic : sebenernya apa agamamu ? klo memang beragama islam, coba anda belajar islam dgn didampingi guru, biar tdk bnyk menyimpang. salam dari sang pecinta.

  132. Mr.Nunusaku

    Oh sangat setuju dan memang itu kenyataan yang tidak disembunyikan, kita tidak dapat hidup dalam kebohongan dalam duri beragama. salut dalam tulisan anda untuk kita dapat melihat dipihak mana kebenarran itu.

    Kebohongan suatu yang di imani dalam islam tidak dapat disembunyikan, bahwa kebenaran itu akan muncul seperti pedang bermata dua menghancurkan kebohongan islam.

  133. Delta7

    Assalamu ‘alaikum saudara2ku sesama Muslim, meskipun ilmu dan pemahaman saya ttg Islam dan Al Qur’an msh sgt rendah (utk itu kita, terutama saya msh hrs belajar dan belajar), tp saya memberanikan diri utk ikut nimbrung nich….. stlh saya baca smua komen di atas, saya coba kasih masukan utk kta smua. Stau saya, Al Qur’an menyuruh kta jk dlm berdebat/menyeru kpd jln Allah mk jelaskan lah dgn hikmah dan pelajaran yg baik ( QS. An-Nahl (16):125), artinya JGN MENGGUNAKAN KATA2 KASAR spt yg dlakukan bbrp saudaraku di atas. Dan utk saudaraku yg lain, JK MEMANG CUMA BERPEGANG PADA AL QUR’AN, MK HRS BENAR2 BERPEGANG PD AL QUR’AN DAN JGN PERNAH MENGUTIP AYAT/PASAL DR KITAB SUCI LAINNYA (WALAUPUN BERSUMBER PD FIRMAN ALLAH SWT JG), jk ada yg minta argumen dgn ayat Al Qur’an mk berikan lah yg ia minta, yaitu ayat Al Qur’an jgn memberikan ayat/pasal dr kitab suci lainnya. Bukankah Allah telah menyatakan bahwa Agama Islam telah sempurna, Allah jg meridhoi Islam sbg agama kita? Bukti kesempurnaan Islam dan keridhoan Allah adalah diturunkannya Al qur’an sbg kitab suci yg hrs kita pegang dan amalkan dlm hidup, tp knp mesti mengutip ayat/pasal yg bukan berasal dr Al Qur’an? Mari kita buktikan bahwa Islam adl agama pembawa rakhmat bagi alam semesta, buktikan bahwa Islam adl agama yg sempurna, buktikan Islam cuma perlu Al Qur’an sbg kitab suci, BUKTIKAN ISLAM TDK MEMERLUKAN AYAT/PASAL DR KITAB SUCI LAINNYA KEC. AL QUR’AN. Jk kita msh berdebat spt komen2 di atas, sama artinya kita telah menghinakan agama kita sendiri dihadapan umat agama lainnya, mereka akan berfikir : “Rupanya umat Islam jk berdebat akan menggunakan emosi, bukan hati dan akal. Umat Islam jk berdebat sgt aneh krn membawa2 ayat/pasal dr kitab suci agama lainnya, rupanya Al Qur’an tdk cukup bagi umat Islam”. Sekian masukan dr saya, semoga bermanfaat dan kita semua mendapat Hidayah dr Allah SWT agar dpt menjadi manusia yg lbh baik. Mari kita terus belajar… dan belajar…. tanpa hrs saling menghina saudara kita sesama muslim.
    Terimakasih dan Wasssalam

  134. Delta7

    Assalamu ‘alaikum, mumpung konek lagi nich.. jd bisa gabung lage…. Kpd saudara2ku skalian tolonng jelaskan maksud Surat An-Nisaa’yg artinya : “Hai orang-orang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya, dan Ulil Amri (pemimpin-pemimpin) di antara kamu, maka jika kamu berselisih pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunnah) jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” [An-Nisaa': 59]. Syukron, Wassalam….

  135. Delta7

    Tolong jelaskan terutama maksud dr : MAKA KEMBALIKANLAH KPD ALLAH ( AL QUR’AN ) DAN RASUL ( SUNNAH ) JK KAMU BENAR2 BERIMAN KP ALLAH DAN HARI KEMUDIAN.

  136. Delta7

    Tolong jelaskan terutama maksud dr : MAKA KEMBALIKANLAH KPD ALLAH ( AL QUR’AN ) DAN RASUL ( SUNNAH ) JK KAMU BENAR2 BERIMAN KPD ALLAH DAN HARI KEMUDIAN.

  137. iman

    saya kok ngerasa setuju ya dengan 9 cara jitu yg sampeyan tulis… Dapet dari mana mas..??
    Kalo semua muslimin berpendapat seperti sampeyan, ndak akan agama Islam dianggap sebagai agama yg ndak punya hati nurani oleh banyak orang di muka bumi ini.

    Tunjukan bahwa Islam adalah agama yg bernuansa DAMAI agar umat agama lain pun ingin untuk masuk / berganti haluan ke dalam agama Islam.

  138. hati sanubari ku kesal

    hati hati ini blog …blog ISLAM samar samar …( AHMADIYAH )

  139. hati sanubari ku kesal

    saya akui otak otak orang JIL, ahmadiyah macem kamu kk… otaknya luar biasa….

    saya berdoa untuk saya sendiri dan kaka JIL ini agar di ampuni dosanya…dan di percepatnya hidayah kepadanya….

    kakak yg punya blog… kakak mau lebih terkenal lebih dihargai pendapat kaka…mau agar suaranya didengar orang banyak dan di[pahami cara berpikiran kaka yg menurut kaka benar itu….mau agar ajaran bawaan islam samar samar kakak diterima masyarakat…

    kakak adain debat di tivi antara kakak dan ulama,ahlul bayt rasulullah,ustad…..

    menusuk melalui seglintir orang yg berharap membuka blog kakak ini…. hahaha,…. dasar JIL,…AHMADYIAH…. wong yakin aja susah bener….

  140. HatiNurani

    binasalah orang2 munafik , yg memusuhi islam , yg mendustakan Nabi Muhammad SAW dalam neraka yg paling dalam….jgn pada ngaku islam deh kalau kalian gk mengakui syariat Islam

  141. F-P-I

    Yang kutau yg ngebom ngebom di indonesia itu agama *****
    agama saya juga islam
    Tapi saya gak pernah musuhin agama lain
    dan org2 yang beda pendapat dgn saya
    Saya lebih baik berantem dijalan karena serempetan kendaraan drpd berantem, karena agama
    Bagi saya semua agama benar, mengajarkan hal2 yang baik
    cuma orang2nya yg perlu dibenerin
    Kalo saya lahir sbg orang bule apa cina… trus dibilang kafir dan memusuhi agama islam?.. yg disalahin tuhan donk kenapa saya gak dilahirkan dr org arab. :P
    Pikir pake otak.. bukan dengkul !

  142. Iya…, harusnya pikir peke otak jangan pake dengkul…,setuju bro!.
    “Bagi saya semua agama benar, mengajarkan hal2 yang baik
    cuma orang2nya yg perlu dibenerin”.
    Islam sudah benar, hanya umatnya yang belum.
    dan sekarang ini menurut analisis cekak saya, umat Islam itu banyak yang belum benar (mgkin termasuk saiia hk hk)….

    Sst ada analogi:
    ada 100 orang makan bareng dan 5 orang mengalami sakit perut, bisa di tebak perutnya yang bermasalah.
    Tapi kalau dari 100 orang tadi yang 90 orang mengalami sakit perut, maka bisa ditebak bahwa makanannya yang mengandung racun.

    Bagaimana dengan Islam dan Umatnya….???
    Wa4JJ A’lam…………..

  143. Menepis Syubhat (Kerancuan) Terhadap Salafiyah

    majalah-assunnah.com

    Ketua Muhammadiyah dan Ketua Umum Dewan Dakwah: Wahabi Bukan Teroris

    http://www.nahimunkar.com/ketua-muhammadiyah-dan-ketua-umum-dewan-dakwah-wahabi-bukan-teroris/

  144. Assalam,
    wahai saudara semuslim..jangan risau atas prkataan iblis..
    perhatikan :

    [6:114] Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al Quraan) kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quraan itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.

    أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ

    95.8. Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?]

    Silahkan kunjungi web ini : http://ayruel.wordpress.com/

  145. kristenisasi

    Yang bikin blog ini emang paling GOBLOG sedunia

  146. wahyu

    KAFIR !!

    YANG BUAT INI GILA :@
    semogaa ALLAH membalas semua
    sesungguhnya ALLAH maha MENGETAHUI apa yang tidak kamu ketahui
    Bertaubatlah !!

    DOSA YANG TIDAK DIAMPUNI ADALAH MUNAFIK TERHADAP AGAMA ALLAH / MENYEKUTUKAN ALLAH / KAFIR

  147. hamba Allah

    KAFIR !!

    YANG BUAT INI GILA :@
    semogaa ALLAH membalas semua
    sesungguhnya ALLAH maha MENGETAHUI apa yang tidak kamu ketahui
    Bertaubatlah !!

    DOSA YANG TIDAK DIAMPUNI ADALAH MUNAFIK TERHADAP AGAMA ALLAH / MENYEKUTUKAN ALLAH / KAFIR

  148. IRWAN

    saudara se iman…..kok nanggapinya berlebihan, semakin islam dihujat dan disudutkan islam akan semakin besar.

  149. zone

    sudahlah … agama mu ya agama mu … agama ku ya agama ku …… urusi dan jalani dengan benar saja agama mu ….banyaknya agama d dunia tidak menjamin salah satunya dapat membawa anda masuk surga …. tidak ada yg tau yang mana agama yg benar semuanya hanya masalah kepercayaan masing masing …. tidak ada satupun manusia yg tau apakah benar Tuhan itu ada atau tidak … tidak ada yg tau surga dan neraka itu ada atau tidak ….. karena anda harus mati dulu untuk mengetahuinya ….. dan setelah anda mati mungkin benar anda masuk surga atau neraka … tapi bagaimana jika tidak ?? mungkin anda hanya gentayangan menjadi roh yg biasa disebut hantu atau setan di dunia ini tanpa ada tujuan jelas …

    SIAPA TAU ………….belum tentu apa yg kita percaya merupakan sebuah kebenaran … bisa saja itu hanya karangan manusia yg berkata mendengar suara Tuhan atau langsung bertemu Tuhan ……..

    pertanyaan nya … apakah sekarang anda mengikuti ajaran agama anda menjadi orang yg sebaik mungkin di hadapan agama , masyarakat dan Tuhan anda ?? jawabannya terserah anda …. yang jadi masalah apakah saat anda mati lalu menyadari bahwa tidak ada surga dan neraka … tidak ada Tuhan …. apakah anda akan menyesal telah melakukan semua kebaikan yg ada dan tidak menikmati kesenangan duniawi secara penuh …. yang sudah tidak bisa anda nikmati setelah anda mati dan tidak menemukan apa apa setelah kematian anda … yg ada hanya roh anda yg melayang ….

    bagaimana ?? apakah anda akan MENYESALI semua perbuatan baik anda … atau menyesalkah anda telah mengikuti suatu agama tertentu dan ajarannya dan membuat anda meninggalkan kesenangan duniawi ?? MENYESALKAH ANDA ??

    jalani saja apa yg anda pilih …. ga usah ikut campur pilihan orang lain …. just mind your own bussines …

    salam

  150. Rex

    Panjangan komentnya daripada artikelnya…

    dan banyak yang berkomentar negatif tentang artikel ini yang (katanya) menghina agama..

    Anu… Itu yang ngomong beneran udah baca gak sih?

  151. Sang Pengagum

    T>O>P daaaaaah………………….. Lebih T>O>P lg yg seharusnya ngerasa TERHINA mlh ikut2an jd SANG PENGHINA buat nabi n agamanya, soale g bisa mikir………..n punya otak nyang kemampuannya cm sebatas 2D. Bukannya ngelawan penghinaan yg dilakukan mlh ikutan terjun lgsg……..parah dweeeeeehhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  152. peace and love

    hidup itu indah jika kita bersyukur.. peace ajalah…

  153. orang awam

    udahlah ga usah di panjang2in balik lagi itu mah urusan masing2 sama yg di atas… Yang Maha Tahu… saya bacanya aja capek… awal2 menarik… udah kebawah makin ga jelas… maap klo sotoy dan klo saya ga tinggi ilmunya, saya memang orang awam (dan juga banyak org yg baca blog ini saya yakin)
    gak tau apa2, yang saya tahu cuman Tuhan saya Allah SWT, Nabi saya Nabi Muhammad SAW, dan Kitab Suci saya Al Quran…
    peace ya ga ada maksud flame sama sekali…

  154. MuhammadSAW

    islam ga anarki ga asik brow,, hehe,,
    namanya jg manusia pasti ada yg jahat & ada yg baik.
    dan islam masuknya ya ke golongan yg JAHAT pastinya :)

  155. mantep di artikelnya.. bisa samapai lebar ngebasnya..

  156. Pembela Islam

    BENAR-BENAR ANJING YANG PUNYA BLOG INI ……………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  157. bayu

    brow mnta ijin share,

  158. MBOK YA KALAU MAU BIKIN ARTIKEL DIPIKIR DULU…
    DITELITI DAN DI TABAYYUN AGAR TIDAK ASAL-ASALAN,INGAT KAWAN SEMUA AKAN KITA PERTANGGUNG JAWABKAN….(SEPERTI KATA-KATA YG TERDAPAT DI ARTIKEL DI ATAS : Bahkan Tuhan pun hanya bisa sebatas menyuruh).tambah geleng2 ngrasakno wong sak iki…

  159. salam santun.manis-manis buah semangka,kupandanglebih manis orang beriman.islam mengajarkan akhlak yg mulia:hati yg bersih dari kotoran:bebas dari rasa:dengki,hasut,iri hati,pemarah,pendendam,hina menghina,caci mencaci,berdebat,menyangka atau menduga,tuduh menuduh,bertengkar,,sombong,munafik,dlln..

  160. sudahlah jgn berdebat belajar ilmu agama yg benar dulu baru tampil.ini kan cuma dunia maya biar loe kata cakap banyak pinter bicara pun gak ada gunanya gak akan merubah keadaan yg telah terjadi .percayalah allah swt yg sudah ngatur scenario nya.berdebat hanya akan mengotori hatimu.

  161. kaum muslim hendak nya belajar agama yg benar dulu baru tampil.belajar fiqih cara ibadah.tasawuf cara menghadap penawar bagi hati.marifat nya mengetahui mula-mula yg di jadikan oleh allah swt dan mengetahui asal kejadian diri.

  162. Hi there would you mind stating which blog platform you’re working with? I’m going to start my
    own blog soon but I’m having a tough time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I’m
    looking for something unique. P.S Sorry for being
    off-topic but I had to ask!

  163. Great blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?

    A design like yours with a few simple tweeks would really make my blog shine.
    Please let me know where you got your design. With thanks

  164. Hello are using WordPress for your blog platform?
    I’m new to the blog world but I’m trying to get started and create my own.
    Do you need any coding expertise to make your own blog?

    Any help would be greatly appreciated!

  165. Mr.Nunusaku

    Sekarang kontol nabi Muhammad yang tukang kawin berzinah dengan banyak mslimah sewaktu dia masih hidup dalam kekuasaan, kontolnya sekarang telah dimakan cacing tanah Medinah…karena dosanya dan dia memohon pada Allah SWT dengar nih doa nabi ncabul Muhammad…?

    Ya Allahku, kasihilah aku, dan ampunilah dosaku..?dan hubungilah aku dengan teman yang maha tinggih (Isa anak Maryam) lalu keduan tangannya rebah kebumi…dan dia dicampakan dalam kuburan Medinah.

    Umatnya diwajibkan mendoakan, SHLAWAT NABI MUHAMMAD DAN KELUARGANYA…agar dia mendapat keampunan dan tempat yang layak disurga ….seperti Jesus saat ini berada disisih Allah SWT.

    Jadi saat ini Muhammad nabi islam ini sedang berada dalam siksaan kuburan Medinah….? gitu aja kok report menilai agama ciptaan nabi pedofiel Muhammad.

  166. bery

    ini adalah salah satu blog yg sangat menyesatkan. dan juga banyak sekali yang (mengaku islam tapi menyesatkan dan ini adalah trik mereka menggunakan nama nama islam untuk menjatuhkan islam supaya para pembaca percaya dgn mereka) hal ini mereka lakukan mungkin dikarenakan kekurang pahaman mereka atas islam. Mereka iri dengan kesempurnaan islam dan mereka ingin menjatuhkan islam, apa untungnya cuma berbicara ataupun komentar disini saja ? kenapa mereka tidak berbicara di media nyata (bukan hanya di dunia maya) yah karena mereka menyebarkan kesesatan, mereka takut jika nanti mereka berbicara di depan umum nanti mereka akan dicekal. Perbedaan pendapat memang wajar tapi janganlah hinaan yang kalian lontarkan, dan juga janganlah kesesatan yang kalian umbar kalau kalian belum mengerti tentang islam

  167. dimas

    Blog ini tidak berkualitas. Penulisnya pun tidak berkualitas. Blog ini hanya forum provokasi belaka. Dan ditulis oleh orang2 yang menginginkan kehancuran dan perang,seperti yang ditulis oleh nama yg juga samaran “nunusaku”. Blog ini tidak mencantumkan nama pemilik, karena pemilik blog sangat kelihatan kurang pendidikan, sehingga tulisannya asbun, dan pemilik ini sangat tidak bisa dan tidak berani mempertanggung jawabkan isi blognya. Pemilik blog sangat typikal, penakut dan bermental maling. Pemilik blog ini identik dengan penghianat bangsa yg bermental bunglon, dan akan “menjilat” siapa saja demi keselamatan jiwanya. Di jaman perang kemerdekaan orang2 seperti pemilik blog inilah yg menyuburkan penjajahan. Dan dengan tega rela membuat saudaranya menderita hanya untuk urusan perut saja. Waktu akan membuktikan bahwa provokator2 di blog ini akan jadi golongan orang2 yang paling hina dan nista.

  168. wwoooiii anjink loe,
    nie agama gw (ISLAM) lo klo mao mnghina-hinaan jangan bwa”in NABI donk…!!!
    bangsat lo, Nabi loe hina”, mungkin gw gk tau yg pnya blog ini, klo gw tau gw habisin skrang jg…..!!!
    dan gw harap orang yg sdh mnghina-hina ini mudah”an akan dibalaz Dngan ALLAH SWT.

    BY: Hamba ALLAH

  169. jgn sampe gw tulis 9 cara menghina yesus dehhh !!!! ngaca dulu donk agama lu itu beres / to ga ,,,agama loe aja bohong belaka!!ciptaan sikolor yg disalip dengan ketek yg berbulu yg ditampakan dan bewok ,,,gw rasa tuhan\ nabi lo itu ga punya malu yahh ga dijembatan ga di mall,jalan raya ,patung nya tersebar terus pake sempak lg kaya orang gila di rumah gw aja ,,,,ihh gw najis sih punya tuhan setengah bugil blgin ya sama si yesus beli baju donk ,,ntar gw beliin deh ato mungkin aja diee emng ga waras!!! makannya kalau mau menhina dipikir use your brain ,,

  170. bener tuh apa sikata hamba allah ,,,agama lo aja ga beres sok”an mau menhina agama islaam yg indah n beres ,,,udhlah urus aja agama lo ,,kalao lu emng mau msk islam blg aja ,,tapi kalau luh emng mau perang sama islam kita siap meladeni ,,,dan kalau bisa jgn terjadi peperangan kita berdamai aja !! urus agama mu agama mu agamaku agamaku selesai kan !! dan pembela sabar dan tinggalkan blog ini yg punya blog ini emng gila ,,yahh kalo kita ladeni kita jdi ikut”an gila

  171. Abdullah

    kalian mau ja ditipu sama blog picisan ini
    kalian gak sadar bahwa dngan berdebat diblog ini kalian telah diadu domba oleh admin
    sudahlaaaah mending kita tingkatkan ja iman kita masing2
    lie ‘amalie walakum ‘amalukum




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: