Kebangkitan Neo-Wahabi

Duta Masyarakat, 2005 – Sejak bergulir Reformasi dapat kita tandai dengan adanya kebangkitan berbagai aliran gerakan. Tidak terkecuali Islam. Pada umumnya, gerakan-gerakan baru Islam ini mengusung faham Salafi. Tercatat sejumlah gerakan dalam aliran ini: Fron Pembela Islam (FPI), Lasykar Jihad (LJ), Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Lasykar Ahlussunah wal Jamaah, dan lain-lain. Beberapa di antaranya sudah membubarkan diri. Bahkan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masuk kategori gerakan ini.

Bagaimana pengelompokan ini didasarkan? Dalam tradisi Islam, aliran Salafi mengacu pada pandangan madzhab salaf. Karakteristik menonjol aliran ini, di antaranya, seruan kembali ke Al Qur’an dan Sunnah Nabi dengan kecenderungan penafsiran secara tekstual dengan mengabaikan konteks, dan semangat meniru generasi salaf al-shalih yang dielu-elukan sebagai masa paling ideal.

Ibnu Taymiah dikenal sebagai penggagas awal teologi Salafi. Istilah Salafi, bisa dikatakan, muncul sejak Ibnu Taymiah ini. Kata “salafi” merujuk ke generasi salaf al-shalih. Sepeninggal Ibnu Taymiah, teologi Salafi makin berkembang. Beberapa kurun selanjutnya, di tanah Najd, Semenanjung Arabia, Muhammad bin Abdul Wahab mengembangkan teologi Salafi dengan lebih spesifik dan makin tajam. Pengembangan teologi oleh Muhammad bin Abdul Wahab dikenal dengan “aliran Wahabi”. Bagi pengikut Wahabi, istilah ini terdengar kurang baik. Mereka lebih suka disebut pengikut Salafisme.
Pada awal abad 20, pemikiran Ibnu Taymiah dan Muhammad bin Abdul Wahab, sedikit banyak, menjadi pemantik pemikiran Muhammad Abduh. Berangkat dari perpaduan ajaran Ibnu Taymiah dan pencarian Muhammad Abduh, gerakan salafi lantas dikembangkan dengan lebih tertata melalui gerakan Ikhwanul Muslimin. Tokoh paling penting pemberi warna ideologi gerakan ini adalah Sayyid Qutub. Di kalangan islamisis (pakar kajian keislaman), pemikiran Sayyid Qutub disebut dengan istilah Salafi Modern.

Di Indonesia, pemikiran-pemikiran Salafi dibawa oleh KH Ahmad Dahlan. Muhammadiyah berdiri. Organisasi ini menyebut dirinya sebagai persyarikatan kaum Puritan Islam. Untuk pertama kali, dalam disertasi doktornya, Deliar Noer menyematkan Muhammadiyah sebagai gerakan Modernis. Sebuah istilah, yang saya duga, untuk menstigma organisasi sejawatnya, Nahdlatul Ulama (NU) agar identik dengan gerakan kampungan.

Hal menarik dari perjalanan Muhammadiyah, selama beberapa dasawarsa awal, organisasi ini lebih cenderung mengadopsi Salafisme Wahabi. Perubahan penting terjadi menjelang tahun 80-an beberapa saat setelah terjadi Revolusi oleh para mullah Syiah di Iran. Keberhasilan Revolusi Iran tahun 1979 menciptakan kegairahan baru dunia Islam. Dimana-mana orang menganggap bahwa Revousi ini adalah awal dari kebangkitan dunia Islam yang selama beberapa abad mengalami kemunduran. Muslim Indonesia tidak terkecuali. Meski Revolusi itu terjadi di Iran, tetapi Ikhwanul Muslimin, yang bersumber di Mesir, mendapat berkah. Ikhwanul Muslimin mendadak populer. Di Indonesia, terjemahan buku-buku Sayyid Qutub laris. Apa sebab? Bagi kalangan Muslim Indonesia, pemikiran Sayyid Qutub lebih bisa diterima, karena sama-sama Sunni. Selain itu, Sayyid Qutub mampu meramu pemikirannya dengan amat tertata. Bersamaan dengan tren ini, Muhammadiyah mengadopsi pemikiran Salafi Modern. Sebuah pemikiran yang lebih moderat dibanding Salafi Wahabi. Apa alasannya? Wahabi gampang menyalahkan dan membid’ahkan kaum Muslim yang tidak sepaham. Saya kurang sepakat dengan pendapat Karen Armstrong yang menyatakan bahwa Qutubisme (merujuk ke pemikiran Sayyid Qutub) lebih radikal dibanding Wahabi, seperti tulisannya di The Guardian, 11 Juli 2005. Yang lebih tepat, sebaliknya.

Pilihan Muhammadiyah ini tidak terlepas dari peran anak-anak muda kala itu. Kemunculan tokoh seperti Amien Rais, Kuntowijoyo, Syafi’I Maarif, Affan Ghafar, Syafiq Mughni, M Amin Abdulla, Abdul Munir Mulkhan, Moeslim Abdurrahman -–untuk menyebut beberapa nama saja– adalah penanda kebangkitan Muhammadiyan baru. Di tangan mereka, Muhammadiyah menjadi organsisasi Islam moderat dan makin disegani. Diperkuat lagi dengan akomodasi politik Suharto dalam perlakuannya terhadap organisasi-organisasi Islam, dengan memanjakan organisasi Islam Puritan ini. Wajah keras Wahabisme di tangan mereka perlahan luntur. Apa buktinya? Perang TBC (Taqlid, Bid’ah & Churafat) yang selama bertahun-tahun menjadi agenda utama, perlahan-lahan mereda. Bahkan beberapa tahun lalu, sebagian warga Muhammadiyah mulai mempertanyakan keefektivan cara dakwah “keras” ini. Mereka mengusulkan dakwah kultural, yang tidak lagi dengan gampang menyebut orang lain bid’ah hanya karena berdakwah dengan pendekatan budaya setempat. Di tangan tokoh-tokoh moderat ini pemikiran Ikhwanul Muslimin tidak serta merta dijiplak utuh. Mereka membuang jauh-jauh ide pan-Islamisme, mengambil hanya sisi pemikiran gerakan sosialnya. Suatu saat, Amien Rais mengatakan: Tidak ada negara Islam.

Apakah usaha mereka berhasil? Selama beberapa dekade, iya. Namun, di tataran massa Muhammadiyah, kegandrungan pada pemikiran Sayyid Qutub tidak hanya terbatas pada pemikiran sosialnya, tetapi juga pada politisnya. Pada saat suara-suara warga ini tidak ditampung oleh elit-elit Muhammadiyah, mereka lebih memilih bermain di luar area. Gerakan usroh, tarbiyah, halaqah, dan sejenisnya, yang menjamur di lingkungan kampus dan masjid, merupakan bentuk luapan kegelisahan anak-anak muda dan suara protes tidak langsung. PKS berkembang dari gerakan protes ini.

Di samping itu, kepulangan para veteran perang Afghanistan pasca kejatuhan Uni Soviet memberi warna baru. Persentuhan langsung dengan para pejuang dari negara lain selama perang pembebasan Afghanistan makin memperteguh Wahabisme mereka. Pengalaman tempur di medan perang menambah keyakinan bahwa otot dan senjata menjadi identitas baru. Sebuah identitas kekerasan.

Akan tetapi, sekembali mereka di Tanah Air, ide Wahabisme yang mereka bawa tidak diberi tempat oleh elit Muhammadiyah kala itu. Mereka lantas mendirikan atau berkumpul dalam organisasi-organisasi baru, seperti Lasykar Jihad, Fron Pembela Islam, Majelis Mujahidin Indonesia dan Hizbut Tahrir. Organisasi ini adalah diantara organsisasi yang menjadi pilihan warga Muhammadiyah yang menganggap organisasi ini terlalu lembek dalam menyuarakan kepentingan baru mereka. Bahkan, dalam kaitan dengan Syariat Islam, Muhammadiyah pernah dituduh sebagai banci oleh warganya yang radikal. Dulu, warga Muhammadiyah garis kanan, seperti Ali Imran, Amrozi, Ja’far Umar Thalib dan Abu Bakar Baasyir, tidak mendapat tempat di Muhammadiyah. (Ahmad Najib Burhani, Menebak Masa Depan Liberalisme di Muhammadiyah, Islam Progresif, message no. 1519). Mereka inilah Neo-Wahabi itu, gerakan Wahabi baru yang dipadu dengan kemampuan tempur yang dibawanya ke tengah-tengah masyarakat.

Kini, sejak Muktamar Muhammadiyah ke-45 di Malang, 3-8 Juli 2005, para veteran itu sudah kembali menguasai Muhammadiyah. Tokoh-tokoh moderat tersingkir. MUI pun sepertinya sudah mulai direngkuhnya. Apa indikasinya? Fatwa-fatwa keluaran MUI baru-baru ini terlihat memiliki kesan terwarnai oleh tangan-tangan Neo-Wahabi tersebut. Mereka mengagungkan teks secara berlebihan dengan mengabaikan konteks Mereka mudah membid’ahkan dan mensesatkan segala bentuk perbedaan. Gampang menyerbu bukan kelompok sepaham, tanpa toleransi. Gampang mencibir kalangan Islam yang bukan pengikut mati generasi salaf al-shalih. Kata-kata “bid’ah”, “kafir”, “musuh Islam”, “penghancur Islam dari dalam”, dan seterusnya, mudah menjadi ungkapan harian.

Dengan kebangkitan Neo-Wahabi ini, kita bisa menebak arah perjalanan Islam Indonesia ke depan. Wajah Islam Indonesia mulai memunculkan ketidak-ramahan. Akankah semua ini dibiarkan?
Sumber: Duta Masyarakat


  1. Garing ah, nggak bermutu.

  2. ivan

    Kang Rahmat,
    Bisa sedikit lebih spesifik, bagian yang mana yang tidak bermutu…………….
    Kalau kang Rahmat tahu yang lebih bermutu, boleh dong di share di sini sehingga kita memiliki view yang tidak garing lagi.
    Salam Damai selalu.

  3. agungk

    apa itu neo-wahabi? sekelas dengan neo-kapitalis, neo-kolonialis, neo-komunis kah?
    saya kira hanya kelompok-kelompok reaksioner atau konservatif saja yang suka mengumbar istilah-istilah yang membangkitkan FUD (fear, uncertainty, doubt) macam ini.
    saya ingat betapa dulu kita dicekoki dengan ‘bahaya laten PKI’. rupanya sekarang dah berganti menjadi bahaya laten ‘Neo-Wahabi’ ya?

  4. habibhasan

    …atau istilah kaum liberal, sekuler, antek amerika, ahmadiyah kafir, ahmadiyah sesat, dll…sama2 istilah yang membangkitkan FUD (fear, uncertainty, doubt) macam ini. taukan siapa yang mengumbar istilah ini

  5. ovie zain

    ini masalah framework. memahami islam tidak bisa dengan framework apapun atau alam pikiran siapapun. Jika seorang atheis diizinkan memahami Islam framework, maka Nabi bisa jadi penipu. Kalo alam pikiran sekuler dipakai, shahadat menjadi manifesto sekularisasi. kecenderungan mengagungkan konteks dan meninggalkan penafsiran tekstual adalah gaya framework barat yang terbukti probematis, karena melupakan rasio dan intelek. sebuah bukti gagalnya Neo-Modernis dalam memahami Islam…….

  6. habibhasan

    ya ovie zain,
    lalu dengan framework bukan dengan framework apapun atau alam pikiran siapapun, maka tidak juga nabi dan tidak juga alim ulama, lalu dengan framework siapa? ALLAH kah? lalu untuk siapa Al Quran itu?

    Pada kenyataannya banyak atheis yang memahami Islam framework, dengan itu ada yang menjadi pengkritik Islam, tapi banyak pula yang mejadikannya panduan hidup (way of life) walaupun mereka tidak mengakui Islam. Lihat negara2 eropa yang mengubah sistim pajak di negrinya mengikuti sistim zakat, malah jauh sebelum negri kita membuat sistim perpajakan, dan lain-lain

    pada kenyataannya Al Quran oleh siapapun dipahami secara teks dan konteks, karena pertama untuk diketahui perlu teks, tapi untuk di aplikasikan kita harus melihat konteks. Menghilangkan konteks sama saja kita tidak mempedulikan Al Quran dan hanya menjadikannya mantra.

    Ana pikir Islam adalah Islam, tidak ada barat dan tidak ada timur, semua akan terbukti dengan bagaimana proses dan hasil dari perbuatannya, apakah menjadi kebaikan atau keburukan.
    hal ini seperti ayat Al Quran, “afala takkiluun” dan “fastabikul khairat”

  7. faisal

    Muhammadiyah sekarang memang banci, sudah disusupi kaum sekuler dan liberal macam Amien Rais, Syafi’i Maarif, dan Din Syamsudin. Sebagai warga Muhammadiyah saya merindukan sosok ulama yang istiqomah seperti Buya Hamka. Mungkin saat ini sosok itu ada pada sekjen PP Muhammadiyah Good Will Zubir, insya Allah.

  8. kaosputih

    emang buya hamka muhammadiyah, kok dia bikin ypi al azhar dan pengurusnya ngga mau dibilang anggota muhammadiyah??? aneh…

    gw juga warga muhammadiyah, saya pikir muhammadiyah saat ini sudah di jalur yang benar…ayo, maju terus pak amin, buya syafi’i, dan abang din….saya mendukung kalian….dan tumpas perusak nama muhammadiyah yang suka bikin keonaran

    btw, yg nyusup ke muhammadiyah ente kali….penyusup radikal wal terorist

  9. kaosputih

    PBNU: Rapatkan Barisan Hadapi Kelompok Anti Aswaja!
    Senin, 1 September 2008 13:00

    Jakarta, NU Online
    Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang NU untuk merapatkan barisan dan giat melakukan konsolidasi dan pembinaan terhadap umat.

    “Akhir-akhir ini semakin marak kegiatan dan gerakan dari sebagian umat Islam di Indonesia yang berusaha menafikan dan menganulir tradisi Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) yang selama ini dipedomani dan diamalkan oleh warga NU (Nahdliyyin),” demikian dalam surat edaran PBNU menghadapi bulan Ramadhan 1429 H.

    Surat edaran yang berisi imbauan tersebut ditandatangani oleh Rais Syuriah PBNU KH Hafidz Utsman, Katib Aam PBNU Prof DR H Nasaruddin Umar, Ketua Umum PBNU DR KH Hasyim Muzadi, dan Wakil Sekjen PBNU Taufiq R Abdullah, di Jakarta, tertanggal 30 Agustus 2008 bertepatan dengan 28 Sya’ban 1429 H.

    Selain kepada PWNU dan PCNU, surat edaran itu juga ditujukan kepada semua pengurus PBNU dan pengurus lajnah, lembaga dan badan otonom di barah naungan NU.

    Dalam surat edaran diimbau, agar dalam menghadapi kelompok anti Aswaja, warga Nahdliyyin tetap mengedepankan ahlaqul karimah (perilaku yang baik) dan mengindahkan tata aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

    Nahdliyyin diimbau bekerjasama dengan aparat pemerintahan terutama para penegak hukum dalam menjalankan tugas dan fungsinya guna menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing sehingga umat Islam dapat tenang melaksanakan ibadah puasa.

    “Kepada para pedagang makanan dan minuman yang berjualan di siang hari karena alas an tertentu diminta untuk menghormati orang yang sedang berpuasa.”

    Warga Nahdliyyin juga diimbau mengisi bulan Ramadhan 1429 tahun ini dengan kegiatan ibadah dan mu’amalat sesuai dengan kekentuan yang telah digariskan oleh agama dan diselenggarakan atas nama jam’iyah NU.

    “Harap melakukan pengajian dan tadarrus di kantor organisasi, melakukan pembinaan umat melalui masjid-masjid dan majelis ta’lim, menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan shadaqoh,” demikian dalam surat edaran PBNU. (nam)

    “HATI – HATI DENGAN WAHABBI”
    ( PKS – MMI – HTI – IKHWANUL MUSLIMIN – DDII – FPI )

  10. bismillah..
    salam kenal :)
    untuk diketahui bahwa bumi dihuni oleh buanyaak macam makhluk, nah..
    makhluk2 yg suka sakiti hati makhluk lainnya tentu akan punah dg sendirinya. Punah disini, bisa diartikan dg buanyaak macam. :)
    adakalanya dakwah dilqalam spt dg blogs, atau dg buku menjadi penting.
    buku2 ttg amaliyah muslim tradisional (yg sering bgt jd sasaran amuck oleh wahabi dkk) bisa ditengok di blogshop mif.agency di blogspot. Smoga manfaat..

    http://mif-agency.blogspot.com/

  11. Naruto4828

    Kebodohan alias lejahiliyahan klompok yg mnamakan diri ASWAJA khususnya yg trgabung dalam NU sdah dmaklumi. Seprti makan2 di kmatian/knduri/tahlilan(orang lagi musibah,ini psta2…),jiarah k makam para wali mngharap berkah, baca yasin diatas kuburan,mmtong kain pnutup ka’bah saat brhaji u/jimat,mmbawa tanah kuburan Nabi u/isim. Sudah bnyk orng yg tahu itu adalah prbuatan Jahil.Mskipun pngikutnya banyak, tapi mreka adalah massa mngmbang/massa taklid trhdp ajengan,kyai,gurunya.Jadi kberadaan mereka tdak lagi prlu dhadapi dgn energi bnyak.
    Kini…
    Yang patut dwaspadai akan mnghambat prjuangan Al-Islam adalah klmpok2 yg mnamakan diri pngikut Wahabi(Muhamadiyah,Persis,Al-Irsyad,HTI,IM-PKS).Mereka seakan2 benar anti TBC/Tahayul,Bid’ah,Khurofat, padahal mreka sndiri tlah mleburkan diri dalam Bid’ah gaya baru (Demonstrasi/unjuk rasa,trlibat dlam sstem Togut demokrasi dsb).Jadi slama kaum tradisionalis/NU dan klompok modernis /Muhamadiyah dkk bertahkim kpada Togut, pd hkkatnya mrka adalah kmpok Jahiliyah….baca brulang2 Qur’an surat An-Nisa[4]:60

    • alieN

      santai bro….
      sebenernya sampean orang Islam bukan??? kalo sampean orang Islam, Islam yang mana???? Islam sekarang dah terpecah-pecah…
      saya rasa NU lebih arif dalam menghadapi masalah sosial-keagamaan… gak seperti yang anda sebutkan diatas….
      itu mah cuma oknum-oknum ja… gak semua orang NU seperti itu….

      makannya biar anda tau tentang NU or Muhammadiyah, maka anda masuk ke NU or Muhammadiyah…. biar gak asal ceplos….

      piisssss!!!!!!!!!!!!!!

      • aan

        @Bro Naruto: benar sekali…ente musti mempelejari secara seksama ttg NU biar ente tidak asal ngebacot….

    • nana

      saya org Muhammadiyah, saya bolak balik baca AD/ART Muhammadiyah jangankan kata wahabi (apalagi pengikut wahabi) kata yg cenderung mengarah kpd wahabi saja gak ada. Kalau semangatnya sama dg wahabi karena landasan sumbernya sama yakni Alqur’an dan Sunnah. Dalam piqih lebih banyak sama dg Imam Syafi’i dari pd imam-imam yg lain tapi Muhammadiyah kok tdk disebut mazhab Syafi’i, maaf ketimbang NU yg lebih banyak mengadopsi Imam Nawawi. Artinya, memang Muhammadiyah bukan faham (maaf lagi, tdk seperti NU yg nyata-nyata mencantumkan Aswaja meskipun hanya sebatas persinya sendiri). Muhammadiyah bisa bubar/bangkrut karena Muhammadiyah bukan pengikut aliran manapun hanya sebuah gerakan metodologi.

  12. logic

    kembali lagi,
    wahabi adalah salah satu kesalahan dalam pandangan manusia untuk mengerti islam dengan melandasinya pada hadits2
    salam
    logic

  13. logic

    berhati2 dengan wahabi, karena kita suka bermuka dua, bicara di mulut tak suka terorist, tapi benci amerika dan tak tergerak hati melihat manusia dibunuh secara membabi buta….
    oh kalau saja kita berfikir waras, maka tak akan mudah fikiran2 itu masuk dalam otak kita, tak akan mudah kita menyimpan teroris di kampung kita, mari kita perangi virus2 yang merusak fikiran dengan kembali ke alquran saja
    salam
    logic

  14. logic

    mari menggerakkan jalan kembali ke alquran saja, melupakan hadist2 dan melihat islam scara logic dan rasional….
    barulah kita bisa menunjukkan ke dunia, oh begitu toh sebenarnya islam, jadi yang lain itu ? sempalan saja….
    salam
    logic

  15. heulang

    CONTOH JELAS ORANG YANG PRUSTASI DALAM BERAGAMA
    ……………………………………………………………………..

    SAYA COPY PASTE

    Permata Kehidupan

    BLOG AKHIR ZAMAN – Kebenaran Sejati, Kesaksian Nyata, Rahasia ilahi, Nubuat, Kehidupan KekaL

    Friday, January 18, 2008
    Muslim Masuk Kristen (Muhammad – Malaysia)

    Assalamualaikum. Nama saya Muhammad, saya seorang anak Malaysia, sama seperti ibu-bapa saya yang beragama Islam. Sejak saya di bangku sekolah rendah lagi, orang-tua saya telah hantar saya belajar mengaji al-Quran. Saya telah pun berkhatam al-Quran semasa saya di sekolah rendah.

    Kedua-dua orang-tua saya merupakan pengikut Islam yang warak. Di bawah pengaruh mereka, saya telah mendalami pengetahuan Islam saya secara intensif sehingga berumur 17 tahun, sampai umur itu, ilmu keIslaman saya boleh kira cukup mantap bagi seorang Muslim yang berpengetahuan.

    Walau pun begitu, oleh kerana latihan yang telah saya mengalami, dan latar-belakang saya suka mencari ilmu pengetahuan daripada sumber-sumber yang wajar, saya sentiasa bertanya-tanya serta bersoal-siasat apa-apa saja yang mengambil perhatian atau mengangkap minat minda saya. Termasuk hal-hal keagamaan dan Islam. Oleh sebab itulah, saya telah memiliki banyak buku-buku ilmiah, kebanyakannya dalam Bahasa Inggeris.

    Oleh kerana sikap saya yang suka siasat dan selidiki segala-galanya yang mengembangkan fikiran saya, saya juga telah menujukan secukup banyak soalan terhadap agama Islam sendiri. Semasa saya berada di negeri Pulau Pinang, minat saya mencari jawapan untuk soalan-soalan saya semakin meningkat. Saya telah bergaul dengan umat intelektual Muslim yang miliki minat ilmiah yang sama seperti saya. Di sanalah saya telah bertemu dan bergaul dengan kumpulan Islam “Anti-Hadith”, dan mereka telah banyak menolong saya memahami dan menolak kejanggalan dan kebatilan yang ada dalam ajaran dan Sunnah Islam.

    Secara khususnya, saya telah mengalami kemusykilan dan banyak sekali keraguan tentang ajaran-ajaran yang dipelopori serta arahan-arahan yang dianjurkan di dalam Kitab-kitab Hadith, termasuk koleksi Hadith-hadith yang digelar ‘Sahih’. Walau pun umat Islam gelarkan koleksi-koleksi ini sebagai ‘Sahih’ konon, saya amat kecewa apabila saya mendalami kajian saya dalam bidang tersebut! Setelah membaca dan menelaah ajaran-ajaran yang dikandung di dalam Hadith serta tulisan-tulisan Muslim mengenainya, semakin kurang masuk akal saya mendapati ajaran-ajaran mereka. Saya akan memberi beberapa contoh Hadith tersebut.

    Beberapa contoh kemusykilan dan kesangsian dalam Hadith-hadith Sahih Islam adalah seperti berikut.

    1) Air kencing unta adalah ubat untuk sakit-penyakit manusia, dan boleh dipakai sebagai ubat!

    – Hadith sahih Bukhari Jilid (Volume) 7 nombor 590

    – Hadith sahih Muslim jilid 3, nombor 4130.

    Ini merupakan anjuran dan ajaran Islam yang sangat janggal sekali. Manakah bukti saintifik dan kesihatan bahawa air kencing unta telah benar-benar berhasil dan berguna sebagai penawar?

    2) Syaitan dan iblis tidur atau menginap di dalam lubang hidung manusia

    – Hadith Bukhari jilid 4, nombor 516

    – Hadith Muslim jilid 1, nombor 462.

    3) Anjing yang berwarna hitam adalah iblis dan syaitan dan mereka harus dibunuh, dan kononnya mereka juga berupaya
    membatalkan solat umat Muslim!

    – Hadith Muslim jilid 1, nombor 1032

    – Hadith Muslim jilid 3, nombor 3809-3829.

    Diskriminasi yang tidak berasas ke atas anjing berwarna hitam! Lagi pun, ajarannya bahawa anjing hitam ialah
    iblis/syaitan, adalah tidak benar dan ialah kekarutan sama sekali!

    4) Sayap kiri seekor lalat beracun, dan sayap kanannya ada penawarnya!

    – Hadith Bukhari jilid 7, nombor 673.

    Hadith ini dengan cukup terus-terang sangat janggal dan tidak masuk akal. Lebih-lebih lagi, bertentangan secara
    langsung dengan kebenaran dan fakta-fakta saintifik!

    5) Memakan Bawang putih dilarang bagi orang Islam, dan mereka tidak boleh masuki masjid jika orang Muslim telah
    memakan bawang putih!

    – Hadith Bukhari jilid 5, no. 526

    – Hadith Bukhari jilid 1, no.812, 813.

    Apakah salahnya dengan Bawang Putih, padahal secara saintifik sudah terbukti nilai-nilai kesihatannya untuk manusia yang banyak sekali.

    6) Kebanyakan penghuni dan ahli neraka adalah jiwa-jiwa wanita!

    – Hadith Bukhari jilid 8, 456, 544.

    Kenapa berdiskriminasi terhadap kaum wanita dengan cara tidak munasabah seperti ini?

    7) Dilarang kencing atau membuang air kecil ke dalam lubang/rongga dalam tanah. Lubang-lubang itu kononnya
    adalah tempat tinggal jin-jin tertentu!

    – Sunan Abu Daud Jilid 1 (Fasal 16), Nombor 29.

    Rongga dan lubang dalam tanah adalah cara yang paling praktikal dan lazim diamalkan di serata dunia untuk membuang air. Tidak ada lapuran dari mana-mana tempat di dunia yang mana manusia telah pernah melihat jin keluar dari mana-mana lubang buang air tersebut! Ini merupakan satu lagi kekarutan yang dipelopori oleh Hadith sahih.

    Anda juga boleh membaca tentang kejanggalan Hadith-hadith yang Sahih dalam agama Islam dari link dibawah ini:

    Macam-macam Kepelikan!

    Sebenarnya, rakan-rakan Islam saya mendapati bahawa arahan-arahan dan saranan Hadith seperti di atas, semuanya adalah sejajar dengan kurafat (superstitions) yang telah dijadikan kewajiban bagi umat Islam untuk mematuhi, mahu tidak mahu, secara paksa! Maklumlah, semua Hadith ini ditolak keseluruhannya oleh kumpulan Islam Anti-Hadith tersebut!

    Hasil daripada kekhuatiran dan kesangsian akan Hadith-hadith ‘Sahih’ itu, saya telah semakin kecewa terhadap agama Islam yang telah saya anuti dari umur yang cukup muda lagi!

    Selain daripada itu, saya juga telah pergi ke luar negara untuk melanjutkan pendidikan saya. Di negara asing saya telah bertemu dan bergaul dengan ahli-ahli cerdik pandai Islam serta ulamak-ulamak Islam yang alim. Saya pun minat sekali berbincang-bincang dengan mereka, terutama sekali tentang hal-hal keagamaan.

    Mereka telah mengejutkan saya lagi apabila ada di kalangan mereka juga terdapat ulamak yang mempersoalkan Hadith-hadith sahih dan kewibawaan Hadith habis-habis! Bukan sahaja pada setakat itu, malah ada ulamak-ulamak, cendekiawan dan tokoh Islam dari antara mereka yang mempersoalkan Al-Quran dan kesahihan kandungannya! Bagi mereka, terdapat juga cukup banyak kejanggalan serta percanggahan dan kepalsuan sejarah di dalam al-Quran sehingga menjadi kecurigaan serta tanda-tanya besar kepada kewibawaan kitab itu!

    Di bawah sini kami memberikan link kepada beberapa makalah-makalah ilmiah yang membentangkan masalah dan tanda-tanya serta kecurigaan dan kemusykilan ke atas kitab umat Muslim – al-Quran! Ada juga kecurigaan yang telah dibawa oleh tokoh dan para ILMUWAN ISLAM sendiri!

    Permasalahan dan Percanggahan di dalam al-Quran

    Mushaf-mushaf Yang Hilang

    Sifat-sifat Firman Tuhan yang Murni

    “Ilmu Sains” al-Quran… Dan

    Surah 30 ar-Rum- Satu Penilaian Semula

    Setelah bergumul cukup lama secara intelektual dan rohaniah dengan kecurigaan dan keraguan saya tentang kandungan al-Quran itu, saya telah pun menganalisa dengan lebih mendalam lagi tentang percanggahan-percanggahan yang terdapat di dalamnya. Syak wasangka saya terhadap Kitab al-Quran semakin menjadi batu sandungan kepada saya; akibat percanggahan-percanggahan serta kesilapan fakta-fakta sejarah yang jelas terdapat di dalam al-Quran. Walau pun saya telah mendalami kajian saya dengan menelaah karya-karya tokoh-tokoh dan pujangga Islam yang ortodoks. Akhirnya, saya telah kecewa mengesahkan kebenaran al-Quran, akibat kekecewaan ini saya telah mulai mengkaji Kitab Bible (Al-Kitab) umat Sayidina Isa Al-Masih yakni, umat Kristian.

    Saya telah memperolehi sebuah Al-Kitab/Bible dan menyelidikinya sedalam-dalamnya dan dari permulaannya sehingga penghabisan fasal-fasalnya. Walau pun dalam Quran terdapat lebih daripada 100 rujukan kepada Sayidina Isa A.M..mereka tidak selengkap riwayat Baginda seperti yang terdapat di dalam Kitab Suci Injil! Jadi, saya telah bermula menyelidiki Kisah Hidup dan riwayat Sayidina Isa Al-Masih dengan sikap yang baru serta dengan ‘kacamata’ yang tidak dicemari oleh pra-sangka dan salah-tafsiran keislaman saya yang dahulu! Saudaraku, saya syorkan kepada anda – abaikanlah pra-sangka-pra-sangka anda serta sikap-sikap negatif anda terhadap Kitab Injil dan ajaran umat Kristian. Maklumlah, al-Quran sendiri telah mengarahkan umat Islam dari Surah 10 Yunus 94 seperti berikut:

    “Jika engkau (Muhammad) syak wasangka tentang apa yang Kami (Tuhan Allah) turunkan, hendaklah engkau tanyakan kepada mereka yang membaca Kitab sebelum engkau (yakni umat Kristian dan Yahudi).Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu..”

    Jelaslah, al-Quran sendiri TIDAK menuduh umat Kristian telah ‘mengubahsuai’ kitab-kitab mereka, tetapi, sebaliknya menyarankan kepada umat nabi Muhammad (umat Islam) supaya merujuk kepada umat Kristian yang telah memiliki Kitab Suci Injil mereka lebih awal daripada umat Islam! Sesungguhnya, Quran sekali lagi menganjurkan umat Kristian dan Yahudi dari Surah al-Maidah 5 ayat 68 :

    “Hai Ahli-ahli Kitab, kamu bukan atas suatu KEBENARAN, kecuali kamu turut kitab TAURAT dan INJIL dan apa-apa yang diturunkan kepadamu daripada Tuhanmu..”

    Allah Sendiri telah bersabda tentang kedatangan al-Quran dan perhubungannya dengan Kitab-kitab yang lebih awal daripadanya, dari Surah Ali Imran 3 ayat 3, seperti berikut :

    “Dia [Allah] menurunkan Kitab Quran kepada engkau ya Muhammad, dengan sebenarnya, serta MEMBENARKAN Kitab-kitab yang sebelumnya, dan Dia telah menurunkan TAURAT dan INJIL..”

    Apabila saya membuka Kitab Suci Injil dan mulai menelaahnya, saya terasa terharu dan perasaan nyaman dan sejahtera mula melanda saya! Begitu enak dan seronok sekali pengkajian Al-Kitab/Kitab Suci Injil saya itu! Sambil saya membaca kandungannya, saya terserempak dengan ayat-ayat indah seperti berikut :

    “Berbahagialah orang yang lemah-lembut,
    Kerana mereka akan memiliki bumi.
    Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran,
    Kerana mereka makan dipuaskan”

    Injil, Matius 5 : 5 – 6

    “Berbahagialah orang yang murah hatinya,
    Kerana mereka akan beroleh kemurahan.
    Berbahagialah orang yang suci hatinya
    Kerana mereka akan melihat Allah.”

    Injil, Matius 5 : 7 – 8

    Begitulah indahnya kata-kata dan sabda Sayidina Isa semasa Baginda mengajari para hawariyunnya dan pengikutnya yang lain semasa di atas Bumi ini lebih 2,000 Tahun yang lalu! Selain daripada itu, saya juga terbaca kata-kata Sayidina Isa Al-Masih mejelaskan tentang diri-Nya sendiri dalam Nas Injil seperti berikut:

    “Kamu tidak percaya, waktu Aku [Sayidina Isa Al-Masih] berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal syurgawi ?

    “Tidak ada seorang pun yang telah naik ke syurga, selain dari pada DIA yang telah TURUN DARI SYURGA, YAITU ANAK MANUSIA [SAYIDINA ISA SENDIRI].”

    Injil, Yohanes 3 : 12 – 13

    Tentang isu “Roti Hidup’ pula, Sayidina Isa telah bersabda seperti berikut:

    ‘Maka kata Isa kepada mereka : “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan sayidina Musa yang memberikan kamu roti dari Syurga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari syurga..
    “Kerana Roti yang dari Allah IALAH ROTI YANG TURUN DARI SYURGA dan memberi hidup kepada dunia.” Maka kata mereka kepada Baginda : ‘Junjungan, berikanlah kami roti itu senantiasa.’

    ‘Jawab Isa Al-Masih kepada mereka, “AKULAH ROTI HIDUP, DAN BARANGSIAPA DATANG KEPADA-KU DIA TIDAK AKAN LAPAR LAGI, DAN BARANGSIAPA PERCAYA KEPADA-KU, TIDAK AKAN HAUS LAGI. Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, dia tidak akan Kubuang.”

    “Sebab AKU TELAH TURUN DARI SYURGA,.Untuk melakukan kehendak Allah..Dan INILAH kehendak ALLAH: – Yaitu supaya SETIAP ORANG YANG MELIHAT KEPADA AKU, DAN PERCAYA KEPADA-KU, BEROLEH HIDUP YANG KEKAL, dan supaya AKU MEMBANGKITKANNYA PADA AKHIR ZAMAN.”

    “AKULAH ROTI HIDUP…YANG TURUN DARI SYURGA: BARANGSIAPA YANG MAKAN DARIPADANYA, DIA TIDAK AKAN MATI,

    “AKULAH ROTI HIDUP YANG TELAH TURUN DARI SYURGA, Jikalau seorang makan dari Roti ini, DIA AKAN HIDUP SELAMAN-LAMANYA..!”

    Injil, Yohanes 6 : 32 – 40

    Sudah sangatlah jelas dan ketara bagi saya, siapalah Sayidina Isa Al-Masih itu! Baginda adalah Firman Allah -”LOGOS” – Yohanes 1 : 1 dan “Kalimatullah” yang hidup itu, yang telah TURUN ke Dunia ini untuk mengkhabarkan Berita Baik Allah Ta’ala kepada kita! Ini juga adalah benar daripada nas Al-Quran; Surah Ali-Imran 3 ayat 45..:

    “Allah telah menghibur Mariam tentang Kalimat yang daripada-Nya (Kalimatullah), namaNya adalah Al-Masih Isa Putera Maryam. Yang mempunyai kebesaran di Dunia dan di Akhirat dan termasuk orang-orang yang terdekat dengan Allah.”

    Surah 3/45

    Pada hari ini, saya dan seisi keluarga saya sudah pun memeluki dan mengikuti ajaran dan utusan Sayidina Rabbani Isa Al-Masih yang sejati itu dengan sebulat hati dan jiwa. Kami tahu DAN pasti masa depan kami adalah di alam Syurga dan Jannah bersama-sama dengan Allah yang Maha Pengasih lagi Penyayang itu! Kerana Kalimat-Nya Sendiri telah turun – Nuzul dan menjadi ‘Anak Manusia’ yang sempurna lagi sejati itu. Baginda telah lakukan peristiwa ini, lebih 2,000 tahun lalu supaya segala ciptaan-Nya yang amat dikasihi-Nya, dapat kenal dan nikmati Kasih dan Sayang, Ar-rahman dan Ar-rahim Allah yang hakiki dan sejati secara peribadi!

    Saudaraku yang sangat dikasihi oleh Sayidina Isa Al-Masih, saya mengundang anda menelitilah utusan dan Risalah yang dibawakan oleh Sayidina Isa itu seperti mana ditampilkan di dalam Kitab Suci Injil-dengan minda yang bebas daripada pra-sangka dan prejudis anda sebagai seorang Islam. Tuhan Sendiri akan mengkabulkan pencarian anda yang ikhlas anda dengan ganjaran yang manusia sendiri tidak dapat memberikan – yaitu kehidupan yang kekal abadi disisi Allah swt Sendiri, untuk selama-lamanya!

    Semoga Allah memberkati anda dengan taufik dan hidayah-Nya yang sejati! Halleluya!!Alhamdulillah!

    Diposting oleh Pedson di 8:46 PM

  16. logic

    teman ini tidak frustasi, yang dia lihat adalah islam yang mengikuti hadist dan dia menjadi muak, sayangnya dia tak bisa menemukan Islam berdasar ALQURAN saja….

  17. bego luh

    Di bawah sini kami memberikan link kepada beberapa makalah-makalah ilmiah yang membentangkan masalah dan tanda-tanya serta kecurigaan dan kemusykilan ke atas kitab umat Muslim – al-Quran! Ada juga kecurigaan yang telah dibawa oleh tokoh dan para ILMUWAN ISLAM sendiri!

    Permasalahan dan Percanggahan di dalam al-Quran

    Mushaf-mushaf Yang Hilang

    Sifat-sifat Firman Tuhan yang Murni

    “Ilmu Sains” al-Quran… Dan

    Surah 30 ar-Rum- Satu Penilaian Semula

    Setelah bergumul cukup lama secara intelektual dan rohaniah dengan kecurigaan dan keraguan saya tentang kandungan al-Quran itu, saya telah pun menganalisa dengan lebih mendalam lagi tentang percanggahan-percanggahan yang terdapat di dalamnya. Syak wasangka saya terhadap Kitab al-Quran semakin menjadi batu sandungan kepada saya; akibat percanggahan-percanggahan serta kesilapan fakta-fakta sejarah yang jelas terdapat di dalam al-Quran. Walau pun saya telah mendalami kajian saya dengan menelaah karya-karya tokoh-tokoh dan pujangga Islam yang ortodoks. Akhirnya, saya telah kecewa mengesahkan kebenaran al-Quran, akibat kekecewaan ini saya telah mulai mengkaji Kitab Bible (Al-Kitab) umat Sayidina Isa Al-Masih yakni, umat Kristian.

    baca…baca….baca….pertama anti hadist lama2 anti quran

  18. logic

    memang Allah hanya membukakan pengetahuan ke orang yang dia inginkan….
    Alhamdulillah, Alquran disebut tersimpan dalam Illiyin, dan tahukah kamu illiyin itu ?
    Suatu kitab dengan kode numerik…..dan hal itu membuat Alquran tak terbantahkan sebagai kitab datang dari Allah karena manusia secerdas kamu tak akan bisa membuat suatu kitab dengan kode numerik spt Alquran….

  19. bego luh

    illiyin mana ? illiyin ” yang berupa catatan /note” atau alam ruhaniah ? alquran dibukukan setelah 120 thn rosul wafat..itu kode2 dari ahli syorof dan nahwu.klo alam illiyin lain lagi ceritanya.

  20. logic

    wah ngajaknya bicara alam illiyin….
    gak tahu aku mas, aku kan hidup di alam nyata… hehehe

  21. bego luh

    susaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhh………ah …ora mudeng…..

  22. heulang

    dia baru tahu surat almutafifin ayat 19 , bicara alam ya jangan disini ,itu haknya masing2..,itu masalah rasa sama batin,lahir rapihkan sama lahir batin ya sama batin,mas kok namanya aneh ya

  23. anon

    Eh yang punya blog ini kan Ahmadiah

  24. Bankyt andrea

    Hahaha taukah kau umat kristen,, ssungguhnya dlm ajaran anda jg byk kjanggalan,, penafsiran yg trlalu mengada2!
    Jd jgn seenaknya menuduh yg enggak2 dah….
    Krna injil dahulu sudah beda dgn bibel/alKITAB skrg!!
    Dan alqur’an pun mengakuinya

  25. faisal

    FPI = Wahabi…ya nggaklah…

    FPI itu berlandaskan Aswaja, mereka melakukan maulidan, tahlilan, tawasul yang semua diharamkan oleh Wahabi…

    • alieN

      FPI melakukan itu semua karena pendiri FPI dulunya warga NU….
      tapi yang berbeda adalah cara menghadapi masalah sosial-keagamaan….

  26. Abu Syakhshiyah

    assalamualikum akhi

    sudah jelas
    yang menulis artikel tersebut sangat bodoh dan sangat sedikit ilmu yang didapat, kelompok ikhwanul muslimin dia sufi bukan salaf, justru orang salaf itu anti demokrasi, tapi ikhwanul muslimin menganut sistem demokrasi

    paya so tau

  27. hati sanubari ku kesal

    . Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justeru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya”. (QS ash-Shaff [61]: 7-8

  28. santri garut

    Yah, mungkin inilah yang disebut dengan fitnah akhir zaman, ketika orang yang sama2 bersyahadat dan sholat saling menghujat, saya yakin samapaim kiamat 2 hari lagi juga tidak akan beres2.. Ya, inilah dajjal, sebuah perelisihan yang kontra produktif hanya membuang stamina belaka. lebih baik sekarang mah kita bareng2 berantas kemiskinan dan kebodohan duu dalam umat islam. nanti baru berantem lagi ok!

    • abdullah

      BUAT LUGIC
      LU DARI KAUM ALKURANIAH BANDUNG YAH….
      HANYA BERPEGANG PADA ALQURAN. DAN MENINGGALKAN SUNNAH?ATURAN SOLAT LU DARI MANA? SEMUA ADA DI SUNNAH!!!

  29. untuk :heulang

    Ancaman bagi orang yang membantah Al Quran: Ali – Imran 3:78, Al – Mu’min 40:56, Al – Mu’min 40:69, Al – Mu’min 42:35

    Keingkaran dan kedurhakaan orang kafir: Al – Baqarah 2:6, Al – Baqarah 2:7, dst

    kesempurnaan islam – Al – Maa’idah 3

  30. thaherem

    bisanya mempitnah2 org. wahabilah, sufilah, salafilah……..
    ngeliat saudara berantem malah dibesar2kan. kalau mau tau….
    mereka tdk berantem hanya mengingatkan untuk kembali kesunah rosul yg sebenarnya. kalau ga mau diingatkan yasudah tahlilan aja terus, biar dpt berkat……….hehehehe
    jgn malah mengkambing hitamkan wahabi.

    kalau anda benar kasi alasan yg tepat, jgn malah mengkambing hitamkan org dgn wahabi.

    kalau alasannya tepat saya besok ikut tahlilan, enakan dpt berkat………heheheheheh

  31. dedi

    sayid qutub bukan wahabi, dia disesatkan oleh Ulama2 salafi di arab saudi, antum gimana sih posting wahabi tp yg dibahas malah orang yg di susah dianggap sesat oleh wahabi, tuh namanya pengkaburan fakta.

  32. ali

    brarti sesama wahabi saling mensesatkan, mengkafirkan. gitu kira-kira. buktinya kesaksian dari mas dedi

  33. jadul

    bagus makin jelas tuh namanya muhamadiyah

  34. Sabikhun, Pejogol, RT 06/01 Cilongok, Banyumas Jawa tengah

    pelajari dulu amalan amalan muhammadiyah dengan hati dan pikiran yang bersih,nanti baru bisa menilai dengan benar. umumnya orang luar muhammadiyah banyak yang salah menilai muhammadiyah. mereka banyak yang merasa sok tahu dengan muhammadiyah

  35. jadul

    Memang sejak muhamadiyah ada di lingkungan gua – kacau semua tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Masjid dan uang keropak diambil sama gerombolan ini, orang non muslim juga pada tersinggung. Muhamadiyah lebih tepat sebagai ideologi muhamadiyah dibandingkan sebagai ajaran agama. Bahkan mereka cenderung sebagai habitat teroris. Untungnya si osama udah dimampusin sama Armi USA.

  36. jadul

    yang hapus Pancasila itu si amin rais – muhamadiyah – sehingga dia itu dijulukin sebagai biang perusuh nomor satu di Indonesia. Dia ingin Indonesia jadi negara Islam seperti arab saudi yang berideologi wahabi.

  37. anty

    bagi yang baca tullisan ini,tolong tinggalkan forum ini….ngga ada kualitasnya sama sekali dan buang buang waktu aje`

  38. aniza

    ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN…. trus kalo saling curiga… saling menyesatkan… saling menyalahkan…. ini aliran ISLAM yang mana ya????

  39. Ikhwan

    LUCU
    Pokoknya kalo Loe nggak mau tahlilan, yasinan, diba’an, ziarah wali, baca Burdah, PASTI DIANGGAP SEBAGAI WAHABBI” Pokoknya selain NU pasti WAHABBI




Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: